Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

8 Cara Efektif Meringankan Kram Perut Saat Haid Terbukti Ampuh

2 min read

cara meringankan kram perut saat haid

Sehatkuy.com – Kram perut banyak dialami oleh para wanita baik sebelum maupun sesudah periode menstruasi. Sakit yang timbul karena kram perut umumnya dirasa tidak nyaman bagi para wanita, bahkan bisa sangat mengganggu aktifias sehari-hari. Berikut beberapa cara meringankan kram perut saat haid yang bisa kalian lakukan sendiri:

  1. Memperbaiki Pola Makan

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi lemak dan meningkatkan sayuran dalam diet Anda dapat membantu meringankan kram perut bulanan. “Diet rendah lemak sebenarnya menurunkan tingkat peradangan keseluruhan dalam tubuh,” kata Aldo Palmieri MD, ob-gyn di UCLA Health dan profesor kebidanan dan ginekologi di UCLA David Geffen School of Medicine di Los Angeles.

Diet vegetarian rendah lemak tidak hanya membantu kesehatan Anda secara umum. Tetapi dapat memiliki efek tidak langsung yang nyata terhadap kram menstruasi, kata Dr. Palmieri. Mulailah dengan mengganti lemak yang kurang sehat seperti lemak jenuh yang ditemukan pada produk hewani. Jangan lupa untuk pilih yang lebih sehat seperti lemak tak jenuh yang ditemukan dalam minyak zaitun, kata American Heart Association (AHA).

  1. Obat Penghilang Rasa Sakit Aman untuk Menghentikan Peradangan

Tidak semua orang ingin beralih ke obat sebagai cara meringankan kram perut saat haid. Palmieri mengatakan penggunaan moderat dari obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti Advil (ibuprofen) atau Aleve (naproxen) dapat membantu.

Kram menstruasi terjadi karena pelepasan lokal zat yang disebut prostaglandin dan NSAID menurunkan produksi prostaglandin serta menimbulkan nyeri secara keseluruhan. Periksa dulu dengan dokter Anda untuk memastikan NSAID adalah pilihan yang baik untuk Anda. Terutama jika Anda memiliki riwayat perdarahan atau masalah ginjal. Dan baca label untuk instruksi pemberian dosis untuk memastikan Anda tidak sengaja mengambil terlalu banyak.

  1. Meminum Beberapa Varietas Teh Herbal

Sonya Angelone, ahli gizi diet terdaftar di daerah San Francisco Bay mengatakan teh tertentu dapat membantu meredakan kram menstruasi. Jarang ada penelitian tentang teh herbal untuk menghilangkan rasa sakit haid. Tetapi teh telah digunakan secara tradisional dan dapat membantu, karena beberapa herbal dapat bertindak sebagai estrogen.

  1. Coba Minyak Ikan dan Vitamin B1 untuk Bantuan Alami

Cara alami lain untuk bantuan kram perut saat haid adalah mengonsumsi suplemen minyak ikan dan vitamin B1, menurut penelitian yang dipublikasikan pada September 2014 di Global Journal of Health Science. Para ilmuwan menugaskan 240 remaja dengan kram menstruasi dan rasa sakit lainnya untuk mengambil B1 dan minyak ikan, B1 sendiri, minyak ikan saja atau plasebo.

  1. Akupunktur Dapat Membantu dengan Merelaksasi Sistem Syaraf

Akupunktur dapat membantu meredakan kram perut saat haid, kata Jeannie Bianchi, ahli akupunktur berlisensi di San Francisco. “Kami merilekskan sistem saraf,” katanya. Hal itu menyebabkan aliran darah lebih kuat ke organ-organ internal. Akupunktur juga dianggap memiliki efek anti-inflamasi.

  1. Pijat Dengan Minyak Esensial untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Pijat dengan minyak esensial aromatik tertentu (seperti minyak esensial lavender, minyak esensial clary sage, atau minyak esensial marjoram) juga dapat meredakan nyeri kram menstruasi, menurut penelitian yang dipublikasikan pada Mei 2012 di Journal of Obstetrics and Gynecology Research.

  1. Tingkatkan Magnesium Untuk Membantu Fungsi Saraf dan Otot

Dietary magnesium tampaknya membantu meringankan rasa sakit kram, kata DeJarra Sims, ND, asisten profesor obat naturopati di kampus Bastyr University California di San Diego.

Tinjauan Cochrane tentang makanan dan pengobatan lain yang diterbitkan pada tahun 2001 menyimpulkan bahwa mendapatkan cukup magnesium dapat membantu meringankan rasa sakit. Magnesium ditemukan dalam banyak makanan dan sebagai suplemen jika Anda tidak bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan dari diet Anda.

Magnesium membantu mengatur fungsi saraf dan otot, di antara tugas-tugas penting lainnya; peneliti yang mengevaluasi bukti pada magnesium menyebutnya pengobatan yang menjanjikan untuk kram menstruasi.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat pada bagian perut bawah atau abdomen dapat mengurangi rasa sakit. Anda dapat menggunakan botol yang diisi dengan air hangat sebagai alat kompres. Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan kram saat menstruasi.

Bisa juga menggunakan pad yang mengeluarkan sensasi hangat saat ditempel, lebih praktis dibandingkan harus menggunakan handuk yang dicelup ke air panas. Saat ini sudah ada pad praktis yaitu produk dari ifreeindonesia.com dan dapatkan informasi lebih lanjut di https://ifreeindonesia.com/. Demikian informasi mengenai cara meringankan kram perut saat haid yang ladies bisa lakukan.

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *