8 Manfaat Sayur Pare Untuk Kesehatan Mata Hingga HIV dan Herpes

Berikut manfaat sayur pare untuk kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan mata, pereda asma hingga menyehatkan saluran pencernaan

Sehatkuy.com – Jangan terkecoh dengan rasanya yang pahit sebab ternyata banyak sekali manfaat sayur pare bagi kesehatan. Pare atau yang memiliki nama latin Momordica charantia ini kerap kita temukan dalam berbagai olahan makanan. Ada yang menjadi pelengkap siomay dan juga langsung disajikan jadi lauk.

Pare banyak mengandung vitamin yang baik bagi tubuh, diantaranya vitamin a, b1, c, e, b2, b3, dan juga b9. Tidak hanya kaya akan kandungan vitamin, pare juga mengandung zinc, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, serta berbagai antioksidan selayaknya fenol dan flavonoid yang tidak kalah bagus untuk kesehatan.

Manfaat Sayur Pare untuk Kesehatan

Dari berbagai kandungan yang sudah disebutkan di atas, tidak mencengangkan agaknya kalau banyak sekali manfaat pare untuk kesehatan. Mulai sekarang, sepertinya Anda harus membiasakan diri menyukai pare. Berbagai manfaat tersebut terangkum dalam poin serta pembahasan di bawah ini:

  1. Pengendali Gula Darah

Bagi para pengidap diabetes, yang turunan atau karena pola hidup tidak sehat, pare bisa menjadi salah satu solusi mengatasi penyakit tersebut. Pare ini memiliki kandungan insulin, di mana kandungan tersebut bergerak untuk menjadikan glukosa pada darah agar berubah menjadi energi bagi tubuh.

Pare akan senantiasa mengalirkan glukosa yang memang dibutuhkan oleh tubuh ke lokasi-lokasi yang tepat, seperti ke jaringan lemak, ke hati, dan juga ke otot. Tapi, jangan asal menggunakan pare sebagai obat diabetes karena Anda yang pasti butuh penanganan langsung dari ahlinya atau dokter diabetes.

Hal tersebut disebabkan oleh pare belum disetujui oleh para ahli sebagai cara pengobatan yang benar-benar tepat bagi para penderita diabetes atau pradiabetes. Jadi, daripada mengarang bebas, sebaiknya masalah gula darah berlebih tersebut lebih dulu Anda konsultasikan dengan ahlinya untuk dapat obat.

  1. Peningkat Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi pare sama dengan Anda membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit. Pare mengandung banyak sekali antioksidan yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah vitamin c. Antioksidan ini akan membentuk pertahanan guna menangkal radikal bebas.

Kandungan vitamin c yang berlimpah tidak hanya bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, terutama dari lemon serta jeruk. Sebab faktanya, sayuran seperti pare pun bisa menjadi pilihan kudapan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin c. Pare akan nikmat jika Anda bisa mengolahnya dengan baik.

Banyak orang tidak suka makan pare karena sayuran tersebut memang memiliki rasa pahit yang tidak tertahankan. Padahal, rasa pahit bisa hilang seiring pengolahannya yang tepat.

  1. Penjaga Kesehatan Mata

Sayuran berwarna oranye atau merah kerap dikenal sebagai sayuran yang baik bagi mata karena mengandung banyak vitamin a. Tapi, ternyata kandungan yang bagus untuk mata tersebut tidak hanya terkandung pada sayuran berwarna oranye, Anda juga bisa mendapatkannya dari sayuran hijau pare.

Pare diketahui mengandung flavonoid bagus bagi tubuh, yakni alpha karoten, beta karoten, zeaxanthin, dan lutein yang bagus untuk kesehatan mata. Bagi orang-orang yang bermasalah dengan penglihatannya saat malam hari, pare bisa menjadi sayuran yang membantu memperjelas objek pandang Anda kala malam.

  1. Pereda Asma

Masih banyak sekali manfaat pare yang bisa didapatkan, satu diantaranya bisa menjadi pengobatan untuk asma, demam, serta bronkitis. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem pernasapan tersebut bisa diatasi dengan sesederhana Anda mengonsumsi pare saja, tidak perlu ke dokter umum.

Pare ini memiliki tiga kandungan penting yang bermanfaat baik bagi kesehatan pernapasan, diantaranya antihistamin, antivirus, dan yang terakhir adalah antiinflamasi. Dengan berbagai kandungan yang disebutkan itu, pare didapuk menjadi lauk paling pas untuk mengatasi berbagai masalah pada mata.

  1. Mengatasi Masalah Kulit

Adanya permasalahan pada kulit tentu akan sangat mengganggu, apalagi bagi perempuan yang notabene kulit adalah salah satu simbol kecantikan. Bukan main-main, pare bahkan sudah dikenal sebagai obat mujarab di dunia pengobatan tiongkok yang betul-betul ampuh untuk masalah kulit.

Pare memiliki kandungan alami antiradang serta antifungi yang bisa membuat kulit melawan berbagai penyakit kulit, layaknya kurap, kudis, dan juga psoriasis. Pare memiliki kandungan baik, seperti guanylate cyclase yang diketahui kemudian bisa mengurangi faktor-faktor untuk memperparah psoriasis.

  1. Membantu Mengobati HIV dan Herpes

HIV sampai dengan sekarang masih menjadi salah satu penyakit yang tidak seorang pun tahu apa obatnya. Penyebab dari munculnya HIV pada seseorang adalah adanya virus yang berkembang dalam tubuh orang tersebut. Lebih tepatnya virus human immunodefiency pada tubuh orang yang sakit.

Pare, makanan yang pahit dan mudah ditemukan di tukang sayur mana saja ternyata bisa menjadi salah satu makanan yang menghambat laju perkembangan virus tersebut di dalam tubuh. Tidak berhenti sampai di sana, bahkan pare memiliki kandungan antivirus yang baik untuk mengatasi penyakit herpes.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang serta Membantu Penyembuhan Luka

Kesehatan tulang dan proses penyembuhan luka juga bisa diatasi sebaik mungkin dengan pengonsumsian pare. Untuk proses penyembuhan luka ini karena pare sudah didasari oleh vitamin k yang bagus untuk pembekuan darah. Sehingga, luka yang basah bisa cepat mengering dengan pare.

Kandungan vitamin k tidak hanya bermanfaat baik bagi tubuh ketika dilakukan pembekuan darah, namun juga bagus untuk menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh. Kalsium ini kita ketahui bersama adalah kandungan yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat struktur tulang pada tubuh manusia.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Terakhir, manfaat yang tidak kalah menarik dari berbagai poin pembahasan di atas adalah bahwa pare ternyata bagus untuk pencernaan. Pare adalah sayuran yang rendah kalori, namun tinggi serat dan mineralnya. Serat ini sendiri merupakan kandungan yang amat dibutuhkan oleh sistem pencernaan.

Pare juga mengandung charantin yang tinggi guna penyerapan sistem glukosa dan sintesis glukogen pada tubuh Anda. Dengan kandungan tersebut, pare berperan penting sebagai sayur yang mengurangi penyimpanan sel lemak dalam tubuh. Hingga akhirnya menjadi sayuran yang bagus untuk diet.

Rasanya memang pahit, namun melihat berbagai manfaat sayur pare untuk kesehatan di atas, tidak bisa ditolak lagi banyak sekali hal baik yang bisa didapatkan. Memang nyaris atau bahkan semua sayur di muka bumi ini pasti memiliki manfaat, baik itu yang baunya tidak sedap seperti jengkol dan petai.

Hanya saja memang untuk beberapa jenis sayur, semisal jengkol dan petai tadi tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Sayangnya ada orang-orang yang tidak suka sayur dengan berbagai alasan yang mengungkapkan bahwasanya sayur tidak lebih nikmat daripada dengan daging-dagingan.

Ada berbagai faktor kenapa seseorang tidak menyukai sayur, bisa karena kebiasaan makan sedari kecil atau trauma ketika pertama kali mencoba sayur, tapi rasanya hambar atau tidak enak di lidah. Semua faktor bisa diatasi, selama bukan alergi demi mendapatkan banyak manfaat sayur pare baik bagi tubuh.

 

Referensi

11 Amazing Benefits of Bitter Melon or Bitter Gourd https://www.naturalfoodseries.com/11-benefits-bitter-melon-bitter-gourd/

Bitter MelonĀ https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-795/bitter-melon

Bitter Melon and DiabetesĀ https://www.healthline.com/health/diabetes/bitter-melon-and-diabetes#health-benefits

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *