Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

15 Manfaat Bawang Putih Bisa Untuk Obati Tumor Otak

3 min read

manfaat bawang putih

Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan seperti antibiotik alami, mencegah penyakit alzheimer, meningkatkan kekebalan tubuh, anti inflamasi, menyembuhkan luka pada kulit hingga tumor otak

Sehatkuy.com – Manfaat bawang putih sangat banyak sekali dan mengonsumsi bawang putih bagus untuk kesehatan. Sayuran kecil ini memberi Anda allicin, senyawa kimia berminyak yang ditemukan dalam bawang putih yang memberi banyak manfaat kesehatan.

Bawang putih, percaya atau tidak, adalah obat sehat yang diresepkan untuk mengobati berbagai penyakit kesehatan, termasuk, kanker perut, usus besar, dan pankreas, di antara kanker kolorektal lainnya. Penasaran apa sajakah manfaat dari bawang putih?

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih

  1. Bertindak sebagai antibiotik alami

Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang signifikan membantu melindungi terhadap infeksi tertentu. Bawang putih juga sangat penting untuk membentuk kekebalan pada tubuh agar. Ya, bawang putih dapat menawarkan perlindungan sebagai suplemen.

  1. Membantu Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah bentuk demensia yang bekerja pada berbagai fungsi otak dan kehidupan sehari-hari. Memori, fungsi kognitif, dan kejernihan mental adalah beberapa aspek dari fungsi otak yang secara langsung dan negatif dipengaruhi oleh penyakit Alzheimer.

Bawang putih telah terbukti mengandung beberapa antioksidan dan fitonutrien yang diperlukan yang melindungi otak dari risiko jenis stres oksidatif tertentu yang dapat menyebabkan gejala penyakit Alzheimer yang memburuk.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makan bawang putih mentah telah terbukti memiliki sifat penunjang kekebalan tubuh. Bawang putih merupakan ancaman ganda dari berkembangnya antimikroba, antijamur, dan antibakteri. Bawang putih dikenal karena kadar antioksidannya yang tinggi.

Bawang putih juga kaya akan alliin, allyl cysteine, allyl disulfide, dan allicin. Tingkat antioksidan ini membantu melindungi sel Anda, menjaga Anda tetap sehat dan kuat.

Meskipun Anda mungkin pernah mendengar bahwa bawang putih membantu mencegah flu biasa, penelitian menunjukkan manfaatnya bahwa bawang putih bahkan bisa tahan terhadap virus flu dan flu burung.

  1. Sifat Anti-inflamasi

Peradangan adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan hampir setiap penyakit dalam tubuh. Peradangan dapat bersifat akut atau kronis, oleh sebab itu merawat peradangan dalam tubuh sangat penting untuk kesehatan dan vitalitas manusia.

Untuk mencegah peradangan dalam tubuh bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat inflamasi atau antiinflamasi. Makanan olahan yang tinggi gula, zat tambahan, pengawet, dan bahan-bahan buatan menyebabkan lebih banyak peradangan, sementara makanan rendah gula, antioksidan dan fitonutrien tinggi memiliki anti-inflamasi yang bagus untuk tubuh.

Bawang putih adalah salah satu makanan anti-inflamasi ini. Dengan senyawa sulfur tingkat tinggi, khususnya thiacremonone, bawang putih membantu mengatur respons peradangan dalam sel manusia.

  1. Menyembuh kulit yang luka

Bawang putih  bisa menyembuhkan kulit yang terinfeksi jamur dan mengobati penyakit kulit seperti eksim. Bawang putih juga merupakan obat yang efektif untuk infeksi jamur seperti kurap.

Selain itu mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke kulit kepala Anda atau memijatnya dengan minyak yang mengandung bawang putih diketahui dapat mencegah rambut rontoh dan bahkan mengembalikan rambut yang rontok.

  1. Mengobati jerawat

Bawang putih mungkin bukan bahan utama dalam obat jerawat yang sering dijual-jual di toko kosmetik, tetapi bawang putih dapat membantu menghilangkan noda yang tidak sedap dipandang.

Antioksidannya membunuh bakteri, jadi cobalah mengoleskan satu siung bawang putih yang diiris pada jerawat di wajah Anda. Ya, karena sifatnya yang anti bakteri, bawang putih dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat jerawat.

  1. Mengusir nyamuk

Nyamuk adalah hewan yang tidak menyukai bawang putih. Jika Anda ingin nyamuk hilang dari sekitar Anda maka cobalah untuk menggosok ramuan khusus yang terbuat dari bawang ke tangan dan kaki Anda agar Anda tidak terganggu dengan nyamuk. Ramuan khusus itu bisa Anda buat dari larutan minyak bawang putih, petroleum jelly, dan lilin lebah.

  1. Melindungi tanaman

Sama halnya nyamuk, hama kebun juga tidak suka bawang putih, jadi buatlah pestisida alami menggunakan minyak esensial bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun cair. Tuang ke dalam botol semprot dan siramkan ke semua tanaman Anda untuk menghindari hama-hama yang merusak tanaman Anda.

  1. Mencegah Diabetes

Para peneliti telah menemukan bahwa menkonsumsi 2-3 umbi bawang putih secara teratur membantu menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah. Kehadiran allicin ketika dikombinasikan dengan Vitamin B dan Tiamin memicu pankreas untuk menghasilkan insulin dalam tubuh yang pada gilirannya, membantu tubuh untuk melawan diabetes secara efektif.

  1. Hipertensi

Manfaat bawang putih tunggal juga bisa mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik. Hidrogen Sulfida yang ditemukan dalam bawang putih mengendurkan otot dan membatasi tekanan darah dalam kisaran yang sehat sehingga sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki penyakit Hipertensi (HBP).

  1. Perawatan Kanker

Bawang putih paling baik digunakan sebagai obat untuk pengobatan kanker. Bawang putih menghentikan multiplikasi sel kanker dan mengurangi kemungkinan kanker berkembang. Bawang putih juga berguna dalam menyembuhkan kanker pankreas, usus besar, prostat, paru-paru dan lambung. Hanya 3 sampai 4 siung bawang putih sehari, jika dikonsumsi secara teratur, dapat membantu melawan penyakit paru-paru dan kanker.

  1. Mengobati gangguan pernafasan

Bawang putih juga menyembuhkan batuk pilek dan flu dengan mudah. Konsumsi rutin bawang putih di musim hujan juga mengurangi kemungkinan pembentukan lendir dan peradangan di sekitar tenggorokan. Selain itu bawang putih juga merupakan obat yang baik untuk orang yang menderita gangguan pernapasan seperti asma dan bronkitis.

  1. Tumor otak

Bawang putih memiliki manfaat dalam meremajakan otak dan membantu menyembuhkan tumor otak. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan belerang dalam bawang putih mampu memerangi glioblastoma yang merupakan sejenis tumor otak.

  1. Gangguan pencernaan

Bawang putih membantu mengurangi gangguan pencernaan seperti refluks asam dan gangguan pencernaan tetapi hanya sebagai obat pencegahan. Jika Anda menderita gangguan pencernaan kronis, gastritis, dan mulas, maka tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih.

  1. Detoksifikasi

Detoksikasi adalah fungsi alami tubuh manusia ketika dalam keadaan sehat. Hati dianggap organ detoksifikasi utama. Ada dua fase utama detoksifikasi hati, pada fase satu, hati mendukung garis pertahanan pertama melawan toksisitas. Pada fase ini, hati memecah racun melalui oksidasi.

Pada fase dua, toksin hati yang telah diubah pada fase satu sekarang dapat dikaitkan dengan molekul yang memungkinkan ekskres. Proses ini bergantung pada nutrisi, fitonutrien, antioksidan, dan protein yang memadai.

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mengandung beberapa asam amino spesifik dan antioksidan yang mungkin membantu dalam proses detoksifikasi fase dua, menjadikan bawang putih sebagai tambahan yang bagus untuk untuk detoksifikasi dan pembersihan yang optimal.

Kualitas gizi bawang putih menjadikannya makanan yang memiliki efek positif pada kesehatan secara keseluruhan. Manfaat bawang putih dikonfirmasi oleh banyak penelitian dan menunjukkan efek yang bagus untuk melawan penyakit degeneratif, membangun sistem pertahanan yang kuat dan sehat, dan masih banyak lagi.

 

Referensi :

NHS Choice UK (2015). Live Well. Is garlic an everyday superfood?

Leech,J. Healthline (2017). 11 Proven Health Benefits of Garlic.

Griffin, R. & Kiefer, D. WebMD (2010). Natural Cold and Flu Remedies.

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *