Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

16 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan dan Kecantikan Supaya Awet Muda

3 min read

manfaat buah bit

Ada banyak manfaat buah bit yang kalian dapatkan baik untuk kesehatan maupun kecantikan, seperti menjaga daya tahan tubuh, membunuh sel kanker dan tumor hingga mencegah rambut rontok serta memutihkan kulit

Sehatkuy.com – Belakangan ini buah bit semakin jadi primadona. Bukan saja karena rasanya yang manis dan bisa dijadikan campuran makanan dan minuman. Tapi karena segudang manfaat buah bit yang terbukti luar biasa. Baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan. Alhasil dari toko buah skala kecil hingga mall menyediakan buah asli Amerika itu.

Di awal kepopulerannya buah bit hanya dimanfaatkan bagian akar dan dagingnya saja. Tapi setelah dilakukan berbagai penelitian Akhirnya ditemukan kalau semua bagian dari buah ini punya manfaat masing-masing bagi manusia. Asalkan dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan dalam jangka waktu yang dianjurkan oleh ahli kesehatan.

16 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Banyak manfaat dari buah sejenis umbi – umbian ini, baik untuk kesehatan tubuh secara umum, pengobatan berbagai penyakit serta kecantikan. Alasannya karena kandungan lengkap mulai dari Asam Folat, Kalium, Serat dan berbagai macam vitamin. Zat pencegah penyakit berbahaya seperti Caumarin dan Betasianin juga ada di dalamnya.

Berikut informasi mengenai manfaat buat bit untuk kesehatan maupun kecantikan.

  1. Daya Tahan Tubuh

Memiliki daya tahan tubuh yang baik akan berdampak pada sulitnya virus atau bakteri menyerang dalam bentuk penyakit apapun. Antioksidan merupakan senyawa yang berperan meningkatkan daya tahan tersebut. Di dalam satu buah bit mengandung antioksidan yang sangat cukup untuk tubuh Anda. Konsumsi secara rutin dan rasakan efeknya.

  1. Pencernaan Lancar

Masalah pencernaan adalah keluhan paling banyak dirasakan oleh semua orang. Terutama bagi orang yang mempunyai pola makan dan pola hidup tidak sehat. Sejumlah 13,6 persen serat yang terkandung dalam buah bit, mampu memperlancar pencernaan sehingga proses metabolisme tubuh jadi lebih optimal. Minum jus bit plus madu dipagi hari agar perut tak begah dan siap menjalani hari tanpa keluhan.

  1. Hipertensi

Fitokimia atau senyawa alami yang dihasilkan oleh berbagai jenis flora memiliki peran penting bagi kesehatan manusia. Pada buah bit, nitrat adalah fitokimia paling utama dimana sangat berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Tak salah jika penderita tekanan darah tinggi dianjurkan untuk rutin meminum jus buah ini.

  1. Diabetes

Asam alpha-lipoic dalam buah bit mampu meregenerasi kulit dan sel saraf yang rusak. Selain itu juga berperan untuk mengatur kadar gula dalam darah. Cara mengkonsumsinya dengan membuatnya menjadi campuran salad. Cukup dikonsumsi dengan jumlah tepat. Buah bit dapat membantu mengatasi diabetes dan meminimalisir resiko terkena penyakit tersebut.

  1. Fungsi Ginjal Dan Hati

Ginjal dan hati merupakan organ penangkal racun yang masuk ke tubuh. Jika fungsinya terganggu otomatis kondisi tubuh ikut terganggu. Dengan kandungan detoks alaminya, buah bit mampu mendongkrak kinerja kedua organ tersebut. Caranya dengan membuat jus dari buah bit yang dicampur wortel dan timun. Campuran ini berguna untuk membuang endapan racun pada ginjal dan hati.

  1. Manfaat Buah Bit Untuk Kanker

Kandungan Betasianin plus antioksidan dari fitokimia utama dalam buah bit, terbukti mampu mencegah sel kanker berkembang biak dalam tubuh manusia. Cara mengkonsumsinya bisa dengan meminum ekstrak buah bit secara rutin.

  1. Membunuh Sel Tumor

Hampir sama dengan manfaat untuk mencegah sel kanker. Buah bit dengan kandungan Coumarin tinggi juga bisa membantu membunuh sel tumor dengan cepat. Coumarin ini dapat diambil dari minyak atsiri buah bit yang kemudian di konsumsi secara bertahap dengan dosis yang tepat. Khasiatnya ada yang merasakan hanya dalam hitungan hari.

  1. Mencegah Anemia

10 persen vitamin C dan 7,4 persen zat besi di dalam buah bit mampu menjadi obat bagi penderita anemia. Karena akan membantu tubuh menghasilkan sel darah merah lebih banyak dan mengedarkan oksigen ke seluruh pembuluh darah. Kondisi ini akan cepat menyembuhkan anemia bahkan pada kondisi parah sekalipun.

  1. Obat Peningkat Stamina Di Ranjang

Buah bit memiliki komposisi Boron yang cukup banyak. Zat ini merupakan zat penting untuk meningkatkan produksi hormon seksual pada wanita dan pria. Dampaknya bagi pria, ereksi lebih lama dan maksimal. Sedangkan bagi wanita gairahnya melambung tinggi, sehingga bisa orgasme berkali-kali.

Baca juga : 7 Cara Alami Memperbesar Penis Dijamin Permanen Cuma 30 Menit

  1. Anti Katarak

Ternyata buah bit juga mengandung betakarotan dan Vitamin A yang merupakan zat pencegah terjadinya katarak. Selama ini buah rimbang dan jus tomat berada di urutan teratas untuk mengatasi katarak. Sekarang buah bit mampu menggeser posisi tersebut karena kandungannya yang lebih banyak.

  1. Obat Jerawat

Untuk mengobati jerawat yang paling penting adalah kandungan antioksidan yang mampu mengangkat sel mati. Serta, zat anti inflamasi atau peradangan agar jerawat tidak betah hidup di wajah Anda. Buah bit punya semua itu. Anda cukup mengupas buah bit lalu blender hingga lumat. Saring dan gunakan air saringannya sebagai masker yang dipakai 10 menit sehari.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami Cuma 1 Hari

  1. Rambut Rontok

Karotenoid merupakan zat yang membantu agar rambut tumbuh subur dan meminimalisir kerontokan. Buah bit juga menganding zat tersebut. Untuk mengaplikasikannya pada rambut, Anda bisa menjadikan air rebusan buah tersebut saat keramas. Menggunakan jus buah bit sebagai masker rambut atau langsung minum jus buah bit juga akan memberikan manfaat yang sama.

  1. Awet Muda

Antioksidan memang membantu meregenerasi sel pada tubuh agar tumbuh lebih cepat dan dalam jumlah banyak. Kondisi ini membantu mengurangi keriput pada wajah dan bagian tubuh lain. Sehingga Anda akan terlihat jauh lebih muda. Membuat jus buah bit atau memasukkan beberapa iris bit pada salad juga bisa jadi solusi awet muda yang tepat.

  1. Bibir Merah

Pigmen merah alami pada buat bit membantu Anda yang punya bibir gelap menjadi kemerahan. Caranya cukup mengoleskan ampas jus buah bit ke area bibir. Diamkan beberapa menit lalu bilas. Dalam seminggu Anda akan melihat hasil luar biasa, dimana bibir akan menjadi lebih merah alami tanpa harus menggunakan lipstick lagi.

  1. Mencegah Ketombe

Mengangkat sel mati merupakan keahlian sejumlah zat yang ada dalam buah bit. Termasuk ketombe yang merupakan sel mati pada kulit kepala bercampur kotoran yang mengendap. Cara pengaplikasiannya adalah menjadikan jus buah bit sebagai masker rambut. Oleskan pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan 10 menit dan pastinya ketombe akan berangsur hilang.

  1. Kulit Kinclong

Kalau biasanya bengkuang atau air rendaman beras menjadi cara wanita membuat kulit lebih putih dan cerah. Buah bit ternyata juga bisa melakukan hal serupa. Bahkan lebih cepat dari bahan lainnya. Karena mengandung vitamin C, vitamin A dan antioksidan. Cukup menggunakan ampas jus buah bit sebagai masker wajah untuk hasil terbaik.

Kebanyakan orang mengkonsumsi buah bit dengan cara memakan mentah atau dijadikan jus untuk mendapatkan manfaat buah bit. Tapi ada juga yang menjadikannya sayuran atau campuran pada berbagai makanan.

Sejatinya bagaimanapun cara menggunakannya, yang terpenting kandungan buah tersebut masuk ke dalam tubuh untuk diserap khasiatnya. Sudahkan Anda makan buah bit hari ini?

Sumber :

alodokter.com

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4584446/9-manfaat-buah-bit-bagi-kesehatan

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *