Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3 min read

manfaat sayur kangkung

Inilah manfaat sayur kangkung untuk kesehatan dan kecantikan seperti mengatasi insomnia, mengatasi sembelit, mengatasi anemia hingga mengatasi kerusakan hati

Sehatkuy.com – Manfaat sayur kangkung untuk kesehatan memang belum banyak diketahui. Tumbuhan hijau yang mudah ditemukan di pasar ini merupakan salah satu sayuran konsumsi masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, rasa kangkung juga lezat saat dihidangkan dalam berbagai menu masakan. Tidak mengherankan kalau banyak yang menjadikan kangkung sebagai makanan favorit.

Manfaat Sayur Kangkung untuk Diet

Tidak banyak yang mengetahui kalau kangkung sebenarnya sangat dianjurkan di konsumsi saat sedang menerapkan program menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, kangkung juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayangnya, sebagian orang masih memasukkan kangkung dalam daftar pengecualian saat sedang diet. Padahal manfaatnya banyak sekali. Berikut ini adalah manfaat sayur kangkung untuk diet:

  1. Membakar Lemak

Untuk bisa mencapai berat badan yang ideal, maka harus menghilangkan kandungan lemak yang ada di dalam tubuh. Kangkung memiliki peran penting dalam hal ini, karena bisa meningkatkan proses pembakaran lemak.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kangkung ketika sedang diet, di samping makanan penunjang lainnya.

  1. Rendah Kalori

Kangkung merupakan sayuran hijau yang sangat rendah akan kalori dan sangat pas di konsumsi saat diet. Jadi, Anda bisa makan kangkung sebanyak mungkin untuk menjaga perut tetap kenyang tanpa takut akan menjadi gemuk.

Meskipun begitu, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak bagus.

  1. Bervitamin Tinggi

Kangkung mengandung beragam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah; Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Asam folat, Piridoksina, Niasin, Riboflavin, dan mineral.

Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsi kangkung. Karena di dalam daun dan batangnya tersimpan vitamin yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca juga : 20 Cara Diet Alami Super Cepat Bisa Turun 5kg Dalam 5 Hari

  1. Kaya Zat Besi

Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, bahwa zat besi memiliki peran penting dalam proses pembentukan sel pada darah merah. Kangkung memang terkenal sebagai sumber zat besi.

Saat diet, maka otomatis tubuh menjadi lemas karena kekurangan asupan kalori berkurang. Untuk mengembalikan stamina tubuh, maka dibutuhkan suplai zat besi.

Oleh sebab itulah, kangkung sangat direkomendasikan untuk di konsumsi saat sedang menjalankan program diet. Dengan makan sayur kangkung secara rutin, maka akan membantu meningkatkan stamina. Sehingga tubuh tetap fit dan pandangan juga tidak buram.

  1. Berserat Tinggi

Jika Anda kebetulan sedang mencoba program diet serat tinggi, maka sangat cocok menjadikan kangkung sebagai salah satu makanan utama. Tumbuhan ini kaya akan serat yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan berserat, maka saluran pencernaan juga akan lancar dan kesehatan terjaga.

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain untuk diet, kangkung juga memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya:

  1. Mengatasi Insomnia

Kangkung dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. Beberapa sumber menyebutkan, hasilnya akan lebih optimal jika kangkung di konsumsi dengan pala dan daun seledri.

Hal tersebut memang benar adanya. Riset membuktikan, senyawa yang terkandung dalam kangkung dapat menimbulkan efek mengantuk.

Dalam daun dan batang kangkung terkandung zat penenang bernama sedatif, yang mampu memberikan ketenangan pada pikiran. Sehingga orang yang mengkonsumsi kangkung secara berkala cenderung suka mengantuk.

Meskipun begitu, efek yang ditimbulkan pada setiap orang bisa saja berbeda. Karena kondisi dan daya tahan tubuh memang berbeda.

  1. Mengatasi Sembelit

Ahli kesehatan di Filipina sepakat memasukkan tumbuhan kangkung dalam jenis sayuran ajaib. Hal tersebut tentunya dilakukan bukan tanpa alasan.

Karena di Filipina, kangkung digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan seperti sembelit. Bukan hanya daun dan batangnya, akar kangkung juga dimanfaatkan jadi obat.

  1. Mengatasi Anemia

Penyakit anemia atau yang lebih dikenal sebutan darah rendah juga bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi sayur kangkung. Kaya akan zat besi, kangkung dapat dijadikan alternatif solusi mengobati anemia. Khususnya bagi penderita anemia yang disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan suplai zat besi pada tubuh.

  1. Mencegah Kerusakan Hati

Kandungan zat enzim dan antioksidan dalam kangkung berfungsi sebagai detoks alami untuk organ hati. Oleh karenanya, bagi yang memiliki gejala sakit pada liver, maka dianjurkan mengkonsumsi sayur kangkung secara rutin. Sehingga daya tahan tubuh bisa lebih terjaga dan yang lebih penting adalah meningkatkan kesehatan pada liver.

Baca juga : 4 Manfaat Sayur Kol Untuk Kesehatan dan Jenisnya yang Ada di Dunia

  1. Mengatasi Flu

Saat terserang flu parah yang menjengkelkan. Usahakan untuk mengkonsumsi sayur kangkung berkuah secara berkala. Pasalnya, kandungan Vitamin C yang terdapat pada kangkung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga flu yang dialami juga cepat mereda.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Sebagai salah satu penyakit penyebab kematian paling tinggi di dunia. Sudah sewajarnya setiap individu sigap melakukan langkah pencegahan. Terutama kalau sudah terdiagnosis memiliki gejala-gejala sakit jantung. Salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dimakan oleh penderita jantung adalah kangkung.

Kenapa? Karena sayuran ini mengandung Vitamin A, Vitamin C dan juga beta karoten yang dapat memberikan perlindungan ganda pada tubuh. Jadi, selain menetralisir gejala penyakit jantung, kangkung juga dapat mencegah seseorang terserang sakit jantung.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Dalam kecantikan, kangkung juga memberikan sumbangsih cukup besar. Salah satunya adalah dapat mencegah proses penuaan dini sehingga Anda kelihatan awet muda dan tetap fresh. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat antioksidan yang ada dalam kangkung.

Zat tersebut berkhasiat untuk mencegah kerusakan pada sel yang disebabkan oleh serangan radikal bebas. Selain itu, kandungan nutrisinya juga bisa meningkatkan kesehatan kulit sehingga tidak mudah rusak. Jika ingin mendapatkan semua manfaat tersebut, maka usahakan mengkonsumsi kangkung secara rutin.

  1. Mengatasi Jerawat Membandel

Asupan makanan yang baik juga menjadi salah satu faktor penentu kesehatan kulit. Jika ingin mendapatkan kulit halus mulus dan bersih dari jerawat, maka biasakan meminum jus kangkung.

Khususnya bagi Anda yang saat ini memiliki jerawat parah di area wajah. Supaya rasanya lebih enak, maka bisa mencampurkan buah-buahan dengan jus kangkung tersebut.

Selain jus kangkung, Anda juga bisa mengkonsumsi kangkung yang sudah dimasak terlebih dahulu. Dibarengi dengan masker kangkung. Masker tersebut dapat membantu meredakan nyeri, radang, dan juga membunuh bakteri penyebab jerawat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami Cuma 1 Hari

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah karena kekurangan zat besi. Perlu diketahui, bahwa zat besi berfungsi untuk memperkuat akar rambut dan kangkung mengandung zat besi tinggi serta asam folat.

Kangkung juga berkhasiat untuk melancarkan proses perjalanan oksigen menuju folikel. Sehingga kulit kepala menjadi sehat dan rambut juga semakin kuat.

Setelah mengetahui kalau ternyata manfaat sayur kangkung itu sangat banyak. Anda bisa mulai menjadikan kangkung sebagai salah satu menu andalan saat memasak.

Apalagi, memasak kangkung juga sangat praktis. Dan dapat dihidangkan dalam beragam sajian berbeda, sehingga dijamin tidak membuat bosan meskipun di konsumsi setiap hari.

 

Sumber :

https://www.merdeka.com/gaya/8-khasiat-cantik-yang-bisa-didapat-cuma-dengan-makan-kangkung-tak-perlu-superfood-splitnews-2.html

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *