Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

11 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol Hingga Mengobati Kanker

4 min read

manfaat daun sirsak

Berikut manfaat daun sirsak untuk kesehatan yaitu mengobati kanker, diabetes, asam urat, kista ovarium, rematik, melancarkan pencernaan, mengatasi gejala malaria hingga depresi

Sehatkuy.com – Sirsak memiliki berjuta khasiat dengan cita rasa yang lezat. Pohon bernama asli annona muricata ini dikenal akan kegunaannya sebagai antikanker. Tak hanya buahnya saja, manfaat daun sirsak juga beragam. Kandungan alkaloid, antioksidan, asetogenin, vitamin A, B, C, kalsium, kalium, zat besi, asam gensitat, hingga anonol memberikan efek menyehatkan pada tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Daun sirsak kerap kali digunakan untuk berbagai pengobatan herbal. Kandungan yang kaya akan nutrisi penting menjadikannya primadona andalan terutama dalam mengobati kanker. Namun, Anda pun patut waspada karena daun ini juga memiliki efek neurotostik yang tak cocok untuk kalangan tertentu.

Walau memiliki khasiat yang mujarab, orang-orang dengan kriteria di bawah ini sebaiknya menghindari konsumsi daun sirsak. Atau, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar mendapatkan takaran yang tepat.

  • Orang yang tengah mengonsumsi obat tekanan darah tinggi
  • Orang yang tengah mengonsumsi obat diabetes
  • Orang dengan gangguan hati atauginjal
  • Orang dengan kadar trrombosit dalam darah yang rendah
  • Wanita hamil

Selebihnya, Anda bisa mengonsumsi daun sirsak untuk berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, antara lain:

  1. Membantu mengobati kanker

Daun sirksak memang menjadi terkenal lantaran khasiatnya yang digadang-gadang mampu menyembuhkan kanker. Sebuah jurnal penelitian yang digawangi Cheryl E. Green dan rekannya menemukan kandungan senyawa antikaker yang mampu melindungi sel sehat selama masa kemoterapi.

Selain itu, penelitian yang digagas National Cancer Institute menemukan bahwa daun sirsak mampu berperan dalam melawan dan menyembuhkan sel kanker. Senyawa aktif bernama acetogenins annonaceous di dalamnya dianggap berpengaruh besar dalam hal ini.

Untuk meramunya, Anda cukup merebus 10 lembar daun sirsak segar ke dalam 3 gelas air. Tunggu hingga air menyusut dan tertinggal 1 gelas saja dengan warna yang agak pekat. Manfaat rebusan daun sirsak inilah yang memberikan efek signifikan ketika diminum secara rutin 2 kali sehari.

  1. Membantu mengobati diabetes

Selain sel kanker yang berbahaya, rebusan daun sirsak telah terbukti mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Cara kerjanya adalah dengan melepaskan hormon insulin agar gula yang ada dalam tubuh bisa diubah menjadi energi. Ditambah lagi, kandungan polifenol, saponin, bioflavonoid, dan antioksidannya yang tinggi akan melindungi tubuh dari bahaya akibat radikal bebas.

  1. Mengobati asam urat

Di dalam daun sirsak terdapat kandungan beberapa senyawa dengan fungsinya masing-masing. Mulai dari annocatalin, acetogenin, asam gentisic, annomuricin, asam linoleat, hingga caclourin. Kesemua perpaduan senyawa ini berperan aktif untuk membantu mengobati asam urat.

Cara untuk mendapatkan manfaat tersebut sangatlah mudah. Rebus 10 lembar daun sirsak yang agak tua, biasanya berwarna hijau pekat dibanding yang lain, ke dalam 3 gelas air. Sisakan sepertiganya saja untuk diminum dalam keadaan panas maupun dingin. Biasakan meminumnya setiap hari agar perubahan bisa segera dirasakan.

  1. Mengobati kista ovarium

Kista ovarium biasanya dialami oleh wanita dengan munculnya tumor jinak pada ovarium. Meski jinak dan tak terkesan membahayakan, jika tak segera diatasi kondisi ini bisa berkembang menjadi kanker. Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk pengobatan dengan berbagai cara. Dengan merebusnya secara langsung, menyeduh daunnya seperti teh, atau mengonsumsi dalam wujud suplemen.

  1. Membantu mengobati rematik dan eksim

Bagi Anda yang telah berumur dan memiliki masalah rematik, daun sirsak bisa menjadi pilihan alternatif untuk menyembuhkan. Senyawa antiperadangan yang ada di dalamnya mampu mengobati rematik secara alami. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus atau menyeduh daun sirsak menjadi minuman. Bisa pula dengan melumat rebusan tersebut dan membalurkannya pada persendian yang sakit.

Senyawa antiperadangan ini ternyata juga berpengaruh dalam pengobatan eksim. Jika Anda sering mengalami gejala eksim berupa kulit yang mengering, gatal, dan kemerahan, Anda bisa mengobatinya dengan daun sirsak ini. Caranya sama, tinggal balurkan saja rebusan daun sirsak yang telah dihaluskan pada bagian kulit yang bermasalah.

  1. Memperbaiki pencernaan

Seperti dedaunan lainnya, daun sirsak juga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan vitamin dan mineral yang seimbang, ditambah zat anti-inflamasi di dalamnya bisa membantu memperbaiki pencernaan agar tetap sehat. Keberadaan berbagai mutrisi penting di atas sangat ampuh untuk mengatasi sembelit, perut kembung, kram, maupun diare.

Tak hanya itu saja, kalsium yang ada dalam daun sirsak turut membantu penyerapan zat besi secara lebih efektif. Di samping beberapa kandungan di atas, efek antimikroba dari meminum seduhan daun sirsak mampu membantu menyeimbangkan kehidupan mikroflora di dalam usus.

  1. Mengatasi gejala malaria

Indonesia adalah daerah endemik malaria yang telah banyak merengut korban jiwa. Kini, parasit penyebab malaria bahkan makin berevolusi dengan lingkungan dan berbagai pengobatan kedokteran. Bahkan, parasit ini telah resisten terhadap kloroquin, salah satu pengobatan yang sempat menjadi andalan. Jika ingin cara aman untuk mengatasinya, Anda bisa meminum rebusan daun sirsak untuk membunuhnya.

  1. Meningkatkan sistem peredaran darah

Tingginya kadar zat besi dalam daun sirsak bisa memberikan dampak kesehatan yang signifikan. Kandungan ini akan merangsang peningkatan sistem peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih berenergi dan bersemangat lantaran zat besi merupakan kunci sel darah merah yang mengendalikan arus energi dan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

  1. Membantu mengatasi depresi

Pohon sirsak disinyalir memiliki kandungan alkaloid di dalamnya. Alkaloid inilah yang terbukti berperan dalam mengurangi depresi. Cara kerjanya adalah dengan menghambat penyerapan hormon serotonin di dalam otak. Serotonin adalah senyawa yang berfungsi sebagai mediator kimia dalam otak dan bertanggung jawab pada pengelolaan emosi.

Daun sirsak membantu agar serotonin di otak berada di jumlah yang tepat untuk mengatasi gejala depresi yang Anda rasakan. Namun, untuk mengonsumsinya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini karena resiko alkaloid yang berlebihan seringkali dikaitkan dengan perkembangan kelainan Parkinson.

  1. Membantu menyembuhkakn borok mulut dan sariawan

Ketika makan tak jarang mulut tergores dan meninggalkan borok/ luka. Kadang, luka ini berkembang menjadi sariawan yang berkepanjangan. Untuk mengobatinya, Anda bisa memanfaatkan daun sirsak. Ambil beberapa helai daun sirsak, tumbuk, lalu rebus. Senyawa antiperadangan yang dimilikinya mampu membantu mengecilkan sariawan dan berangsur menyembuhkannya seperti semula.

  1. Membantu merawat kulit

Ingin mendapatkan kulit yang kencang tanpa perawatan mahal? Anda bisa mulai bereksperimen dengan menggunakan media utama daun sirsak. Sejumlah senyawa astringen yang terdapat di dalamnya bisa membantu Anda mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Penggunaan dalam jangka panjang juga mampu mengurangi garis wajah dan kerutan, serta membantu mengatasi jerawat dan peradangan pori-pori.

Manfaat daun sirsak dengan diseduh langsung atau mengonsumsi suplemennya memang membawa banyak khasiat kesehatan. Namun, pertimbangkan pula kondisi kesehatan yang Anda punya. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau pakar kesehatan agar tak mengalami efek samping yang beresiko.

 

Referensi:

 

Cancer Research UK (2018). General Cancer Information. Graviola (Soursop).

eHealthZine. (2016). 8 Health Benefits of Soursop/ Graviola Leaves. [online] Available at: http://www.ehealthzine.com/8-health-benefits-of-soursop-graviola-leaves.html

Moghadamtousi, et al. (2015). Annona muricata (Annonaceae): A Review of Its Traditional Uses, Isolated Acetogenins and Biological Activities. International Journal of Molecula Sciences. 16(7), pp. 15625–15658.

Moghadamtousi, et al. (2015). Annona Muricata (Annonaceae): A Review of Its Traditional Uses, Isolated Acetogenins and Biological Activities. International Journal of Molecular Sciences, 16(7), 15625–15658.

Moghadamtousi, et al. (2015). The Chemopotential Effect of Annona muricata Leaves against Azoxymethane-Induced Colonic Aberrant Crypt Foci in Rats and the Apoptotic Effect of Acetogenin Annomuricin E in HT-29 Cells: A Bioassay-Guided Approach. PloS One. 10(4), pp. e0122288.

Qian, et al. (2015). Annonaceous Acetogenins Reverses Drug Resistance of Human Hepatocellular Carcinoma BEL-7402/5-FU and HepG2/ADM Cell Lines. International Journal of Clinical and Experimental Pathology, 8(9), 11934–11944.

Rady, et al (2018). Anticancer Properties of Graviola (Annona Muricata): A Comprehensive Mechanistic Review. Oxidative Medicine and Cellular Longevity, 2018, 1826170.

Syakira, S. Amazing Health Benefits of Soursop Leaves. [online] The Health Benefits | Healthy Foods, Fruits, Remedies. Available at: http://www.thealthbenefitsof.com/health-benefits-of-soursop-leaves/

The Benefits of Soursop. [online] Available at: http://healthyeating.sfgate.com/benefits-soursop-4285.html

United States Department of Agriculture Agricultural Research Service (2018). Basic Report: 09315, Soursop, Raw.

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *