Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Begini 13 Ciri ciri Orang Hamil yang Harus Kalian Sadari

4 min read

ciri ciri orang hamil

Berikut ciri ciri orang hamil yang bisa kalian ketahui seperti mual muntah, payudara membesar, terhentinya menstruasi, mudah lelah hingga sering buang air kecil

Sehatkuy.com – Kehamilan merupakan momen yang ditunggu tiap pasutri. Sayagnya,  tak banyak wanita yang menyadari gejala awal kehamilan karena dianggap mirip dengan gejala menstruasi. Terutama bagi mereka yang belum pernah memiliki bayi. Meski masing-masing orang memiliki gejala kehamilan yang berbeda, namun ada beberapa ciri-ciri orang hamil secara umum yang bisa dikenali.

Ciri-ciri Orang Hamil Secara Umum

Kebanyakan wanita mengetahui kehamilan ketika menstruasi tak kunjung datang di tanggal seharusnya. Memang, jika sudah aktif secara seksual, selalu akan ada kemungkinan hamil. Beberapa orang memastikannya dengan membeli test pack untuk mendapatkan hasil lebih konkrit. Sebenarnya, jika Anda jeli dan teliti beberapa ciri kehamilan dapat dengan mudah ditandai. Apa saja?

  1. Terhentinya menstruasi

Terlambat atau terhentinya siklus datang bulan bisa menjadi ciri utama kehamilan. Walaupun, tidak semua keterlambatan menstruasi mengindikasikan bahwa Anda hamil. Ada pula yang disebabkan karena tak seimbangnya hormon akibat stress, kelelahan, maupun obesitas. Namun, jika sudah aktif secara seksual dan terlambat menstruasi, mungkin memang ada indikasi mengarah ke kehamilan.

Sekalipun terjadi flek, hal ini tak selalu berarti menstruasi. Terkadang di masa-masa awal, wanita juga rentan terkena pendarahan implantasi. Ini adalah suatu kondisi di mana timbul bercak darah pink atau coklat akibat melekatnya si sel telur di dinding rahim. Umumnya proses ini terjadi di hari ke-6 hingga ke-12 pasca pembuahan.

  1. Mengalami gejala menstruasi

Membedakan gejala menstruasi dan kehamilan memang gampang-gampang susah. Pasalnya kedua hal ini hampir mirip satu sama lain. Di awal kehamilan biasanya wanita akan merasakan gejala panas di punggung, merasakan adanya tekanan dan kram perut bagian bawah, hinga payudara yang lebih sensitif dibanding biasanya.

Jika mengalami gejala seperti ini namun menstruasi tak kunjung datang, Anda patut curiga bahwa rahim tengah bekerja mempersiapkan tempat untuk si jabang bayi. Terlebih jika kram terus terjadi secara berkelanjutan. Bisa jadi ini adalah efek meregangnya otot perut selama proses pembentukan embrio. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter terdekat.

  1. Membesarnya payudara

Saat mengalami kehamilan, tubuh akan memproduksi hormon progestoron dalam jumlah yang lebih banyak. Hal inilah yang menyebabkan payudara semakin meningkat sensitivitasnya, dengan ukuran puting yang makin menghitam dan membesar. Selain itu ukutan pembuluh vena juga akan makin melebar karena adanya penegangan.

  1. Adanya rasa logam dan asam dalam mulut

Beberapa orang kerap merasa risih lantaran adanya rasa logam di mulutnya. Hal ini merupakan imbas akan adanya peningkatan hormon progesteron dan menurunnya kadar esterogen dalam tubuh. Perubahan ini turut berpengaruh pada kepekaan lidah sebagai indera utama pengecap. Karenanya, kebanyakan wanita hamil mengatasinya dengan makanan masam yang dikenal sebagai masa ngidam.

  1. Perubahan mood yang drastis

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah dapat dengan mudah dikenali dari moodnya yang berubah-ubah secara drastis. Hal tersebut sangatlah wajar karena memang produksi hormon dalam tubuh tengah menglami kelonjakan dan perubahan signifikan. Jadi, jangan heran jika seorang di tahap kehamilan awal bisa mengalami mood swing dan mendadak emosional.

  1. Meningkatnya intensitas mual dan muntah

Wanita dengan kehamilan muda kerap kali mengarapi morning sickness atau mual/ muntah. Meski disebut morning sickness, namun kondisi ini bisa terjadi kapan saja. Mual memang merupakan pertanda klasik seseorang tengah dalam masa kehamilan. Fase ini biasanya dialami sebulan usai masa pembuahan hingga menuju minggu ke-9 kehamilan. Di trimester ke-2, gejala mual akan berangsung berkurang.

  1. Mudah merasa lelah

Seperti halnya detik-detik menjelang menstruasi, Anda pun akan gampang merasa lelah saat mengalami kehamilan. Kondisi ini merupakan salah satu efek meningkatnya kadar progesteron secara drastis dalan tubuh. Lelah ini bisa terjadi berlarut-larut dalam waktu lama.

Untuk itu, usahakan selalu memenuhi nutrisi harian untuk ibu dan si jabang bayi. Sebaiknya, konsumsi makanan yang kaya akan protein dan zat besi yang seimbang. Batasi aktivitas yang menguras banyak tenaga, dan cukupi kebutuhan tidur Anda.

  1. Lebih sering buang air kecil

Kondisi hamil muda biasanya ditandai dengan lebih seringnya seseorang pergi ke kamar mandi. Secara umum, pertanda ini muncul di sekitar minggu ke-6 hingga ke-8 dari usia kehamilan Anda. Penyebabnya adalah karena janin yang mulai terbentuk di dalam rahim akan bergerak menekan kandung kemih. Efeknya, sirkulasi darah semakin meningkat dan membuat ingin buang air kecil lebih sering.

Kondisi ini diperparah dengan berubahnya kadar hormon di dalam tubuh. Yang pasti, jangan membiasakan diri menahan pipis terlalu sering karena justru akan membahayakan kesehatan.

  1. Merasakan pusing dan sakit kepala

Beberapa gejala kehamilan ternyata saling berkesinambungan satu sama lain. Tubuh yang mudah merasa lelah, disertai mual dan muntah serta tekanan darah rendah bisa menggiring Anda merasakan pusing dan sakit kepala.

Faktor emosional yang tak stabil turut andil dalam faktor penyebab stres pada wanita hamil. Karena stres ini, terjadi peningkatan volume aliran darah sekitar 50% dibanding biasanya. Peningkatan inilah yang memicu terjadinya sakit kepala ringan setelah beberapa minggu kehamilan.

  1. Indra penciuman menjadi lebih peka

Kebanyakan wanita yang tengah hamil muda mengalami peningkatan sensitivitas hidung terhadap berbagai jenis bau. Biasanya hal ini terjadi di trismester pertama, meski belum ada bukti ilmiah terkait fenomena tersebut. Pada beberapa kasus, kondisi hidung yang lebih peka ini mendorong ketidaksukaan pada makanan dengan aroma tertentu semakin menguat.

  1. Meningkatnya suhu basal tubuh

Ciri kehamilan juga bisa dideteksi dari meningkatnya suhu basal tubuh. Pada sebagian wanita hamil, peningkatan suhu basal ini bahkan mampu bertahan selama masa kehamilan. Jika masih bingung mengenai suku basal, ini adalah suatu titik suhu terendah selama Anda tidur. Pengukurannya dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apapun.

  1. Sering mengalami perut kembung

Tingginya perubahan hormon progesteron yang terjadi membawa imbas pada proses pencernaan Anda. Kadar gas yang ada di usus makin meningkat sehingga menyebabkan perut terasa kembung dan Anda sering buang angin. Terkadang beberapa wanita mengalami kembung yang berkelanjutan hingga sembelit.

Untuk mengatasinya, batasi asupan makanan dan minuman yang berpotensi memicu peningkatan asam lambung. Perbanyak konsumsi air putih harian minimal 2 liter per hari. Dan, aktiflah bergerak dengan menjalankan aktivitas harian sesuai porsinya.

  1. Kulit nampak lebih bersinar dan muncul jerawat

Ciri kehamilan yang banyak dialami oleh wanita adalah perubahan pada kulit yang nampak lebih bersinar dari biasanya. Perubahan ini diakibatkan karena meningkatnya volume darah dan tinggginya kadar hormon yang ada dalam pembuluh darah. Peningkatan tersebbut menyebabkan kelenjar minyak bekerja lebih keras hingga membuat kulit lebih terlihat mengkilap dan mudah berjerawat.

Meski ciri-ciri orang hamil tak bisa dideteksi dengan mudah, namun Anda bisa melakukan uji kehamilan dengan test pack di rumah. Untuk hasil terbaik dan lebih akurat, periksakan diri ke dokter kandungan terdekat. Bisa jadi, Anda hanya masuk angin saja.

 

Referensi:

How to Tell the Difference Between PMS and Pregnancy Symptoms. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323122.php

Mayo Clinic (2017). Symptoms of pregnancy: What happens first.

NHS Choices UK (2016). Signs and symptoms of pregnancy.

PMS Symptoms vs. Pregnancy Symptoms https://www.healthline.com/health/womens-health/pms-symptoms-vs-pregnancy-symptoms#breast-pain

PMS vs. Pregnancy: How to Tell the Difference. https://www.medicinenet.com/pms_vs_pregnancy_differences_and_similarities/article.htm#how_can_i_tell_if_it_is_pms_or_if_im_pregnant

Silver, N. Healthline (2017). 2 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More.

Stoppler, M, C. Medicine Net (2017). PMS vs. Pregnancy: How to Tell the Difference.

The Bump. Pregnancy Week by Week. 1 Week Pregnant

WebMD (2016). Pregnancy Symptoms.

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *