4 Manfaat Sayur Kol Untuk Kesehatan dan Jenisnya yang Ada di Dunia

Berikut manfaat sayur kol untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker hingga menurunkan tekanan darah

Sehatkuy.com – Kerap digunakan sebagai salah satu sayur pada sayur sop, ada banyak manfaat sayur kol bagi kesehatan yang harus diketahui semua orang. Sayur kol dikenal juga dengan penamaan kubis dan memiliki beragam warna sehingga kita menyebutnya sesuai dengan warna yang melekat pada sayur tersebut.

Sayur kol kerap dijadikan sebagai sayuran matang atau juga dijadikan sebagai lalapan yang cocok ditemani dengan sambal. Kol mengandung kalori yang diubah menjadi energi, karbohidrat, protein, dan juga serat. Di dalamnya juga terdapat fosfor, besi, natrium, dan kalium yang bagus untuk tubuh Anda.

Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan

Dengan beragam kandungan pada macam-macam kubis atau sayur kol tersebut, tidak heran kalau akhirnya kol memang digadang-gadang sebagai sayur yang bagus untuk kesehatan. Sayur kol yang banyak diketahui oleh orang adalah sayur kol yang bulat dan berwarna hijau, padahal banyak lainnya.

Ada berbagai jenis sayur kol di pasaran yang cukup mudah dibedakan berdasarkan kandungan warna pada permukaan sayur tersebut. Tidak asal hadir dengan pilihan warna yang variatif, namun sayur kol juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya berbagai manfaat itu adalah:

  1. Memperlancar Pencernaan

Sebagai salah satu sayuran, sayur kol tidak akan aneh jika dibilang sebagai sumber serat yang bagus. Serat sendiri memiliki dua jenis, satu yang larut dengan air dan satu lagi yang tidak larut dengan air. Untuk jenis sayur kol ini adalah serat yang tidak larut oleh air sehingga bisa melenggang melalui pencernaan.

Serat yang tidak larut dengan air ini dapat membantu melancarkan pencernaan pada seseorang dan melancarkan jalannya feses di usus besar. Orang-orang yang mengalami kesulitan ketika membuang air besar atau mengalami sembelit akan sangat bagus untuk mengonsumsi sayur kol sebagai pengobatan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sayur kol juga memiliki manfaat yang amat baik untuk menjaga kesehatan jantung setiap orang. Manfaat ini digadang-gadang merupakan manfaat baik yang bisa didapatkan dari kubis atau sayur kol berwarna ungu. Kubis berwarna ungu memiliki kandungan antioksidan anthocyanin untuk tubuh.

Kandungan yang baik bagi tubuh tersebut terbukti bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit arteri koroner pada tubuh seseorang. Kandungan polifenol pada kubis atau sayur kol juga bisa mencegah penurunan tekanan darah serta penumpukan trombosit sehingga menjaga kerja jantung pada tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Sayur kol juga ternyata memiliki kandungan baik untuk mencegah penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Kol mengandung vitamin c yang bagus untuk tubuh sehingga keberadaannya baik untuk sifat antiradang. Vitamin c adalah kandungan yang bagus untuk mencegah serangan kanker.

Sayur kol juga diketahui memiliki kandungan sulforaphane yang bagus untuk menghambat kerja enzim histone deacetylase atau HDAC. Sampai dengan saat ini konon para ahli masih melakukan penelitian terhadap kandungan yang digadang-gadang bisa menghambat atau bahkan memperparah sebab kanker.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Terakhir, manfaat sayuran kubis atau kol untuk kesehatan ialah fungsinya yang bisa dijadikan metode penurunan tekanan darah. Menurunnya tekanan darah tersebut merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan stroke serta serangan jantung. Jantung sendiri merupakan organ krusial pada tubuh.

Semua kol diberkahi dengan kandungan yang bisa menjaga kesehatan jantung, hanya saja jenis kubis ungu konon lebih memiliki kandungan bermanfaat tersebut dibandingkan jenis kubis lainnya. Kandungan kalium pada kol dapat membantu pelepasan natrium atau garam berlebih melalui urine.

Baca juga : 14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Macam – macam Sayur Kol di Dunia

Dari berbagai manfaat sayur kol untuk kesehatan di atas, Anda tidak hanya akan mendapatkannya dari satu jenis sayur kol saja, misal hanya ada di sayur kol berwarna hijau. Seperti yang sudah dikatakan bahwa ada banyak warna sayur kol atau kubis yang seyogyanya bisa Anda temukan di pasaran.

Berbagai pilihan sayur kol dengan beragam variasi warna tersebut diantaranya adalah:

  1. Sayur Kol Hijau

Jenis sayur ini merupakan sayuran yang paling umum dan akan banyak kita temukan di berbagai tempat, selayaknya tukang sayur. Ciri-ciri paling umum dan pasti semua orang tahu adalah kol ini memiliki warna kehijauan di bagian luar, namun ketika dibelah atau dikupas, warna dalamnya cenderung warna putih.

Biasanya jenis kol ini yang akan gampang kita temukan di berbagai warung pecel atau warung masakan sunda lainnya. Untuk mengolah sayur kol warna hijau ini dianjurkan agar Anda membuang lapisan kulit terluar supaya menghindarkan tubuh dari serangkaian penyakit yang bisa datang dari berbagai bakteri.

  1. Sayur Kol Ungu

Sayuran kol jenis ini merupakan sayur kol yang memiliki banyak manfaat diantara jenis sayur kol lainnya. Salah satu kandungan bermanfaat yang dimiliki kol ungu lebih banyak dari kol hijau adalah kandungan vitamin c. Sama seperti jenis sayur kol lainnya, kol berwarna ungu ini juga memiliki lapisan-lapisan kulit.

Perbedaan yang mendasar jelas dapat terlihat dari warna luar, jika biasanya sayur kol yang umum berwarna hijau, maka jelas sayur kol ini berwarna ungu. Sayur kol berwarna ungu ini memiliki tekstur yang lebih renyah dari kol hijau serta biasanya menjadi salah satu sayur pilihan untuk pembuatan salad.

  1. Sayur Kol Savoy

Jenis kol ini sama-sama berwarna hijau, namun warnanya lebih lekat dibandingkan dengan kol hijau pada umumnya. Kemudian juga tekstur kulit luarnya jauh lebih berkerut dibandingkan dua kol yang sudah disebutkan. Untuk pelapis kulit luar sendiri lebih lebar dari kedua kol yang disebutkan di atas.

Jika dua kol di atas cenderung memiliki tekstur yang renyah, tidak demikian halnya dengan kol savoy ini. Kol savoy ditengarai memiliki lapisan kulit yang lebih lembut ketika dimakan. Kemudian juga struktur kulit-kulitnya tidak lebih teratur dari dua jenis kol lain, tapi sangat lezat jika dijadikan campuran salad.

Baca juga : 13 Manfaat Sayur Bayam Merah Untuk Mengobati Kanker Hingga Diet

  1. Sayur Kol Napa

Terakhir ada sayur kol napa atau kerap dikenal sebagai sawi putih. Bukan termasuk ke dalam kelompok sawi, ternyata sayur yang dikenal dengan nama sawi putih ini termasuk ke dalam keluarga kol. Struktur daun yang berlapis-lapis menjadi alasan kenapa sawi hijau masuk ke dalam salah satu keluarga kol.

Dibandingkan jenis kol lainnya, bentuk sayur kol napa ini lebih lonjong dan biasanya lebih lezat ketika diolah menjadi tumisan.

Bukan sayuran yang mahal atau langka sehingga sulit ditemukan, kol justru merupakan sayuran yang nyaris selalu ada. Pengolahan sayur kol juga banyak macamnya, bisa dicampurkan sebagai sayur sop, bisa dijadikan sebagai sayuran mentah, atau bisa dijadikan campuran gado-gado lengkap dengan lontong.

Banyaknya olahan sayur kol dan nyaris tidak terbatasnya waktu untuk mendapatkan sayur kol tentu mendatangkan kemudahan bagi banyak orang untuk meraih manfaat sayur tersebut. Tubuh akan merasakan betul manfaat sayur kol ketika Anda rajin mengonsumsinya sebagai tambahan lauk.

 

Referensi:

9 Impressive Health Benefits of Cabbage. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-cabbage Diakses pada 19 Februari 2019.

The Health Benefits of Cabbage. https://www.medicalnewstoday.com/articles/284823.php Diakses pada 19 Februari 2019.

Cabbage Nutrition Facts. https://www.verywellfit.com/cabbage-nutrition-facts-calories-and-health-benefit-4117541 Diakses pada 19 Februari 2019.

Types of Cabbage. http://www.berkeleywellness.com/healthy-eating/food/article/types-cabbage Diakses pada 19 Februari 2019.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia. http://www.panganku.org/id-ID/beranda Diakses pada 19 Februari 2019.

World Journal of Gastroenterology. Effect of Dietary Fiber on Constipation: A Meta Analysis. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3544045/ Diakses pada 19 Februari 2019.

American Journal of Clinical Nutrition. Higher Anthocyanin Intake Is Associated With Lower Arterial Stiffness and Central Blood Pressure in Women. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22914551 Diakses pada 19 Februari 2019.

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *