17 Manfaat Buah Zuriat Untuk Pria, Wanita dan Anak-anak Terlengkap

4 min read

manfaat buah zuriat

Inilah manfaat buah zuriat bagi pria, wanita dan anak-anak mulai dari memperbaiki kualitas sperma hingga menyembuhkan alergi

Sehatkuy.com – Nama buah zuriat mungkin belum terlalu terkenal di Indonesia kecuali bagi ibu-ibu yang masih dalam program kehamilan. Paradigma yang terbentuk adalah buah asli arab Saudi ini hanya berfungsi meningkatkan kesuburan wanita.

Padahal ada segudang manfaat buah zuriat yang bisa dirasakan bagi pria dan wanita yang rutin mengonsumsinya.

Buah dengan bentuk bulat oval sebesar jeruk berwarna kuning hingga kecoklatan ini, memiliki rasa seperti jahe kenyal tapi beraroma kopi. Ada yang mengkonsumsi dengan merebus dan meminum air rebusannya atau dijadikan bahan makanan tambahan.

Di Indonesia sendiri masih susah untuk mendapatkan buah ini. Kebanyakan hanya berupa ekstrak bubuk siap pakai.

Buah zuriat kaya akan komposisi penting untuk kesehatan. Ada berbagai vitamin seperti vitamin B kompleks, lalu karbohidrat, senyawa metabolit Flavonoid, Protein, Fosfor, serat dan Kalsium dengan jumlah yang tepat bagi tubuh manusia.

Makanya banyak pengobatan alternatif yang mulai menggunakan buah ini sebagai bagian pada proses penyembuhan maupun pencegahan penyakit.

Manfaat Buah Zuriat Bagi Pria

Tahukah kalian bahwa buah zuriat memiliki banyak manfaat bagi laki – laki seperti bagus untuk prostat, kulitas sperma hingga mengurangi stress. Berikut manfaat dari buah zuriat bagi pria.

  1. Prostat

Masalah ini terjadi pada sebagian besar pria dewasa di atas 35 tahun. Dimana prostat yang berbentuk bulat dan bertugas menghasilkan air mani membengkak. Akibat penumpukan karsinogen dan sperma.

Penyebabnya diduga salah satunya karena jarang ejakulasi. Buah zuriat berupa ekstrak atau mentah bisa membantu mengobatinya

  1. Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi maupun rendah terjadi akibat tidak lancarnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Kandungan vitamin dan protein baik dalam buah zuriat bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Bahkan, penelitian yang dilakukan menghasilkan bukti bahwa kolaborasi kandungan buah tersebut menciptakan aksi anti tekanan darah tinggi.

  1. Kualitas Sperma

Memperbaiki kualitas sperma biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi bahan makanan mengandung zinc, kalsium dan vitamin lengkap.

Buat zuriat memiliki semua itu dan tentunya bisa membantu Anda memaksimalkan kualitas sperma. Apalagi bagi yang sedang dalam program memiliki keturunan.

Baca juga : 8 Ciri – ciri Sperma Sehat Pada Pria yang Baik Untuk Pembuahan

  1. Diabetes

Penderita diabetes membutuhkan insulin untuk tetap mempertahankan gula darah agar tetap stabil. Selain itu, penderita diabetes juga butuh zat-zat untuk membantu percepatan pembenahan sel rusak agar tidak membuat diabetes menjadi semakin parah.

Dalam buah zuriat ada kandungan lemak baik dan senyawa yang akan membantu penderita diabetes memulihkan kesehatannya.

  1. Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan momok menakutkan bagi pria berumur di atas 40 tahun. Sebab pria biasanya kurang menjaga pola makan. Alhasil, penumpukan lemak dan kolesterol di tubuh tak terkendali.

Dengan senyawa yang ada di dalam buah zuriat bisa mengontrol kolesterol dan pembakar lemak jahat. Buah zuriat juga bisa menjadi terapi mengatasi masalah kolesterol.

  1. Stroke Dan Jantung

Penyakit ini merupakan akibat dari penyumbatan pembuluh darah dan asupan oksigen terbatas pada otak dan jantung.

Ekstrak buah zuriat bisa membantu memaksimalkan oksigen dalam darah plus memperlancar peredaran darah. Sehingga jantung bekerja dengan baik dan otak tak mengalami kekurangan oksigen.

  1. Stress

Penyebab stress sangat banyak dan sebenarnya bisa diatasi dengan berpositif thinking dalam hidup serta mengkonsumsi bahan makanan sehat yang mengandung zat anti stress.

Tapi tak perlu bingung, karena buah zuriat punya semuanya mulai dari lignin, antioksidan, coumarin dan flavonoid yang secara aktif membantu relaksasi pada tubuh dan otak.

Manfaat Buah Zuriat Bagi Wanita

Selain bermanfaat untuk laki laki, buah zuriat juga sangat bermanfaat bagi perempuan. Salah satunya untuk kesuburan. Nah, silahkan disimak manfaat buah zuriat bagi wanita berikut.

  1. Kesuburan

Subur atau tidaknya seorang wanita dipengaruhi banyak hal. Salah satunya produksi hormon seksual.

Kandungan vitamin dan mineral penting pada buah zuriat sangat membantu meningkatkan produksi hormon seksual wanita. Sehingga proses pembentukan sel telur jadi lebih baik dan kemungkinan terjadinya kehamilan lebih tinggi.

Konsumsi secara rutin dalam sebulan pertama akan terlihat khasiatnya. Dimana proses metabolisme seksual jadi lebih baik. Anda bisa melakukan pengecekan ke dokter untuk memastikannya.

Baca juga : 10 Makanan Penyubur Kandungan yang Baik Untuk Rahim Wanita

  1. Kekuatan Rahim

Banyak wanita yang mengalami keguguran akibat lemahnya rahim untuk menopang sel telur yang sudah dibuahi dan akan berkembang menjadi janin. Penyebabnya karena kurang nutrisi pendukung dan kegiatan ekstra yang dilakukan si wanita.

Buah zuriat yang mengandung vitamin B kompleks dan Kalsium bisa membantu penguatan rahim lebih optimal secara alami.

  1. Keputihan

Kandungan vitamin C, fosfor dan serat pada buah zuriat bisa membantu mengatasi masalah keputihan pada wanita. Karena akan meningkatkan daya tahan vagina terhadap bakteri yang berusaha masuk dan menjadi penyebab keputihan.

Cara konsumsinya bisa dengan dimakan mentah atau minum air rebusan buah tersebut. Cukup mudah bukan?

  1. Peredaran Darah

Peredaran darah yang tersumbat bisa diakibatkan senyawa metabolisme yang tak bekerja dengan baik. Jangan khawatir, karena dengan meminum ekstrak buah zuriat dengan teratur bisa memperlancar peredaran darah.

Kandungan vitamin dan mineral dari buah zuriat dipastikan mampu memperlancar peredaran darah. Pastinya sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kesehatan.

  1. Haid Bermasalah

Haid tidak lancar atau selalu merasa nyeri saat haid datang adalah masalah yang sering dikeluhkan wanita. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan mengandung anti nyeri dan relaksasi bagi otot rahim.

Anda bisa mencoba mengonsumsi buah zuriat yang mengandung kalsium dan fosfor untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Baca juga : 9 Cara Menghilangkan Nyeri Haid Pada Hari Pertama Sampai Selesai

  1. Osteoporosis

Dari beragam penelitian, ditemukan bahwa wanita lebih banyak menderita osteoporosis dibanding pria karena kekurangan kalsium pada tulang.

Buah zuriat dengan kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi bisa mejadi solusi untuk mengobati dan menghindari Anda dari penyakit tulang keropos ini.

  1. Awet Muda

Wanita mana yang tak ingin awet muda. Segala cara akan dilakukan untuk mewujudkannya. Kalau mau yang alami, bisa menggunakan buah zuriat secara rutin.

Baik itu memakan buahnya secara langsung tanpa diolah atau mengolahnya bersama menu favorit Anda. Konsumsi secara rutin supaya hasilnya akan terlihat. Muka kalian akan terlihat tanpa keriput untuk waktu lebih lama.

Manfaat dari Buah Zuriat Untuk Anak-anak

Ternyata buah zuriat juga bagus untuk anak-anak. Buah zuriat bagus untuk daya tahan tubuh dan bisa digunakan untuk mengobati alergi. Berikut manfaat dari buah zuriat bagi anak-anak.

  1. Alergi

Anak Anda rentan terkena alergi dan Anda takut memberinya obat sembarangan? Minum saja ekstrak buah zuriat yang mengandung zat anti bakteri alami yang dikenal dengan nama Flavonoid.

Selain itu, buah zurat juga mengandung zat Hydroxycinnamates yang punya fungsi serupa. Jadi tak perlu lagi minum obat berbahan kimia.

  1. Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi dan antioksidan baik.

Jika biasanya jeruk atau mangga merupakan makanan wajib untuk meningkatkan daya tahan. Anda bisa beralih ke buah zuriat yang juga kaya vitamin C dan merupakan buah antioksidan terbaik.

  1. Anti Radang

Anak sangat rentan mengalami luka. Bisa diakibatkan dari jatuh atau tergores benda-benda disekitarnya saat bermain. Jika semua itu terjadi anda tidak perlu khawatir.

Selain memberikan obat luka, dengan mengonsumsi buah zuriat bisa mencegah peradangan dan infeksi pada luka. Sebab kandungan flavonoidnya mampu membuat luka cepat kering.

Walaupun bentuknya kurang menarik. Namun manfaat buah zuriat sangatlah beragam untuk memaksimalkan kesehatan Anda.

Jika untuk menemukan buah aslinya masih sulit, esktraknya pun juga memiliki khasiat sama. Hanya saja harus dikonsumsi sesuai dosis agar efeknya benar-benar dirasakan oleh tubuh untuk jangka panjang.

Sumber :

hellosehat.com

doktersehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *