Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

14 Manfaat Kunyit Kuning dan Putih Untuk Kesehatan

3 min read

manfaat kunyit

Berikut manfaat kunyit kuning seperti mengobati peradangan hingga ramuan anti penuaan. Sementara kunyit putih mempunyai manfaat mengobati maag hingga penawar racun ular

Sehatkuy.com – Seperti banyak rempah-rempah, kunyit memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional. Bumbu yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini selain memberi warna kuning cerah, kunyit juga dikenal memiliki antiinflamasi dan antioksidan kuat. Banyak sekali manfaat kunyit untuk kesehatan yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Kunyit sendiri memiliki komponen bernama curcumin yang memberi bumbu warna kuning. Curcumin adalah senyawa yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan potensial kunyit. Curcumin adalah antioksidan alami yang memiliki manfaat anti-inflamasi, serta manfaat yang mungkin terkait dengan memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit Alzheimer dan berpotensi depresi.

Manfaat Kunyit Kuning untuk Kesehatan

Ternyata selain bagus untuk memberi warna pada makanan, kunyit juga bisa memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Apa sajakah manfaat tersebut?

  1. Mengobati Peradangan

Salah satu manfaat utama dari kunyit adalah bisa digunakan untuk melawan peradangan. Faktanya, dalam dosis yang tepat, curcumin dalam kunyit merupakan pengobatan anti-inflamasi yang lebih efektif daripada obat-obatan yang memerangi peradangan seperti ibuprofen dan aspirin.

Peradangan kronis menyebabkan banyak penyakit kronis sehingga kandungan curcumin pada kunyit dapat membantu mengobati kondisi seperti penyakit radang usus, pankreatitis, dan radang sendi.

  1. Mengobati Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa curcumin dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi endotel, atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah.

Fungsi endotel yang lebih rendah dikaitkan dengan penuaan dan peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, curcumin dapat membantu melindungi terhadap hilangnya fungsi terkait usia dan mengurangi kemungkinan manusia erkena penyakit jantung.

  1. Dapat Mencegah dan Mengobati Kanker

Dikarenakan peradangan dikaitkan dengan pertumbuhan tumor, senyawa anti-inflamasi seperti curcumin dapat berperan dalam mengobati dan mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, prostat, payudara, dan lambung.

Sebuah  penelitian pada seekor tikus menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu memperlambat penyebaran sel-sel tumor dan bahkan mencegah pembentukan tumor sejak awal. Kunyit dapat melakukan ini dalam beberapa cara, termasuk mengganggu pembentukan sel kanker pada berbagai tahap dalam siklus sel, mengganggu jalur sinyal sel, dan bahkan menyebabkan sel-sel kanker mati.

  1. Dapat Membantu Mengobati atau Mencegah Diabetes

Curcumin dalam kunyit dapat membantu mengobati dan mencegah diabetes, serta gangguan terkait seperti nefropati diabetik yang mempengaruhi orang dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Nah, kunyit dapat membantu mencegah diabetes melalui sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, dan meningkatkan banyak faktor yang berkontribusi terhadap diabetes, termasuk resistensi insulin, gula darah tinggi, dan hiperlipidemia.

  1. Mengobati Penyakit Alzheimer

Kunyit bahkan dapat melindungi otak Anda terhadap penyakit degeneratif umum seperti Alzheimer. Dengan meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), protein yang ditemukan di otak dan sumsum tulang belakang yang memainkan peran penting dalam menjaga sel-sel saraf (neuron) sehat, serta mengatur komunikasi antara sel-sel saraf, yang sangat penting untuk belajar dan memori. (

Karena kelainan otak yang umum seperti Alzheimer dikaitkan dengan tingkat BDNF yang lebih rendah, kunyit dapat membantu menunda atau membalikkan degenerasi otak.)

  1. Mengobati Rheumatoid Arthritis

Curcumin dalam kunyit dapat mengobati rheumatoid arthritis (RA), gangguan peradangan kronis yang biasanya menyerang sendi tetapi dapat menyebar ke area lain, seperti mata, paru-paru, kulit, jantung, dan pembuluh darah.

Rheumatoid arthritis menyebabkan pembengkakan sendi yang menyakitkan dan bahkan dapat menyebabkan tulang terkikis seiring waktu yang pada akhirnya menyebabkan kelainan bentuk dan cacat fisik.

  1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Berkat sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidannya, kunyit dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim (dermatitis atopik), photoaging, dan psoriasis. Kunyit merupakan pilihan perawatan yang efektif dan aman untuk penyakit kulit radang kronis.

Kunyit  bahkan relatif aman pada dosis tinggi.  Sayangnya dengan warna kuningnya  yang cerah, kelarutan memberikan stabilitas yang buruk pada pH tinggi sehingga menjadikannya skincare yang tidak menarik.

  1. Melindungi Tubuh Anda Dari Radikal Bebas

Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, suatu kelas atom yang sangat reaktif yang dihasilkan dalam tubuh manusia serta dalam polutan lingkungan seperti asap rokok dan bahan kimia industri.

Terlalu banyak terpapar radikal bebas dapat mengacaukan lemak, protein, dan bahkan DNA dalam tubuh Anda, yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit umum termasuk kanker, radang sendi, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Oleh karena itu, rempah-rempah yang kaya antioksidan seperti kunyit dapat berperan dalam melindungi Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Curcumin khususnya mampu mencegah jenis radikal bebas, mengendalikan enzim yang menetralkan radikal bebas, dan mencegah enzim tertentu dari menciptakan jenis radikal bebas tertentu.

  1. Ramuan Anti-Penuaan

Saat ini, tidak ada bukti bahwa kunyit atau kurkumin secara langsung memengaruhi umur panjang, tetapi berkat kemampuannya melawan peradangan, melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, dan berpotensi menunda degenerasi otak dan penyakit lain yang berkaitan dengan usia, kunyit mungkin efektif sebagai ramuan anti-penuaan.

Berikut Manfaat Kunyit Putih

Nah, selain kunyit yang berwarna kuning cerah, ternyata adapula kunyit yang berwarna putih.  Kunyit putih ini dinamakan dengan white turmeric. Sama halnya dengan kunyit kuning, kunyit berwarna putih ini juga memiliki banyak sekali manfaat di antaranya adalah :

  1. Mengurangi jumlah mikroba

Kunyit juga memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang diyakini dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut dengan hasil yang sama dengan produk obat kumur yang dijual di tok-toko. Tidak hanya itu, ramuan  kunyit putihpun mampu untuk mencegah timbulnya jamur pada tubuh.

  1. Mengobati maag

Manfaat kunyit putih asam selanjutnya adalah mengobati penyakit tukak lambung pada manusia. Akar kunyit putih dipercaya bisa mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung sehingga bisa digunakan sebagai obat tukak. Namun untuk manfaat satu ini masih memerlukan penelitian klinis pada manusia.

  1. Penawar racun ular

Kunyit putih memiliki kandungan anti-toksik yang bisa digunakan untuk menjadi penawar racun ular. Melalui kandungan tersebut, maka kunyit putih bisa mencegah racun ular menjalar pada tubuh manusia.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi kunyit putih dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

  1. Mengobati keputihan dan keluhan wanita lainnya

Kunyit putih  dapat mengobati keluhan wanita terkait keputihan. Kunyit putih juga bisa meredakan rasa sakit saat menstruasi, dan mempercepat menstruasi. Jadi untuk Anda yang selalu memiliki keluhan terhadap periode menstruasi, kunyit bisa menjadi solusi yang tepat.

Baik kunyit kuning maupun putih, keduanya sama-sama membawa manfaat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Apakah Anda salah satu penderita radang, maag, atau rheumatoid arthritis, Anda bisa sembuhkan penyakit Anda dengan segala manfaat kunyit yang ada.

 

Referensi :

O’Brien, S. Healthline (2018). Turmeric vs Curcumin: Which Should You Take?

Web MD. Vitains & Supplements: Turmeric.

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *