13 Manfaat Sayur Bayam Merah Untuk Mengobati Kanker Hingga Diet

Berikut manfaat sayur bayam merah yang bisa kalian dapatkan, seperti mengobati disentri, menjaga kekebalan tubuh, mengobati kanker, mengobati asma hingga mendukung program diet

Sehatkuy.com – Manfaat sayur bayam merah untuk kesehatan memang sudah bukan menjadi sebuah rahasia umum. Tapi tahukah Anda, kalau ternyata riset telah membuktikan bahwa khasiat bayam merah di atas rata-rata bayam hijau.

Bayam yang memiliki ciri khas berupa daun berwarna hijau keunguan ini terbukti mengandung antioksidan lebih tinggi. Tidak heran kalau kemudian harganya melejit di pasaran.

Manfaat Sayur Bayam Merah

Bayam merah atau Amaranthus Dubius juga dikenal sebagai bayam Cina. Meskipun rasanya tidak berbeda dengan bayam hijau. Akan tetapi harganya lebih mahal dari bayam hijau. Hal tersebut sebenarnya tidak mengherankan, sebab bayam merah menawarkan segudang khasiat lebih beragam.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari bayam merah yang perlu diketahui:

  1. Mengobati Disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan oleh peradangan pada usus. Penderitanya akan mengalami kesulitan dalam buang air besar dan jika dibiarkan maka bisa mengakibatkan diare. Namun, bayam merah dapat difungsikan sebagai alternatif obat alami untuk mengatasi penyakit tersebut.

Bayam merah memiliki kandungan serat larut dan juga kemampuan untuk membersihkan saluran pada pencernaan. Selain itu, zat antosianin di dalamnya juga berperan penting dalam melawan bakteri yang menyebabkan terjadinya disentri.

  1. Mengobati Kanker

Penyakit mematikan nomor 1 di dunia ini juga dapat di tangkal dengan cara rajin mengkonsumsi bayam merah. Kandungan Vitamin C, Vitamin E, potasium, magnesium, fosfor, zat besi dan asam amino dalam bayam merah dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan pada daun bayam merah juga berperan dalam mencegah tumbuhnya sel kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, jika ingin terhindar dari penyakit satu ini, maka sebaiknya mulai mengkonsumsi bayam merah secara rutin.

  1. Mengobati Asma

Asma merupakan salah satu penyakit kronis di saluran pernapasan. Penderita asma akan mengalami masalah kesehatan berupa sesak napas. Hal ini terjadi karena saluran bagian pernapasan mengalami penyempitan.

Selain itu, saat asma kambuh juga akan diikuti dengan rasa nyeri pada bagian dada dan batuk parah. Jadi, harus segera diatasi. Menariknya, dengan mengonsumsi sayur bayam merah secara rutin dapat menjadi obat alami untuk penyakit asma.

Bayam merah mengandung beta karoten yang efektik untuk mengatasi penyakit akut. Selain itu, gizi yang terkandung di daunnya juga dapat mencegah asma kambuhan dan memperbaiki fungsi pada saluran pernapasan yang menyempit.

  1. Mengobati Anemia

Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan hemoglobin ini akan membuat penderitanya tampak sangat pucat dan mudah merasa lelah. Meskipun gejala awalnya tampak wajar, namun jika dibiarkan berlangsung dalam jangka waktu tertentu bisa menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya. Bahkan bisa mengancam jiwa penderita anemia.

Tapi tahukah Anda, kalau ternyata anemia bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi bayam merah. Sayuran ini kaya akan kandungan zat besi yang berkhasiat melancarkan aliran darah.

Makan sayur bayam merah secara rutin bisa menjadi cara ampuh dalam meningkatkan hemoglobin. Sekadar informasi, bahwa salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi.

  1. Mengoptimalkan Kerja Ginjal

Manfaat sayur bayam merah yang lainnya adalah mengoptimalkan fungsi pada organ ginjal. Hal tersebut dikarenakan sayuran ini memiliki kandungan serat sangat tinggi. Baik pada bagian daun maupun batang.

Dengan mengkonsumsi sayur bayam secara teratur, bisa menjadi detoks alami bagi ginjal dan sistem pencernaan yang lainnya.

  1. Mengatasi Gangguan Mata

Indera penglihatan, yaitu mata memang rentan akan berbagai masalah kesehatan. Yang membuatnya tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Misalnya saja pada penderita rabun jauh, rabun dekat, hingga katarak. Jika Anda mengalami gangguan pada mata dan mulai merasa tidak nyaman, maka bisa melakukan langkah pengobatan dengan makan bayam merah.

Kandungan Vitamin E dalam sayuran ini dapat meningkatkan kesehatan pada mata. Sehingga kualitas penglihatan juga semakin membaik. Oleh sebab itu, bayam merah sangat dianjurkan untuk di konsumsi oleh Anda yang merasa penglihatannya sudah mulai terganggu.

  1. Mengobati Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan menurunnya kepadatan tulang. Jika tidak segera diatasi, maka akan membuat tulang menjadi rapuh dan mudah retak. Bagi kaum perempuan, mereka mendominasi faktor untuk mengidap penyakit osteoporosis terbanyak.

Untuk mencegah memburuknya kondisi penderita osteoporosis, maka bisa mengkonsumsi sayur bayam merah. Sayur ini kaya akan kandungan Vitamin K yang berperan penting dalam menguatkan tulang. Bayam merah juga mampu mengoptimalkan penyerapan protein dan kalsium di dalam tulang.

  1. Menjaga Kesehatan Pada Pembuluh Darah

Sebuah riset membuktikan, bahwa dalam bayam merah terdapat zat yang dapat merangsang proses terbentuknya nitrat oksida dalam tubuh secara alami. Yang mana mampu meningkatkan kelenturan pada area pembuluh darah, melancarkan aliran darah, mengoptimalkan kinerja jantung, dan juga menjaga tekanan darah tetap stabil.

  1. Mendukung Program Diet

Jika Anda sedang menjalankan program menurunkan berat badan, maka bisa memasukkan bayam merah ke dalam daftar menu makanan.

Bagian daun dan batang bayam merah mengandung protein, yang berkhasiat untuk mengurangi jumlah insulin di dalam darah dan juga melepaskan hormon. Sehingga Anda tidak merasa terus lapar sepanjang hari.

Selain itu, bayam merah juga kaya akan serat yang bisa mengenyangkan perut. Dengan begitu, maka Anda bisa merasa tetap kenyang setelah mengkonsumsi sayur bayam ini. Jadi, sangat layak untuk dijadikan sebagai makanan penunjang saat diet.

Baca juga : 9 Cara Mengecilkan Lengan Tangan Dalam Seminggu Secara Alami

Baca juga : 10 Cara Mengecilkan Paha dan Betis Dalam 2 Hari Secara Alami

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Khususnya Ibu Hamil

Bayam merah mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun. Jadi, sangat cocok untuk di konsumsi, khususnya bagi Ibu hamil yang membutuhkan asupan vitamin dalam jumlah tinggi.

Dengan mengkonsumsi bayam merah secara berkala, maka bisa mendukung perkembangan indera penglihatan dan juga otot janin.

  1. Health Booster untuk Bayi

Dalam daun merah, memiliki kandungan Vitamin B3 dan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis hijau. Selain itu, bayam merah juga lebih kaya akan nutrisi, sehingga khasiatnya untuk bayi juga semakin kompleks.

Bukan hanya bayi, bayam merah ini juga dapat memberikan pengaruh positif untuk janin, jika di konsumsi oleh ibu hamil.

  1. Menjaga Rambut Tetap Sehat

Selain memiliki manfaat besar untuk kesehatan organ tubuh, bayam merah juga berkhasiat untuk menjaga rambut supaya tetap sehat dan kuat. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka Anda bisa mengkonsumsi bayam merah dan juga mencuci rambut dengan air perasan dari bayam merah secara rutin. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebagai sumber Vitamin C, bayam merah memang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka. Terutama pada anak-anak. Cara aplikasinya juga sangat mudah, yaitu tinggal dibuat pasta dan dioleskan di area luka. Tapi supaya cepat sembuh, sebaiknya dibarengi dengan mengkonsumsi sayur bayam merah.

Setelah mengetahui betapa banyak manfaat sayur bayam merah untuk kesehatan, maka mulai sekarang Anda juga mulai harus mengkonsumsinya secara teratur supaya bisa mendapatkan semua khasiat yang terkandung dalam daun dan batang bayam. Selain itu, penting diperhatikan bahwa bayam bukan hanya bagus untuk di konsumsi oleh orang dewasa saja, namun juga bayi.

 

Link sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4585607/8-manfaat-bayam-merah-untuk-bayi-hingga-orang-dewasa

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *