10 Manfaat Buah Plum Untuk Mengobati Kanker Hingga Rasa Cemas

3 min read

manfaat buah plum

Tahukah bahwa manfaat buah plum ada banyak diantaranya untuk kesehatan tulang, untuk diet, mengatasi rasa cemas hingga mengobati kanker usus

Sehatkuy.com – Tahukah Anda bahwa buah plum kini semakin dicari? Bukan karena dilabeli sebagai buah import saja. Namun, karena khasiat super lengkap dari buah berbentuk apel berwarna ungu dengan daging lebih lunak ini.

Bahkan, kajian medis menyebutkan bahwa manfaat buah plum bisa menggantikan berbagai obat kimia yang selama ini menjadi rujukan penyembuhan berbagai penyakit.

Di daerah asalnya yaitu benua Eropa, buah yang juga dikenal dengan nama Prem ini biasanya menjadi buah pencuci mulut sehabis makan besar. Ada yang mengkonsumsinya langsung, ada juga yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Adapula yang sudah diolah sedemikian rupa dan biasa disebut prone. Saat ini ada tiga jenis buah plum yang unggul dan sudah dijual dipasaran yaitu China, white, dan yellow plum.

10 Manfaat Buah Plum Untuk Anda

Komposisi umum dari buah plum adalah Karbohidrat, Kalium, Fosfor, Vitamin A dan C dan sejumlah antioksidan serta senyawa penting untuk kesehatan. Di Indonesia, buah ini memang masih agak sulit ditemukan.

Biasanya hanya ada di pasar modern dan mall. Tapi masyarakat di daerah seperti Malang sudah mulai membudidayakan buah ini karena memiliki prospek menjadi incaran orang yang ingin sehat dengan buah hebat.

  1. Manfaat Untuk Kesehatan Tulang

Tulang sehat tak bisa didapat begitu saja apalagi jika sudah berumur di atas 40 tahun. Perlu asupan tambahan agar tak berujung pada penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Biasanya hal itu terjadi akibat massa tulang yang berkurang dan ketahanannya yang minim karena pola makan yang tak sehat dan aktivitas berlebihan.

Buah plum yang mengandung asam caffeic bisa membantu meminimalisir kerusakan pada tulang. Kalium serta Polifenol memicu pertumbuhan sel-sel baru yang menunjang pertumbuhan tulang lebih baik.

  1. Manfaat Buah Plum Merah Untuk Diet

Pada buah plum merah segar mengandung karbohidrat sebanyak 11 gram. Sementara pada plum yang sudah dikeringkan karbohidratnya mencapai 63 gram.

Tak salah, jika buah ini dijadikan menu diet bagi yang kelebihan berat badan. Selain itu, kandungan fenolnya juga menjadi pencegah obesitas dengan meminimalisir kolesterol jahat.

Untuk program diet biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus atau buah segar dua kali sehari sebagai pengganti nasi atau roti. Ada juga yang mencampurkannya dalam salad buah dan sayur untuk menjaga ketersediaan serat di dalam tubuh.

Baca juga : 20 Cara Diet Alami Super Cepat Bisa Turun 5kg Dalam 5 Hari

  1. Mengatasi Rasa Cemas

Anda sedang merasakan kecemasan atas suatu kondisi yang sedang terjadi. Jangan panik cobalah tetap tenang dan makan buah plum.

Sebab di dalam buah tersebut ada asam klorogenik yang bersifat antioksidan dapat membantu agar otak lebih relaks. Kinerja jantung juga akan kembali normal. Biasanya kecemasan itu terjadi akibat stres.

Gejala kecemasan biasanya mual, sulit konsentrasi, emosi tinggi hingga susah tidur. Jika kondisi itu sedang Anda rasakan buah plum bisa menjadi solusi jangka pendek dan panjang.

Selain itu, biasanya dipadukan dengan terapi stress, psikoterapi dan obat-obatan penenang sesuai anjuran dokter.

  1. Mengobati Penyakit Paru

Penyakit paru memang butuh pengobatan ekstra apalagi jika sudah cukup parah. Selain obat-obatan dari dokter, pengobatan alami atau herbal juga bisa dilakukan.

Salah satunya dengan makan buah plum yang mengandung polifenol untuk regenerasi paru yang rusak akibat rokok. Antioksidan yang tinggi di dalamnya juga membantu penderita paru memiliki daya tahan lebih baik.

  1. Membuat Lebih Cerdas

Lagi-lagi antioksidan hebat yang ada di dalam buah plum membuat anak menjadi lebih cerdas. Karena fungsi otak menjadi lebih maksimal.

Bagi lansia, konsumsi rutin buah ini baik dalam bentuk segar maupun olahan mampu meminimalisir kepikunan yang berujung pada penyakit Alzheimer. Alasannya karena antioksidannya menangkal radikal bebas pada otak.

  1. Meminimalisir Kanker Usus

Buah plum kering yang mengandung serat pangan tinggi yaitu 7,1 gram, vitamin C dan A yang juga tinggi. Juga ada protein penting 2,18 gram yang penting dalam proses pencernaan tubuh.

Selain itu, bakteri baik yang akan memaksimalkan gerakan peristaltik dan dorongan dalam usus agar bahan makanan diserap tubuh dengan baik. Bakteri tersebut juga banyak terdapat di dalam buah ini.

Tak salah jika dalam metode pengobatan kanker usus sudah dimulai penggunaan buah ini sebagai bagian dari terapi. Sebab, berdasarkan penelitian salah satu universitas ternama di Amerika. Buah plum memang mampu mencegah kanker usus dan mengobatinya.

  1. Obat Flu

Flu merupakan penyakit yang paling banyak diderita manusia. Penyebabnya adalah virus dan bakteri. Jika Anda sedang terkena flu. Selain mengkonsumsi obat, Anda juga bisa memanfaatkan khasiat buah plum.

Buah plum yang mengandung molekul yang hampir sama dengan Lectin tersebut, dapat menjadi obat flu dan mencegah infeksi yang bisa terjadi saat flu melanda. Bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar.

Jus plum setiap pagi atau sebelum tidur juga sangat baik untuk memperbaiki daya tahan tubuh saat pemulihan dari sakit flu. Karena tubuh pastinya cukup lelah melawan bakteri jahat yang datang.

Konsumsilah hingga flu reda jadi perlu lagi obat kimia mahal untuk membuat Anda terbebas dari flu bukan?

  1. Pertajam Mata

Sebagai salah satu organ penting manusia. Kesehatan mata pastinya jadi prioritas. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A adalah solusi terbaik menjaga kondisi mata.

Sebab, Betakaroten pada vitamin A mampu memaksimalkan fungsi saraf mata dan semua organ mata. Buah plum bisa Anda konsumsi sebagai solusi terbaik untuk mata selalu sehat.

Plum kering bisa dijadikan cemilan sehat agar mata tak bermasalah. Selain karena kandungan betakaroten yang lebih banyak.

Anda juga tak perlu susah lagi mengolahnya. Plum yang sudah dikemas di dalam kaleng juga tak masalah selama kandungan plumnya tinggi ketimbang gula dan air.

  1. Minimalisir Gangguan Saraf

Memaksimalkan fungsi otak akan menghindari gangguan saraf dan peradangan. Butuh vitamin K untuk melakukannya.

Di dalam buah plum terdapat kandungan vitamin tersebut yang cukup untuk membuat saraf bekerja dengan baik. Dimana pasokan oksigen menjadi lancar dan aliran darah dari dan menuju otak tak mengalami gangguan.

  1. Kulit Cerah Berseri

Kandungan anti penuaan yang terdapat dalam buah plum bisa menjadi salah satu alasan Anda menjadikannya makanan tambahan setiap hari. Kulit akan terlihat kencang lalu kerutan memudar juga menghilangkan jerawat.

Apalagi ditambah vitamin C dengan komposisi tinggi pada satu buah plum saja akan semakin membuat Anda terlihat cantik maksimal kapanpun dan dimanapun berada.

Jika sulit menemukan buah plum dalam bentuk segar, Anda bisa memilih kosmetik yang menggunakan ekstrak buah tersebut. Terutama untuk pembersih dan masker wajah. Gunakan secara rutin untuk hasil terbaik.

Baca juga : Pembahasan Lengkap Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Medis

Dari sekian banyak manfaat buah plum pada penjelasan di atas, pastinya bisa membuat wawasan Anda terbuka. Bahwa selain buah-buahan yang sudah biasa Anda konsumsi ada buah dahsyat lain yang bisa jadi pilihan menciptakan hidup sehat.

Tapi memang cara konsumsinya harus tepat dan jangan berlebihan. Karena semua yang dikonsumsi secara berlebihan tak akan baik dampaknya. Selamat mencoba.

Sumber :

https://ilmudasar.id/asal-usul-buah-plum/

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4459456/16-manfaat-buah-plum-untuk-kesehatan-tubuh

https://www.honestdocs.id/20-manfaat-buah-plum-untuk-diet-dan-kesehatan-tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *