Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

11 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Meningkatkan Gairah Seks

4 min read

manfaat daun kelor

Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan seperti bisa menyehatkan mata, mengobati stress, kanker, diabetes, mencegah peradangan, mencegah bibir pecah-pecah hingga meningkatkan gairah seks

Sehatkuy.com – Di Indonesia, daun kelor identik dengan berbagai mitos mengenai penangkal ilmu hitam yang telah eksis sedari dulu. Seiring berjalannya waktu, perspektif ini mulai berubah secara perlahan. Terlebih ketika manfaat daun kelor menggegerkan negara Barat dan mendadak menjadi perbincangan hangat. Karena khasiatnya yang mengagumkan, tumbuhan ini pun mendapat gelar sebagai Miracle Tree.

Sebenarnya, apa sih yang membuat daun ini begitu dielu-elukan berbagai kalangan? Simak beberapa manfaatnya berikut ini agar Anda paham alasannya.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor alias Moringa oleifera merupakan tumbuhan dengan tinggi mencapai 7-11 meter. Konon, tanaman asal India ini merupakan unsur penting pengobatan Ayurveda dengan kemampuan menyembuhkan lebih dari 300 jenis penyakit.

Setelah banyak penelitian dilakukan, ternyata daun kelor memiliki kandungan nutrisi berkali-kali lipat dibanding bahan lainnya. Kandungan potasium daun kelor sebanyak 3 kali lipat dibanding buah pisang. Vitamin A di dalamnya bahkan 4 kali lebih banyak dibanding wortel. Vitamin C, 7 kali lebih melimpah daripada buah jeruk. Serta, kalsium 4 kali lipat lebih tinggi dibanding susu.

Ditilik dari kandungannya yang melimpah ruah ini, tak heran jika banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa manfaat ini antara lain:

  1. Menyehatkan mata

Selama ini kandungan vitamin A tertinggi digadang-gadang dimiliki oleh wortel. Kebanyakan orang yang mengalami masalah kesehatan mata diminta memperbanyak konsumsi sayuran ini. Nyatanya, kandungan vitamin A dalam daun kelor lebih banyak 4 kali lipat dibandingkan wortel. Dengan fakta baru ini, cobalah untuk mengonsumsi daun kelor alih-alih wortel, tomat, atau makanan merah lainnya.

Dalam daun kelor juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk mengurangi gangguan penglihatan. Mulai dari pelebaran pembuluh retina, penebalan membran kapiler pada mata, hingga disfungsi retina. Selain itu, senyawa retinol di dalamnya mampu mengatasi rabun. Konsumsi daun kelor secara rutin juga dapat membantu mempertajam pandangan pada penderita rabun senja dan minus.

  1. Mengobati stress

Agak tak masuk akal memang, namun beginilah kenyataannya. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics beberapa waktu lalu menyebutkan bawa kelor merupakan salah satu tanaman terbaik penghilang stress. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kandungan adaptogen alami yang mampu melindungi diri dari racun yang diakibatkan oleh stress.

  1. Membantu mengobati kanker

Ekstrak daun kelor memiliki senyawa niazimicin yang dapat membantu menekan perkembangan sel kanker. Tak heran banyak suplemen dan obat tradisional yang menyematkan ekstrak daun ini di dalamnya. Dalam hal kanker prostat dan usus besar, kelor juga menyimpan senyawa beta-sitosterol yang mampu mengurangi gejala pembesaran prostat.

  1. Mengatasi diabetes

Menjaga kadar gula tetap seimbang merupakan tantangan yang berat bagi para penderita diabetes. Nah, sebuah percobaan membuktikan bahwa konsumsi 50 gr daun kelor mampu mengurangi hingga 21% kadar gula dalam darah. Para dokter dan ahli kesehatan pun banyak yang merekomendasikan daun ini untuk rutin dikonsumsi setiap hari.

Percobaan tersebut selaras dengan sebuah studi di Mumbai, India yang menguji manfaat daun kelor. Hasilnya, daun kelor segar maupun olahan membawa dampak penurunan gula darah secara signifikan. Hal tersebut merupakan imbas dari glibenclamide yang berguna dalam meningkatkan sekresi insulin.

  1. Mencegah peradangan

Daun kelor bisa Anda jadikan salah satu pilihan untuk mengatasi peradangan. Kondisi ini sebenarnya merupakan refleks alami tubuh sebagai wujud perlindungan akan infeksi dan cedera. Walaupun sepele dan tak terlalu berbahaya, peradangan yang dibiarkan begitu saja akan mengundang penyakit yang lebih serius.

Daun kelor memiliki kandungan utama anti-inflamasi yang berguna untuk mengurangi peradangan. Ada pula senyawa isothiocyanate dan antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas.

  1. Mengobati keracunan arsenik

Pencemaran saat ini tak hanya terjadi di udara dan air saja, bahkan sudah merambah ke makanan. Paparan arsenik dalam jangka panjang bisa memicu adanya gangguan kesehatan dan meningkatkan resikoo kanker serta penyakit jantung. Nah, konsumsi daun kelor disinyalir dapat membantu Anda menetralisir keracunan arsenik yang mendera.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus mengindikasikan bhawa daun kelor mampu mencegah efek dari toksisitas arsenik. Namun, belum diketahui apakah hal yang sama akan berlaku pada manusia atau tidak.

  1. Memperlambat penuaan

Menua memang merupakan hal alamiah yang tak dapat dirubah. Tapi, Anda bisa memperlambat penuaan dengan mengonsumsi daun kelor. Kandungan senyawa zeatin di dalamnya dapat membantu melawan tanda penuaan seperti garis halus dan keriput. Tak hanya itu, kandungan mineral dan asam amino juga turut andil dalam produksi keratin dan kolagen untuk menjaga kesehatan jaringan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi daun kelor dengan cara merebus, menyeduh, ataupun mengonsumsi dalam bentuk suplemen. Untuk treatment dari luar, Anda bisa mengambil sejumput daun kelor kemudian menghaluskannya hingga menyerupai bubur. Lalu, lulurkan bubur kelor ini ke bagian wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.

  1. Mencegah bibir pecah-pecah

Bibir kering dan pecah merupakan momok bagi tiap wanita yang ingin tampil cantik. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan kelor sebagai pelembab alami bibir. Caranya, haluskan daun kelor hingga menjadi bubur tanpa menambahkan air sedikit pun. Ambil minyak yang keluar dari kelor ini lalu oleskan ke bibir semalaman. Esoknya, Anda akan mendapati bibir nan sehat, lembab, serta kenyal.

  1. Meningkatkan libido

Daun kelor ternyata juga berperan penting dalam kehidupan seksual Anda. Selain karena mampu menghilangkan stress, daun kelor juga bekerja mengurangi kadar dopamin dalam tubuh. Sebaliknya, ia bekerja meningkatkan kortisol untuk meningkatkan libido Anda.

Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian pada binatang. Dilansir mindbodygreen.com, daun kelor juga bekerja meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Hormon inilah yang berpengaruh dalam meningkatnya gairah seks Anda.

  1. Mempertahankan kesehatan tulang

Jika selama ini Anda menggantungkan pemeliharan tulang dengan mengonsumsi susu, kini saatnya Anda mempertimbangkan kelor sebagai pengganti. Seperti telah diutarakan di awal, kandungan kalsium dalam kelor 4 kali lebih banyak dibanding susu. Selain itu, kandungan vitamin K dan protein di dalamnya juga cukup melimpah.

Kesemua komponen dan zat ini meupakan kunci penting dalam mempertahankan kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, Anda bisa melakukan pencegahan dini terhadap mengeroposnya tulang atau osteoporosis.

  1. Sumber gizi bagi ibu menyusui

Daun kelor juga merupakan salah satu sumber gizi yang baik bagi ibu menyusui. Tak mengherankan jika banyak pihak yang merekomendasikan untuk mengonsumsi daun ini ketika tengah menyusui. Secara alamiah, kelor memang terbukti mampu bertindak sebagai galaktagog, yakni zat alami yang berfungsi untuk memperlancar laktasi.

Selain beberapa poin di atas, masih banyak manfaat daun kelor yang belum disebutkan, seperti sebagai obat cacing, anemia, asma, hingga edema. Namun, untuk penggunaannya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Referensi:

 

Allison Young. 2019. 10 Powerful Health Benefits Of Moringa Powder + How To Use It. https://www.mindbodygreen.com/0-22401/10-powerful-benefits-of-drinking-moringa-every-day.html

Anastasia. 2019. Health Benefits of Moringa – the superfood of superfoods. https://www.kindearth.net/the-health-benefits-of-moringa-the-superfood-of-superfoods/

Arnarson, Atli. 2018. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera. https://www.healthline.com/nutrition/6-benefits-of-moringa-oleifera#section1

Cadman, Bethany. 2017. What makes moringa good for you?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319916.php

Healthline. (2018). 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera. https://www.healthline.com/nutrition/6-benefits-of-moringa-oleifera

NCBI. (2015). Bioactive Components in Moringa Oleifera Leaves Protect against Chronic Disease. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5745501/

NCBI. (2015). Review of the Safety and Efficacy of Moringa oleifera. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25808883

Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-LIPI. (2018). Kelor (Moringa oleifera) “Si Pohon Ajaib”. http://krbogor.lipi.go.id/id/Kelor-Moringa-oleifera-Si-Pohon-Ajaib

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *