Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

10 Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

4 min read

manfaat buah naga

Berikut manfaat buah naga untuk kesehatan seperti mencegah kanker, menurunkan resiko penyakit jantung hingga menghilangkan jerawat di muka

Sehatkuy.com – Buah naga banyak dikenal lantaran penampilannya yang nyentrik dengan warna buah yang terang dengan isian biji berwarna hitam. Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini kini telah menjadi buah favorit yang banyak dicari di Indonesia. Di balik penampakannya yang unik dengan rasa buah yang manis menyegarkan, manfaat buah naga juga banyak jumlahnya. Apa saja?

Manfaat Buah Naga Merah dan Ungu

Di antara berbagai jenis buah naga yang ada di pasaran, jenis yang paling terkenal di Indonesia adalah buah naga merah dan ungu. Bukan berarti buah ini benar-benar berwarna ungu, namun penampakannya lebih pekat dibanding buah naga merah sehingga berwarna nyaris keunguan. Kedua jenis naga ini memang tampak lebih nyentrik dengan rasa yang lebih manis dibanding jenis naga lainnya.

Lalu, apa saja manfaat buah naga merah dan ungu yang populer ini?

  1. Membantu menurunkan berat badan

Buah naga merupakan salah satu asupan makanan yang baik dikonsumsi ketika Anda tengah dalam program penurunan berat badan. Komposisi utama dalam 100 gram buah naga mengandung 1,1 gr protein, 0,4 gr lemak, 14 gr karbo sederhana, 3 gr serat, dan nutrisi lain yang menyehatkan. Kandungan dan tekstur buahnya yang padat bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah  ini juga memiliki kadar oligosakarida yang cukup tinggi untuk membantu pertumbuhan bakteri baik usus, seperti bifidobacteria dan lactobacilli. Bahkan, menurut sebuah penelitian asal Thailand menunjukkan bahwa buah naga memiliki prebiotik alami yang berguna dalam meningkatkan kesehatan usus. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar  dan diet Anda akan lebih mudah dilakukan.

  1. Menurunkan resiko kanker prostat

Buah naga, baik merah, kuning, putih, maupun ungu memiliki senyawa antioksidan yang tingggi. Senyawa ini sangat penting untuk membantu sistem pertahanan tubuh dalam melawan radikal bebas. Ada pula kandungan mineral lain seperti vitamin C dan karoten yang mempengaruhi kualitas antikarsinogen guna menekan pertumbuhan tumor dalam tubuh.

Selain itu, batalain alias pigmen merah pada naga merah dan ungu berisikan banyak kandungan likopen. Zat ini kaya akan antioksidan yang disinyalir dapat mencegah terjadinya kanker prostat. Sebuah penelitian yang diunggah oleh Pacific Journal of Cancer Prevention di 2011 silam menemukan bahwa konsumsi likopen kurang dari 2,498 mcg per hari dapat meningkatkan resiko kanker prostat.

  1. Membantu menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung

Kebanyakan masalah kesehatan belakangan ini berfokus pada tingginya kadar kolesterol dalam gula darah. Buah naga diketahui memiliki kandungan vitamin B3 dalam jumlah yang cukup untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Karenanya, makan buah naga secara teratur setiap hari bagus untuk mencegah terjadinya stroke ataupun penyakit jantung koroner.

Dalam sebuah studi dilansir dalam jurnal Pharmacognosy Research pada tahun 2010 lalu, ditemukan bahwa buah naga alias pitaya memiliki peranan dalam menurunkan resiko penyakit jantung serta tekanan darah tinggi. Buah ini juga kaya akan lemak jenuh tunggal yang membantu menjaga kesehatan dan kinerja hati.

  1. Mencegah diabetes

Penderita diabetes seringkali merasa tersiksa karena tak diperbolehkan mengonsumsi gula. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan memakan buah pitaya yang kaya akan serat baik. Jumlah serat yang tinggi di dalamnya cukup untuk membantu tubuh menghambat lonjakan gula karena konsumsi makanan tinggi glikemik.

Sebuah peenelitian dari Pharmagcognosy  Research menyebutkan bahwa buah naga mempunyai efek memperbaiki stres oksidatif dan kekakuan aorta pada tikus diabetes yang dijadikan uji coba. Studi lain di tahun 2017 juga menemukan bahwa gejala prediabetes mengalami penurunan pada orang yang rutin mengonsumsi buah naga dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

  1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Layaknya buah-buahan lain yang kaya vitamin dan mineral, buah naga juga mengandung hampir semua mineral yang dibutuhkan tubuh. Kadar vitamin C yang tinggi dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan mengaktifkan antioksisdan lainnya. Buah pitaya juga diperkaya dengan kandungan mineral, fitoalbumin, vitamin B1, B2, B3, zat besi, kalsium, fosfor, dll untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Membantu meredakan batuk dan asma

Gangguan pernapasan seperti batuk dan asma bisa ditangani dengan mengonsumsi buah naga. Mengingat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah naga akan membantu melawan infeksi yang terjadi selama terserang bakteri. Vitamin B3 yang ada di dalamnya juga berkontribusi untuk membantu meredakan asma.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi buah naga tidak bisa menggantikan peranan obat. Jika terserang batuk dan asma, Anda harus tetap berobat dengan pengobatan yang tepat. Kehadiran buah naga ini hanya sebagai stimulus agar kinerja sistem imun terbantu. Jadi, Anda harus tetap mengonsumsi obat agar lekas sembuh ya. Akan lebih bagus jika menambahkan pitaya ke menu harian sebagai boosternya.

  1. Nutrisi yang baik bagi kehamilan

Buah naga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan janin pada ibu hamil. Bahkan, konsumsi buah naga banyak dianjurkan lantaran berbagai nutrisi baik di dalamnya, seperti vitamin C, tiamin, riboflavin, protein, antioksidan, karbohidrat, serat, hingga zat besi. Terpenuhinya zat besi selama kehamilan telah terbukti mampu menekan angka bayi lahir prematur.

  1. Membantu mengurangi tanda penuaan

Seiring usia yang kian bertambah, berbagai tanda penuaan kian bermunculan. Anda bisa menyiasatinya dengan rutin menambahkan buah naga ke dalam menu harian. Antioksidannya yang tinggi bisa membantu Anda menjaga keelastisitasan kulit. Selain itu, kandungan vitamin C, fosfor, dan fosfolipid memegang kunci utama dalam regenerasi membran sel agar dapat memperlambat penuaan.

  1. Membantu meningkatkan kecerdasan otak

Tak banyak yang tahu jika kandungan nutrisi dalam buah naga bisa membantu Anda menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak. Bukan berarti, Anda bisa mendadak pintar dengan hanya memakannya begitu saja. Anda tetap harus belajar. Namun, nutrisi berupa tiamin yang terkandung dalam pitaya memang disinyalir berguna dalam membantu perkembangan otak, terutama pada janin.

  1. Membantu menghempaskan jerawat

Selain dikonsumsi dengan memakannya secara langsung, Anda bisa memanfaatkan buah naga dengan cara lain. Ya, dengan menyulapnya menjadi masker. Masker naga dikenal ampuh untuk menghempaskan jerawat yang timbul terutama di masa awal pubertas hingga usia 30-an.

Untuk menyulapnya menjadi masker, haluskan seperempat daging buah naga menggunakan garpu. Lulurkan adonan masker ini pada wajah dengan menggunakan bola kapas. Atau, jika ingin mengaplikasikan dengan tangan, pastikan keduanya telah bersih dari bakteri. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilaslah muka dengan air hangat. Lakukan secara rutin minimal 2 kali seminggu.

Karena manfaat buah naga yang beragam untuk kesehatan dan kecantikan, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk meulai mengonsumsinya secara rutin. Selain memakan dalam bentuk utuh secara langsung, Anda bisa menjadikannya sebagai jus, mengolah menjadi smoothie, atau menyajikannya dengan cara lain.

Namun, jangan mengonsumsi secara berlebihan ya. Karena, semua yang berlebihan itu tidak baik.

 

Referensi:

 

Baby Center (2016). Thiamine in Your Pregnancy Diet.

Benefits of Dragon fruit: 6 Health Reasons to Eat More of the Exotic Fruit http://www.medicaldaily.com/benefits-dragon-fruit-6-health-reasons-eat-more-exotic-fruit-341194.

Goldman, D. The Bump. Eating Carbs During Pregnancy.

Kashtan, P. The Bump. Why Fiber Is Important During Pregnancy.

National Cancer Institute (2017). U.S. Department of Health and Human Services. Prostate Cancer,

Nutrition, and Dietary Supplements (PDQ®)–Health Professional Version.

Pagano, T. WebMD (2016). Are You Getting Enough Iron?

Plackett, B. Health (2012). 23 Healthiest Superfruits You Need Now.

Spritzler, F. Healthline (2016). What Is Dragon Fruit And Does It Have Health Benefit.

Spritzler, F. Healtline (2016). What Is Dragon Fruit and Does It Have Health Benefits?

United States Department of Agriculture USDA (2018). Full Report: Dragon Fruit.

WebMD.com (2017). Healthy Eating Guide.

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *