8 Ciri – ciri Sperma Sehat Pada Pria yang Baik Untuk Pembuahan

Ciri-ciri sperma sehat bisa dilihat dari beberapa hal yaitu tekstur yang kental, punya rasa dan aroma khas, warna putih agak keruh dan memiliki volume setengah hingga satu sendok teh saat dikeluarkan.

Sehatkuy.com –┬áSebagian besar dari Anda tentu mengira bahwa sperma dan air mani adalah dua hal yang sama. Akan tetapi hal tersebut adalah salah besar. Tahukah Anda bahwa sperma dan air mani itu berbeda?

Sperma sehat sangat bergantung pada kondisi air mani yang sehat pula. Karena keduanya memiliki fungsi saling melengkapi agar proses pembuahan berjalan dengan baik.

Apa itu air mani pria? Air mani atau semen merupakan cairan yang menjadi dinding pelindung sperma sekaligus makanannya serta kendaraan dari sperma untuk menuju sel telur.

Sedangkan sperma hidup di dalam air mani. Meskipun keduanya dikeluarkan bersamaan, warna dari air mani yakni putih agak keruh. Sedangkan bentuk sperma sulit untuk dilihat karena berbentuk sel.

Simak Ciri-Ciri Sperma Sehat Pada Pria

Sperma sehat menandakan bahwa pria sedang dalam kategori subur dan siap membuahi, tetapi tidak semua sperma bisa dikatakan sehat.

Banyak dari para wanita yang tidak mengetahui ciri sperma yang sehat sehingga kegagalan pembuahan sering terjadi.

Berikut ciri ciri yang menandakan bahwa sperma dalam kondisi sehat dan siap untuk membuahi

  1. Sperma Memiliki Tekstur Agak Kental

Ciri-ciri sperma sehat untuk hamil yang pertama dapat dilihat melalui tekstur dari cairan sperma atau pelindungnya (air mani). Tekstur normal dari air mani sekaligus sperma yang sehat yakni agak kental berbentuk seperti gel.

Hal itu berfungsi agar sperma bisa menetap lebih lama untuk menetap di dalam organ genital para wanita saat proses pembuahan.

Sperma yang cair bukanlah suatu pertanda bahwa kualitasnya buruk atau menurun dalam membuahi sel telur. Tekstur kental pada sperma tersebut memang menjadi kondisi umum yang harusnya dimiliki oleh para pria.

Sperma yang cair bisa juga menandakan bahwa jumlah sel sperma lebih banyak dibandingkan dengan tekstur yang kental.

  1. Sperma yang Sehat Memiliki Dua Rasa

Tahukah Anda tentang bagaimana rasa air mani pria yang sehat dan siap untuk proses membuahi?

Rasa air mani yang normal dan sehat memiliki dua rasa, yakni manis serta asam bercampur pahit.

Apabila Anda menemukan bahwa air mani berasa selain dari dua tersebut, sebaiknya lakukan pemeriksaan atau tes untuk mengetahui kesehatan sperma.

  1. Sperma Memiliki Aroma Khas

Contoh sperma sehat memiliki aroma yang khas yakni menyerupai pemutih pakaian, klorin, atau hampir mirip seperti bunga akasia.

Cairan air mani yang berbau amis menandakan bahwa sperma tidak sehat, serta menandakan bahwa pria sedang terkena penyakit genital.

Anda sebaiknya menghubungi dokter jika menemui sperma dengan ciri abnormal tersebut.

  1. Fase Pencairan Sperma yang Normal

Sperma yang sehat untuk pembuahan memiliki fase pencairan yang normal dan stabil. Umumnya, tekstur cairan air mani memang kental.

Cairan tersebut akan mencair saat sudah mencapai waktu 5 hingga 40 menit. Hal itu untuk memudahkan sel-sel sperma mencapai sel telur secara efektif dan tepat sasaran.

Sperma menjadi tidak normal ketika berada pada fase kekentalan yang cukup lama. Jika tidak segera mencair, maka sel justru terhambat dalam proses pembuahan sel telur.

Baca juga : 7 Cara Alami Memperbesar Penis Dijamin Permanen Cuma 30 Menit

  1. Sperma Memiliki Volume Normal Tertentu

Bagaimana sperma sehat dan normal? Ciri kelima menunjukkan bahwa sperma pada umumnya memiliki volume tertentu saat dikeluarkan.

Volume rata-rata air mani biasanya mencapai 2 hingga 5 ml atau setengah hingga satu sendok teh. Volume normal bisa menghasilkan jumlah sel sperma 40 juta.

Jika kurang dari jumlah tersebut, artinya sedang mengalami kondisi hypospermia yang menyebabkan proses pembuahan kurang sempurna.

Begitupun sebaliknya, sperma yang keluar terlalu banyak dari jumlah tersebut menandakan kondisi hyperspermia.

  1. Sperma Memiliki Bentuk Normal

Sperma yang sehat untuk pembuahan memiliki bentuk yang normal. Tidak boleh berbentuk bulat di bagian kepala. Kemudian, ekornya pun harus lurus. Tidak ada yang bengkok pada bagian kepala atau leher.

Sel sperma yang sehat harus berbentuk lonjong dengan dua bagian tubuh, ekor dan kepala.

Apabila tidak berbentuk normal, artinya sperma sedang tidak sehat. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan tes di laboratorium.

  1. Kemampuan Gerak Sperma Lincah dan Gesit

Gerak dari sel sperma juga menandakan ciri-ciri sperma sehat untuk hamil. Normalnya sel akan bergerak lebih cepat mencapai 25 persen dari jumlah yang dihasilkan. Sperma harus bergerak maju dengan cepat, lincah, dan gesit untuk bisa mencapai sel telur.

  1. Warna Cairan Sperma Putih Agak Keruh

Warna sperma yang sehat umumnya yakni putih agak keruh dan kekuningan. Kedua warna tersebut dimiliki oleh orang yang sehat dan normal.

Cairan sperma menjadi abnormal ketika warnanya kuning pekat atau merah gelap yang menandakan bahwa organ genital tidak sehat.

Lakukan Cara Ini Agar Sperma Menjadi Sehat

Apabila Anda mengalami beberapa ciri yang menunjukkan bahwa sperma sedang dalam kondisi abnormal. Sebaiknya tidak perlu khawatir, karena Anda bisa melakukan cara membuat sperma sehat.

Kesehatan sperma dan air mani sangat bergantung pada kesehatan lelaki yang mengeluarkannya. Kesehatan sperma bisa dijaga dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Cara agar sperma sehat yang pertama bisa dilakukan dengan mengkonsumsi aneka makanan sehat, seperti buah dan sayur, atau daging.

Agar sperma memiliki rasa yang manis sebaiknya makanlah buah-buahan. Sperma yang memiliki rasa pahit sedikit asam disebabkan konsumsi daging dan bawang

  1. Olahraga

Menjaga tubuh agar tetap sehat bisa menjadi salah satu faktor yang juga menyehatkan organ vital. Produksi sperma yang sehat bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur, serta menjaga pola istirahat. Hindari stress dan terlalu kelelahan agar sperma tetap normal.

  1. Kenakan Pakaian Nyaman

Pakaian ketat, khususnya pada bagian celana bisa menyebabkan area vital menjadi lembab dan terkena jamur.

Sebaiknya gunakanlah celana sekaligus pakaian yang longgar agar area sensitive tetap kering dan terjaga.

  1. Hindari Seks Bebas

Seks bebas adalah salah satu perilaku yang sangat beresiko menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit kelamin mematikan. Contohnya seperti AIDS, Sipilis, Herpes Kelamin, dan sebagainya.

Lakukan seks hanya dengan satu pasangan saja agar terhindar dari infeksi kelamin serta menjaga sperma untuk tetap sehat.

  1. Jaga Kebersihan Organ Vital

Anda perlu menjaga kebersihan organ vital agar terhindar dari berbagai macam bakteri penyebab penyakit kelamin.

Kebersihan organ kelamin mempengaruhi kualitas dan kinerja sperma, terutama untuk menjalankan tugas dalam proses pembuahan. Anda perlu membuang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks.

Bilas dengan air bersih dan sabun agar organ vital tetap terjaga kebersihannya dan tidak menyebabkan sperma berubah warna atau aroma.

Pastikan kering setelah Anda melakukan buang air kecil atau buang air besar. Gunakan tisu untuk mengeringkannya karena lebih praktis dan pemakaian hanya bisa dilakukan sekali untuk menjaga kondisi tetap higienis.

Sumber :

https://www.alodokter.com/kriteria-sperma-sehat-yang-penting-diketahui

https://lifestyle.okezone.com/read/2015/11/16/481/1250315/ciri-ciri-sperma-anda-sehat-berkualitas

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *