Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

10 Makanan Penyubur Kandungan yang Baik Untuk Rahim Wanita

3 min read

makanan penyubur kandungan

Makanan penyubur kandungan yang baik adalah jeruk, beri, alpukat, pisang hingga sayuran hijau

Sehatkuy.com – Setiap wanita memerlukan penyubur kandungan agar nutrisi beserta gizi janin terpenuhi. Hal tersebut penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik serta otak janin.

Selain janin, asupan nutrisi dari zat-zat yang menyuburkan kandungan juga akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan ibu hamil.

Wanita yang sedang mengalami masa kehamilan akan mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan terjadinya reaksi fisik. Setiap wanita memiliki reaksi kehamilan berbeda-beda, tergantung pada tingkat imunitas dan kondisi psikisnya.

Mereka membutuhkan asupan sayur dan buah penyubur kandungan agar kondisi janin tetap sehat saat fisiknya sedang bereaksi.

Kandungan Nutrisi dan Vitamin Penting Untuk Masa Kehamilan

Selain melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan. Ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan penyubur kandungan.

Makanan tersebut tidak boleh sembarangan, harus mengandung beragam zat yang baik untuk tumbuh kembang si janin. Ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung beberapa nutrisi dan vitamin seperti di bawah ini.

  1. Lemak

Setiap orang membutuhkan zat lemak di tubuhnya agar bisa diubah menjadi energi untuk bergerak dan beraktivitas, termasuk ibu hamil. Pada setiap trimester kehamilan, lemak akan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan mata janin.

Selama 9 bulan penuh, asupan lemak juga diperlukan sebagai peningkat volume darah, otot rahim, jaringan payudara dan memelihara cairan ketuban serta plasenta.

Asupan lemak per hari yang dibutuhkan ibu hamil yakni sekitar 80 gram. Tetapi bisa bertambah sesuai dengan kenaikan berat badan selama masa kehamilan dengan rentang 9 bulan.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat yang penting untuk menyuplai energi pada tubuh ibu hamil. Kandungan fitonutriennya bisa menjadi antioksidan agar terhindar dari radikal bebas dan kebutuhan glukosa terpenuhi melalui zat ini.

Karbohidrat bisa menjadi asupan yang tepat untuk tumbuh kembang janin saat berada di dalam kandungan.

  1. Protein

Selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan zat yang bisa meningkatkan suplai darah. Karena kebutuhan tersebut akan meningkat dua kali lipat.

Zat yang berfungsi menyuplai darah serta mendukung perkembangan otak janin adalah protein. Zat ini juga menjadi nutrisi sangat penting untuk memperbaiki sel dan jaringan pada organ tubuh ibu hamil yang rusak.

  1. Zat Besi

Selain protein, zat besi juga berfungsi menambah suplai darah karena perannya sebagai pembuat sel darah merah.

Zat ini juga penting untuk meningkatkan perkembangan otak, penyuplai darah, dan oksigen untuk janin. Bayi yang asupan zat besinya terpenuhi bisa terhindar dari kelahiran yang prematur serta kelainan BBLR.

  1. Vitamin D dan C

Ibu hamil memerlukan asupan vitamin C dan D yang penting untuk membantu proses penyerapan zat besi.

Vitamin D juga berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik janin berupa tulang dan gigi. Sementara vitamin C bisa menjaga sel darah merah dan pembuluh darah dalam kondisi yang tetap sehat.

  1. Kalsium

Setiap wanita tentu tidak menginginkan jika bayi yang lahir memiliki kelainan pertumbuhan fisik, alias cebol. Kalsium menjadi nutrisi yang penting untuk pertumbuhan tulang janin sejak di dalam kandungan dan saat masa kelahiran.

Asupan kalsium bisa menjaga ibu hamil dan bayi di kemudian hari agar terhindar dari bahaya kelainan tulang, seperti osteoporosis.

  1. Zink atau Seng

Zink menjadi zat gizi yang penting bagi ibu hamil dalam mendukung proses perkembangan otak janin.

Selain itu, zat seng juga bisa memperbaiki serta menumbuhkan sel-sel baru pada organ tubuh. Ibu hamil membutuhkan asupan seng sesuai dengan pertambahan masa kehamilan.

Makanan Penyubur Kandungan yang Baik Bagi Ibu Hamil

Asupan gizi, nutrisi, dan vitamin yang penting untuk kandungan di atas bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Bisa berupa sayur, buah-buahan, ataupun suplemen khusus untuk ibu hamil seperti madu penyubur kandungan. Berikut beberapa jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan penting untuk ibu hamil.

Buah yang Memiliki Nutrisi dan Vitamin Penyubur Kandungan

  1. Buah Jeruk

Aneka jeruk memiliki beragam kandungan nutrisi yang penting untuk masa kehamilan ibu dan janinnya. Di dalam satu buah jeruk terdapat beberapa zat, antara lain Vitamin B, Kalium, Kalsium, dan volat.

  1. Beri

Buah beri mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Serta memenuhi kebutuhan fitronutrien sebagai antiperadangan untuk kehamilan.

  1. Alpukat

Buah berdaging lembut ini memiliki kandungan penting bagi ibu hamil dan janinnya. Zat nutrisinya terbilang cukup lengkap, antara lain Kalium, witamin E, vitamin K untuk keseimbangan hormon, dan asam folat.

  1. Buah Zuriat

Buah ini memiliki senyawa penting yang dapat menghindarkan ibu hamil dari stress, sehingga tidak mengancam kesehatan ibu dan janin. Zuriat juga dikenal sebagai penyuplai oksigen cukup tinggi.

Baca juga : 17 Manfaat Buah Zuriat Untuk Pria, Wanita dan Anak-anak Terlengkap

  1. Buah Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 yang berfungsi menyeimbangkan hormon estrogen serta progesterone pada wanita. Kandungan lainnya yakni vitamin A, vitamin C dan serat yang seluruhnya dibutuhkan oleh ibu hamil selama 9 bulan penuh untuk penyubur kandungan.

Sayuran yang Memiliki Vitamin Baik untuk Kandungan

  1. Walnut

Kacang kenari atau walnut ini mengandung serat yang tinggi dan penting untuk kesehatan ibu hamil serta perkembangan janin.

Di dalamnya juga mengandung magnesium serta omega 3 yang dapat memaksimalkan suplai darah di dalam rahim, serta mendukung kesuburan kandungan.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Di dalamnya terdapat beberapa zat, antara lain seperti volat, vitamin A, vitamin B, vitamin E, kalsium dan zat besi.

Baca juga : 14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Zat nutrisi tersebut bisa Anda temukan di beberapa jenis sayuran, seperti sawi hijau, brokoli, kangkung, dan bayam.

Inilah Cara Menyuburkan Kandungan di Masa Kehamilan

Selain mengkonsumsi beberapa makanan penyubur kandungan di atas. Ibu hamil juga perlu memenuhi asupan lain, yakni dengan mengkonsumsi beberapa hal di bawah ini.

  1. Madu

Madu memiliki banyak manfaat ajaib yang berfungsi menjaga ibu hamil agar tetap sehat dan staminanya terjaga.

Madu bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi luka, flu, hingga gangguan pencernaan, terutama bagi ibu hamil. Madu penyubur kandungan memiliki zat berupa vitamin, lipid, zat besi, dan kalsium yang dapat.

  1. Susu

Ibu hamil juga perlu memberikan asupan minuman untuk menjaga kandungannya agar tetap subur.

Susu penyubur kandungan menjadi andalan para ibu hamil, karena di dalamnya terdapat kalsium, zat besi, karbohidrat, lemat, dan zat lainnya secara lengkap. Berfungsi menyuplai gizi untuk tumbuh kembang janin, dan kesehatan ibu hamil.

  1. Jamu

Konsumsi jamu penyubur kandungan juga diperlukan ketika seorang wanita memiliki masalah, seperti sulit untuk hamil. Jamu tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami juga dapat mengatasi nafsu makan turun pada ibu hamil agar kesehatannya terjaga.

Sumber :

https://www.alodokter.com/kebutuhan-nutrisi-gizi-ibu-hamil-yang-harus-dipenuhi

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *