Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

13 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan

3 min read

manfaat minyak zaitun

Berikut manfaat minyak zaitun seperti menyehatkan rambut, perawatan wajah kering, kesehatan jantung, kulit sensitif, menurunkan resiko diabetes hingga penghapus make up

Sehatkuy.com – Minyak zaitun dikenal luas sebagai salah satu minyak tersehat di dunia. Bahkan, orang cenderung hidup lebih lama dan hidup lebih sehat dengan menggunakan minyak zaitun sebagai bagian dari pola hidup sehatnya. Banyak sekali manfaat minyak zaitun. Extra Virgin Olive Oil (EVOO) adalah minyak zaitun kualitas tertinggi yang tersedia, diekstraksi dari buah zaitun tanpa menggunakan panas atau bahan kimia.

Selama dekade terakhir, semua orang telah memanfaatkan manfaat kecantikan dari minyak zaitun, tetapi kebenarannya adalah bahan pokok dapur ini telah digunakan pada tubuh sejak zaman kuno. Secara alami, minyak zaitun dikemas dengan antioksidan anti penuaan dan hydrating squalene yang membuatnya luar biasa untuk rambut, kulit, dan kuku.

Manfaat Menggunakan Minyak Zaitun

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menggunakan minyak zaitun :

  1. Bagus untuk perawatan Rambut

Minyak zaitun telah digunakan sebagai perawatan rambut sejak zaman Mesir kuno. Untuk Anda yang ingin menggunakannya sebagai perawatan rambut, pertama hangatkan minyak zaitun dalam microwave atau dalam air panas. Kemudian oleskan ke ujung rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 10 hingga 20 menit, lalu keramas.

  1. Lulur Bibir

Campurkan gula kasar dengan satu sendok teh minyak zaitun untuk memperbaiki bibir pecah-pecah. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan lemon untuk menambah rasa dan sifat pengelupasan asam. Lulur ini cukup baik untuk dimakan.

  1. Makeup remover

Manfaat minyak zaitun untuk wajah satu ini pasti akan disukai oleh kebanyakan wanita. Ya, mengolesi minyak zaitun di seluruh wajah Anda sangat bagus untuk menghilangkan riasan mata yang membandel. Hapus makeup di wajah dengan menggunakan minyak zaitun kemudian lanjutkan dengan air hangat dan cuci muka dengan pH seimbang.

  1. Serum ramnur

Tidak perlu membeli produk rambut terpisah untuk memberi kilau pada helai rambut Anda. Gosokkan beberapa tetes minyak zaitun pada ujung rambut Anda supaya berkilau setelah ditata. Menggosokkan mintak zaitun ke rambut setelah keramas memberikan hasil akhir yang lebih mengkilap.

  1. Perawatan wajah kering

Minyak zaitun juga sangat bagus digunakan sebagai pelembab. Minyak zaitun ini bekerja sangat baik sebagai perawatan yang melembabkan untuk Anda yang memiliki kulit wajah ekstra kering. Karena minyak zaitun sifatnya alami, maka minyak ini adalah pilihan ideal untuk wanita dengan keluhan kulit kering.

  1. Mengobati kulit sensitif

Ada sangat sedikit produk yang aman untuk bayi dan orang dewasa. Minyak zaitun sangat cocok untuk kulit sensitif di bagian bawah bayi dan sebagai pelembab untuk kulit wajah yang memang sensitif.

  1. Sumber Antioksidan

Minyak zaitun secara khusus, mengandung lebih dari 30 jenis senyawa fenolik, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi terhadap penyakit dan proses penuaan.

  1. Melindungi kesehatan jantung

Komposisi lemak dari Extra Virgin Olive Oil juga merupakan kontributor utama kesehatannya karena terdiri dari lemak tak jenuh tunggal (sekitar 73%). Nah, mengkonsumsi minyak zaitun ke dalam makanan secara konsisten memberi efek menguntungkan pada penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) karena bisa mengurangi peradangan kronis, tekanan darah, kadar kolesterol dan kadar glukosa darah.

Ya, minyak zaitun adalah sumber yang kaya antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal, yang keduanya dianggap melindungi kesehatan jantung.

  1. Mengurangi resiko penyakit stroke

Stroke adalah pembunuh terbesar kedua setelah penyakit jantung. Stroke terkait erat dengan penyakit jantung dan memiliki banyak faktor risiko seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Nah, mengkonsumsi minyak zaitun sebagai ganti minyak kelapa bisa memiliki risiko stroke 41% lebih rendah.

Orang yang menggunakan minyak zaitun kemungkinan akan menggantikan lemak lain yang kurang sehat. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan tinggi dan kadar lemak tak jenuh tunggal sehingga memiliki dampak yang menguntungkan pada kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit stroke.

  1. Dapat Membantu Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Sekitar satu juta orang di Indonesia per tahunnya diperkirakan menderita diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 ditandai oleh berkurangnya efektifitas insulin, hormon yang memindahkan glukosa (gula) keluar dari darah dan masuk ke sel untuk digunakan sebagai energi.

Diperkirakan bahwa senyawa fenolik yang terdapat dalam minyak zaitun membantu metabolisme glukosa dan meningkatkan sensitivitas dan efektivitas insulin. Sebuah analisis besar menemukan bahwa memasukkan minyak zaitun ke dalam makanan sehari-hari Anda dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 13%.

Dibandingkan dengan diet rendah lemak, menggunakan minyak zaitun bisa membantu menormalkan glukosa darah pada orang yang sudah menderita diabetes tipe 2.

  1. Minyak Goreng Terbaik

Ada banyak minyak goreng berbeda yang mengklaim sebagai yang terbaik. Namun, ketika Anda mempertimbangkan faktor-faktor utama yang mempengaruhi bagaimana minyak bereaksi terhadap suhu tinggi seperti stabilitas oksidatif dan rasio lemak tak jenuh tunggal, maka mintak zaitun adalah nomor satu.

Meskipun minyak kelapa murni memiliki stabilitas oksidatif yang serupa karena kandungan lemak jenuh yang tinggi, namun minyak kelapa bisa dikatakan sangat rendah antioksidan. Sebagai perbandingan, minyak zaitun kaya akan antioksidan bermanfaat seperti tokoferol dan hydroxytyrosol.

Selain itu, jika Anda menggunakan minyak secara teratur, Anda harus mempertimbangkan efek kesehatan dari lemak utamanya. Lemak jenuh minyak kelapa tidak memiliki manfaat i sementara lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun secara signifikan bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Minyak zaitun juga lebih praktis untuk memasak karena hadir dalam berbagai rasa yang berbeda (dan dapat melengkapi hidangan manis dan gurih. Ketika Anda mempertimbangkan kestabilan oksidatifnya, kandungan antioksidan dalam minyak zaitun yang unggul dan rasio lemak tak jenuh tunggal merupakan pilihan terbaik.

  1. Membuat Makanan Anda Lebih Bergizi

Masih belum yakin bahwa minyak zaitun harus menjadi minyak goreng utama Anda? Studi menunjukkan bahwa memasak dengan minyak zaitun bahkan dapat meningkatkan kandungan nutrisi makanan Anda. Hal ini dikarenakan antioksidan dalam minyak zaitun sangat tahan terhadap panas tinggi sehingga tidak rusak dan malah diserap oleh makanan yang dimasak.

Selain itu, minyak zaitun juga membantu makanan yang dimasak untuk mempertahankan beberapa nutrisi yang biasanya hilang melalui memasak. Sebagai contoh, satu studi menunjukkan bahwa ketika brokoli dimasak dengan minyak bunga matahari atau minyak kelapa beberapa senyawa bermanfaat dalam brokoli seperti vitamin C berkurang.

Namun, ketika dimasak dengan minyak zaitun, maka kadar senyawa bermanfaat tersebut tidak berubah. Memasak dengan minyak zaitun dapat meningkatkan jumlah nutrisi dan antioksidan dalam makanan yang dimasak yang seharusnya hilang atau rusak.

  1. Bagus untuk Kesehatan dan Umur Panjang

Orang-orang yang memiliki asupan minyak zaitun tinggi jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi minyak zaitun paling sedikit. Studi observasi secara konsisten menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan kaya akan minyak zaitun cenderung hidup lebih lama.

 

Referensi :

Brusie, C. Healthline (2017). Olive Oil Benefits for Your Face

Leech, J. Healthline (2017). 11 Proven Benefits of Olive Oil

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *