Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

12 Manfaat Daun Binahong Untuk Kulit Hingga Ginjal

3 min read

manfaat daun binahong

Berikut manfaat daun binahong sebagai sakit perut, penyembuh luka, penyakit paru-paru, mengobati sakit menstruasi, menyembuhkan wasir, radikal bebas, hingga sembuhkan ginjal

Sehatkuy.com – Manfaat daun binahong mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, ada yang tidak tahu jenis daun ini. Binahong memiliki nama ilmiah rubra linn Bassela dan menjadi salah satu spesies tanaman obat.

Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga bagus untuk perawatan wajah juga. Jadi penasaran seperti apakah manfaat menggunakan daun binahong ini? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Binahong adalah tanaman herbal yang berasal dari daratan Cina, dan tanaman ini dikenal dengan nama Dheng San Chi asli. Apa saja manfaatnya?

  1. Sembuhkan Sakit Perut

Ada banyak jenis sakit perut yang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang umum terjadi adalah disebabkan oleh waktu makan yang tidak disiplin. Terkadang, seseorang terlalu sibuk hingga  melupakan waktu sarapan. Nah, itulah yang akan menyebabkan sakit perut karena sistem pencernaan tidak bekerja tepat waktu.

Apakah ada cara untuk menyembuhkannya? Ya, ada banyak. Tapi, jika Anda terlalu takut untuk berkonsultasi ke dokter atau minum obat, maka Anda bisa mencoba tanaman herbal dengan daun binahong.

Daun binahong mengandung banyak bahan baik yang bisa menenangkan sakit perut Anda. Tapi, akan lebih baik bagi Anda untuk mencegah sakit perut karena terlambat makan dengan memastikan makan tepat waktu, meskipun hanya makan sepotong roti atau satu buah apel.

  1. Sembuhkan Penyakit Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ manusia yang memiliki tanggung jawab terhadap sistem pernapasan. Oleh sebab itul mengapa sangat penting bagi Anda untuk melindungi paru-paru. Terkadang, Anda merasa paru-paru kita sakit dan jika itu nantinya sering terjadi, pastikan untuk mengurusnya sesegera mungkin.

Jika rumah sakit atau klinik terlalu jauh dari rumah, Anda dapat menggunakan tanaman herbal daun Binahong. Ambillah 10 lembar dan rebus sampai matang. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

  1. Menyembuhkan luka

Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam arkobat yang dapat membantu menyembuhkan luka. Anda hanya harus menumbuknya sampai halus kemudian membentangkannya pada luka Anda. Daun binahong yang ditumbuk ini dapat membantu Anda menyembuhkan hampir setiap luka.

Tetapi, jika lukanya agak serius, Anda harus menutupi lukanya dengan perban setelah Anda menyebarkan tumbukan daun binahong untuk melindungi luka Anda dari bakteri.

  1. Mengobati sakit saat menstruasi

Beberapa wanita akan merasa kesakitan ketika sedang mengalami haid. Ada banyak ramuan yang bisa menjadi obat penghilang rasa sakit, salah satunya adalah yang terbuat dari daun binahong. Daun binahong akan membantu wanita meredakan rasa sakit saat sedang haid.

Untuk meredakan rasa sakit ini, Anda bisa mengambil 3 potong daun binahong kemudian rebus dengan air sampai matang. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari.

  1. Menyembuhkan Disentri

Disentri adalah salah satu penyakit sistem pencernaan yang perlu disembuhkan. Jika Anda terlalu takut untuk berkonsultasi dengan dokter atau minum obat, Anda dapat mencoba pengobatan alami dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong.

Untuk membuat ramuan dari daun binahong, Anda harus mengambil setidaknya 10 lembar daun lalu rebus bersama 2 gelas air putih. Rebus sampai air mendidih dan menyusut hingga setengahnya atau kira-kira menjadi ukuran 1 gelas saja. Anda harus mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari sampai Anda sembuh dari disentri.

  1. Perawatan kulit

Manfaat kesehatan lain dari binahong ternyata bagus juga untuk merawat kulit Anda. Mengapa? Ya, manfaat daun binahong untuk wajah bisa mencegah dari penuaan karena daun binahong mengandung anti oksidan yang diperlukan agar kulit Anda tetap sehat dan mencegah penuaan.

Caranya adalah dengan menumbuk sampai halus daun binahong dan sebarkan di wajah Anda. Dengan menggunakan daun binahong, maka ramuan ini akan membantu Anda merawat kulit menjadi lebih sehat dan mencegah penuaan dini.

  1. Menyembuhkan Wasir

Bagi Anda yang menderita wasir, Anda dapat menggunakan daun binahong sebagai salah satu pilihan pengobatan Anda. Anda harus mengambil setidaknya 16 lembar daun binahong dan tambahkan 3 gelas air untuk direbus kemudian tunggu sampai matang.

Kemudian biarkan mendidih hingga tersisa sekitar sepertiganya saja atau sekitar 1 gelas. Anda harus meminumnya setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Cegah dari radikal bebas

Seperti yang sudah diketahui, daun binahong mengandung antioksidan di dalamnya yang berfungsi untuk mencegah dan menyembuhkan tubuh dari radikal bebas. Apa itu radikal bebas? Radikal bebas adalah suatu kondisi ketika tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang sangat terbatas.

Tubuh manusia dirancang untuk hanya menerima senyawa alami. Jadi, jika tubuh menerima senyawa kimia yang melebihi batas, itu akan mengubah sel-sel sehat menjadi buruk. Kemudian, sel-sel jahat itu akan membunuh sel sehat lain dan mengubahnya menjadi sel jahat. Jadi itu sebabnya Anda perlu mengonsumsi makanan pokok alami yang mengandung antioksidan, salah satunya adalah daun binahong.

  1. Sembuhkan penyakit ginjal

Ginjal adalah dua organ kecil yang memiliki tanggung jawab terhadap tubuh. Sebenarnya, setiap organ memiliki tanggung jawab masing-masing, jadi itu sebabnya sangat penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan, termasuk ginjal .

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang memiliki penyakit ginjal, maka Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil 10-15 lembar binahong dan rebus bersama 1 gelas air. Minumlah tiga kali sehari. Tapi, ingat bahwa ramuan ini hanya untuk stimulus. Tetap saja, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

  1. Menyembuhkan patah tulang

Manfaat kesehatan lain dari ramuan yang terbuat dari daun binahong adalah untuk menyembuhkan patah tulang. Daun binahong mengandung banyak mineral di dalamnya yang akan membantu Anda penderita patah tulang untuk menyembuhkan tulang Anda.

  1. Tingkatkan Tekanan Darah

Untuk Anda yang tekanan darahnya dalam kondisi rendah, maka Anda harus meningkatkannya. Mengapa? Karena tekanan darah rendah akan membuat tubuh Anda lemas. Nah, Anda bisa meningkatkannya dengan ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil 8 potong dan rebus bersama 2 gelas air. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari.

  1. Mengobati Pasca Bedah

Daun binahong juga menjadi salah satu ramuan yang direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin pulih dengan cepat setelah menjalani operasi. Setelah operasi, orang cenderung kehilangan banyak darah dan energi, jadi itu sebabnya Anda perlu mengonsumsi sesuatu yang mengandung protein dan mineral di dalamnya.

Daun binahong adalah pilihan yang baik untuk Anda. Rebus 20 lembar daun binahong di dalam 3 gelas air. Anda harus meminumnya setidaknya sekali sehari maka Anda akan cepat pulih.

Sudah tahu bahwa daun binahong mengandung banyak bahan yang baik untuk menjaga kesehatan? Setelah mengetahui manfaat daun binahong, jangan lupa untuk terus mengkonsumsinya secara rutin, ya!

 

Referensi :

Dokter Sehat (2020). 15 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bisa Bikin Mr.P Keras & Tahan Lama!

Veterinary Word (2017). Effects of herbal ointment containing the leaf extracts of Madeira vine (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) for burn wound healing process on albino rats

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *