Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

9 Pilihan Makanan Penguat Kandungan Untuk Ibu Hamil

3 min read

makanan penguat kandungan

Berikut macam – macam makanan penguat kandungan yang bisa dicoba seperti bayam, minum susu, ubi jalar, gandum, alpukat, kacang hingga buah buahan dan makanan berprotein lainnya

Sehatkuy.com – Apakah Anda tahu bahwa pola makan Anda dapat menentukan seberapa sehat bayi Anda nantinya? Karena makanan yang Anda makan tidak hanya bertindak sebagai bahan bakar untuk tubuh Anda, tetapi juga memastikan kehamilan dan penguat kandungan Anda. Makanan penguat kandungan ini sangat bagus untuk Anda konsumsi selama masa kehamilan.

Faktanya, makanan apa yang Anda konsumsi selama kehamilan juga dapat menentukan seberapa sehat dan kuat jantung bayi Anda nantinya. Apa sajakah makanan yang bagus untuk menguatkan janin yang berada dalam perut Anda?

Makanan yang Menguatkan Kandungan Ibu Hamil

Nutrisi bayi Anda yang sedang tumbuh terhubung dengan nutrisi Anda. Oleh sebab itu apa pun yang Anda makan itu mempengaruhi bayi Anda juga. Ada beberapa makanan yang terbukti bermanfaat bagi perkembangan jantung bayi Anda dan tidak

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda hindari karena bisa melemahkan jantung bayi Anda dalam kandungan :

  • Awasi asupan natrium Anda dan pastikan di bawah 3000 mg per hari.
  • Pastikan asupan kolesterol Anda tidak lebih dari 300 mg setiap hari.
  • Jangan menambahkan lebih dari 30 persen lemak dalam pola makan harian Anda.
  • Hindari monosodium glutamat atau MSG karena dapat menyebabkan masalah perkembangan janin.
  • Batasi asupan kafein Anda.

Lalu apa saja makanan untuk menguatkan kandungan? Makanan yang akan membuat kandungan Anda kuat dan sehat adalah :

  1. Bayam

Sayuran hijau memang memiliki banyak nutrisi, yang berarti Anda bisa mendapatkan dosis harian seperti vitamin, mineral, dan serat. Anda bisa memakannya dalam bentuk mentah atau dimasak. Namun, pastikan Anda bertanya ke dokter sebelum mengonsumsi sayuran hijau mentah karena beberapa wanita mungkin tidak diperbolehkan mengonsumsi sayuran mentah karena alasan kesehatan tertentu.

  1. Minum susu

Anda harus memasukkan susu, keju, yoghurt, dan produk susu lainnya dalam pola makan Anda. Semua makanan seperti itu merupakan sumber kalsium yang sangat penting bagi janin Anda yang sedang tumbuh. Pastikan Anda mengonsumsi susu pasteurisasi.

Namun, jika Anda alergi terhadap laktosa, mungkin Anda bisa pindah ke produk susu lain seperti susu almond. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk alternatif lain lagi. Anda harus mengonsumsi lebih dari sekadar susu untuk mendapatkan asupan susu harian.

Produk-produk susu mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng dalam jumlah tinggi, sehingga Anda dapat melihat mengapa produk itu penting.

Kalsium yang trdapat pada susu atau yogurt sangat penting karena membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi Anda sehingga kandungan Anda akan semakin kuat.

  1. Makan Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, yang merupakan senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk menguatkan kandungan bayi dan pertumbuhan bayi Anda, dan Anda harus meningkatkan asupan vitamin A setiap hari hingga 10 hingga 40 persen selama kehamilan .

Vitamin B6 adalah nutrisi penting yang ditemukan dalam ubi jalar dan dapat membantu mencegah mual di pagi hari. Jadi, jika Anda berurusan dengan mual, makanlah ubi jalar untuk membantu menangkal gejala.

  1. Konsumsi Gandum Utuh

Seperti yang Anda ketahui sekarang, Anda harus meningkatkan asupan kalori saat hamil. Konsumsi  makanan biji-bijian dapat membantu Anda meningkatkan kalori dalam tubuh. Biji-bijian utuh mengandung serat, vitamin, dan senyawa tanaman.

Vitamin B, serat, zat besi, dan magnesium adalah properti lain yang ditemukan dalam biji-bijian. Butir memasok energi untuk perkembangan bayi Anda dan membantu pertumbuhan plasenta Anda.

Roti, gandum, gandum, beras, dan jagung adalah contoh biji-bijian. Pastikan Anda memilih makanan gandum utuh yang sehat, seperti roti gandum dan beras merah.

  1. Buah Alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang dianggap sebagai makanan penguat yang bagus terutama untuk wanita hamil. Alpukat mengandung kandungan lemak sehat, folat, dan kalium yang tinggi. Lemak sehat membantu perkembangan kulit dan otak bayi Anda yang sedang tumbuh.

  1. Makan Kacang

Kacang sangat bagus untuk jantung bayi Anda yang sedang tumbuh. Anda bisa memasukkan kacang almond, kacang mete, kacang kenari, pistachio, dan kacang-kacangan lainnya ke dalam makanan Anda. Anda bisa menambahkannya di salad, puding, smoothie, pasta, dan makanan lainnya. Anda bisa memanggangnya dengan sedikit garam dan minyak kemudian mengkonsumsinya  sebagai camilan sehat.

  1. Buah

Wanita hamil juga perlu makan lebih banyak buah daripada wanita yang tidak hamil dan dianjurkan untuk mengkonsumsi 4 buah setiap hari. Buah segar, kalengan, dijus, atau dikeringkan semuanya dapat dikonsumsi, meskipun sebagian besar sajiannya harus buah segar.

Berbagai jenis buah harus dimakan, misalnya melon, buah batu, jeruk dan buah tropis. Contoh buah-buahan yang setara dengan satu sajian meliputi:

  • 1 buah sedang, misalnya apel, pisang, atau pir;
  • 2 buah kecil, misalnya buah kiwi, prem;
  • 1 buah yang dipotong dadu seperti nanas atau buah kaleng
  • 1/2 cangkir jus buah

Buah-buahan banyak mengandung kadar vitamin. Vitamin penting untuk pengembangan sumsum tulang belakang pada janin dalam 3 bulan pertama setelah pembuahan. Jadi selama kehamilan dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi vitamin yang lebih tinggi. Vitamin dalam buah-buahan juga membentuk sel darah merah dan mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Makanan berprotein

Protein adalah nutrisi utama, karena memberikan blok bangunan yang diperlukan untuk pembangunan jaringan yang belum lahir. Protein berkembang dari dua sel saat pembuahan menjadi sekitar sepuluh ribu miliar pada bayi yang baru lahir!

Tetapi orang juga harus memasok protein yang diperlukan untuk perkembangan plasenta, ke payudara dan jaringan rahim ibu dan pertumbuhan jumlah darah yang bersirkulasi (lebih banyak hemoglobin, lebih banyak protein plasma), selain cairan ketuban.

Makanan yang mengandung protein dengan nilai biologis tinggi adalah susu dan turunannya, telur, daging, dan ikan. Makanan yang sama membantu mengisi kembali tubuh dari nutrisi penting lainnya selama kehamilan dan menyusui seperti kalsium, zat besi, seng, yodium, vitamin B, vitamin D dan beberapa jenis lemak omega-6 seperti asam arakidonat (AA).

  1. Ikan

Selama kehamilan pastikan ibu hamil juga sering konsumsi ikan untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang berharga. Asam lemak ini hadir dalam daging, adapun salah satu jenisnya adalah asam docosahexaenoic (DHA).

DHA sebenarnya adalah salah satu komponen struktural utama membran sel dan sangat penting untuk pembentukan jaringan baru, khususnya untuk perkembangan janin otak, sistem saraf dan retina, yang terus berkembang selama bulan-bulan pertama kehidupan. .

Mengharapkan bayi di dalam perut lahir dengan sehat adalah harapan yang menyenangkan dan luar biasa. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri dan bayi Anda yang sedang berkembang adalah dengan menerapkan makanan penguat kandungan yang sehat selama kehamilan.

 

Referensi :

Nakita Grid (2018). Bisa Menguatkan Kandungan, Konsumsi Makanan Ini Saat Hamil Muda

Babyologist (2018). 7 Makanan Penguat Kandungan

American Pregnancy Association (2017). Pregnancy Nutrition.

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *