3 Cara Mengobati Varikokel Sesuai Tingkat Keparahan dan Prosedurnya

3 min read

cara mengobati varikokel

Ada beberapa cara mengobati varikokel dengan cepat yaitu dengan pengobatan ibuprofen atau paracetamol, operasi Varicocelectomy hingga Embolisasi

Sehatkuy.com – Varikokel merupakan masalah serius yang menyerang pria, yakni pembuluh vena dalam kantong zakar atau skotrum yang melebar. Cara mengobati varikokel sebagian besar adalah dengan operasi.

Penampakan varikokel mirip dengan varises yang menyerang pada tungkai yakni seperti timbul banyak cacing di dalam skotrum yang seharusnya tidak timbul dan tidak berasa apa-apa jika diraba.

Varikokel merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kemandulan pada pria yang dapat menyerang pada pria dengan rentang usia 15-25 tahun. Meski tidak membahayakan nyawa penderitanya, varikokel yang serius dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan yang akhirnya menyebabkan kemandulan.

Cara Mengobati Varikokel Dengan Cepat

Terdapat beberapa faktor penyebab varikokel yang menyerang pada pria usia pubertas. Di antara faktor tersebut adalah faktor genetika, penggunaan celana ketat yang terlalu sering.

Bisa juga karena suhu area testis yang terlalu panas sehingga menyebabkan testis terlalu lembab dan berkeringat. terlalu sering naik motor sport, atau mungkin Anda yang bekerja di area yang berkaitan dengan nuklir.

Saat terserang varikokel, Anda akan merasakan beberapa gejala yakni terdapat benjolan di salah satu testis baik kanan maupun kiri. Rasa kurang nyaman pada daerah di sekitar skotrum, rasa nyeri pada saat berdiri, bengkak pada skotrum. Seiring berjalannya waktu akan menyebabkan skotrum terlihat seperti terdapat cacing di dalamnya.

Diagnosa Pada Pasien Penderita Varikokel

Tapi tenang saja, ada banyak cara bagi dokter untuk bisa mendiagnosis pasien yang menderita varikokel. Sebaiknya simak diagnosa dari dokter berikut ini:

  1. Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan pertama adalah dengan pemeriksaan fisik penderita, yakni dengan berdiri di dalam ruang yang memiliki suhu cukup hangat.

Hal ini dikarenakan jika suhu terlalu dingin akan menyebabkan pemeriksaan sulit dilakukan sebagai akibat dari skotrum yang naik ke atas. Setelah pemeriksaan awal dengan berdiri selanjutnya akan dilakukan dengan pemeriksaan dengan berbaring.

Seringkali Anda akan diminta untuk membuang napas dari mulut sambil menutup hidung. Hal ini dilakukan agar dokter dapat melihat dengan jelas pembesaran vena yang ada dalam tubuh Anda.

Testis yang memiliki massa keras dan terdapat guratan yang timbul seperti cacing yang juga menjadi indikasi utama dalam diagnosis dokter.

  1. Pemeriksaan USG

Pemeriksaan dengan menggunakan USG dilakukan untuk dapat melihat secara detail besarnya ukuran pembuluh darah. Dengan metode USG aliran darah dalam skotrum dapat terlihat dengan jelas sehingga dapat dilakukan diagnosis mengenai varikokel yang diderita oleh pasien untuk ditangani dengan cepat.

  1. Pengukuran volume testis dan pemeriksaan sperma

Testis akan diukur menggunakan alat yang bernama orkidometer untuk dapat mengungkap diagnosa varikokel. Selain itu, bisa juga dengan cara memeriksa kondisi sperma untuk melihat bagaimana tingkat kesuburan sperma yang dihasilkan. Jika sperma mengalami penurunan kualitas bisa jadi disebabkan oleh varikokel yang sudah parah.

Pengobatan Penderita Varikokel Sesuai Tingkat Keparahan

Ada berbagai macam tingkatan penyakit varikokel. Mulai dari yang ringan hingga yang sampai parah. Namun tenang saja, karena ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan sesuai tingkatan keparahan varikokel yang dialami. Berikut pengobatannya:

  1. Pengobatan dengan ibuprofen atau paracetamol

Jika varikokel yang dialami hanya berupa varikokel yang menyebabkan nyeri ringan pada testis. Biasanya dokter hanya akan memberi obat pereda nyeri tersebut seperti ibuprofen atau paracetamol untuk mengurangi nyeri yang Anda alami akibat varikokel.

Sebaiknya dalam masa pengobatan gunakan celana yang di dalamnya terdapat alat untuk menyangga testis agar tekanan dapat berkurang.

  1. Embolisasi

Embolisasi dilakukan jika penderita varikokel telah mengalami keparahan hingga terjadi penyusutan testis serta nyeri yang begitu hebat.

Embolisasi merupakan teknik pengobatan yang dilakukan dengan cara menjangkau varikokel dengan memasukkan selang melalui selangkangan atau leher untuk memperbaiki aliran darah. Selama masa pengobatan pasien akan dibius secara total.

Pengobatan melalui embolisasi memiliki efek samping yang dialami beberapa pasien paska operasi. Di antara efek samping embolisasi yakni memar atau pembengkakan yang berlangsung selama beberapa hari maksimal 7 hari.

Hal ini dikarenakan adanya cairan yang dimasukkan melalui selang penghubung pada saat operasi untuk mengalirkan darah ke pembuluh vena yang normal.

  1. Operasi Varicocelectomy

Operasi dilakukan dengan cara melakukan penjepitan pembuluh darah yang melebar dan mengakibatkan varikokel. Hal ini supaya pembuluh darah dapat mengalir ke daerah lain secara normal.

Pasien akan dibius secara total selama operasi yang dapat dilakukan dengan cara menyayat menggunakan alat yang bernama laparoskop. Operasi ini disebut dengan Varicocelectomy. Operasi varicocelectomy membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Karena operasi tersebut sudah menggunakan peralatan canggih dalam metode pembedahannya. Untuk itu disarankan agar memilih sesuai kemampuan yang dimiliki masing-masing pasien. Namun jangan salah, operasi ini sangat bagus dan cepat untuk menghilangkan varikokel.

Cara Mencegah Varikokel Dengan Benar

Agar terhindar dari penyakit varikokel, lakukan pencegahan dari sekarang dengan cara mencegah varikokel berikut ini:

  1. Gunakan celana dalam katun

Gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun sehingga dapat menyerap dengan maksimal keringat yang ada pada organ vital Anda. Keringat yang tidak terserap dengan baik dapat menyebabkan daerah testis menjadi terlalu lembab dan akan memunculkan masalah lain seperti penyakit kelamin.

  1. Kurangi Stress

Kurangi kegiatan yang dapat menyebabkan stres. Usahakan agar selalu tenang dalam mengerjakan apapun untuk menghindari stres pada pikiran Anda. Lakukan istirahat cukup untuk menjaga kesuburan dan kebugaran tubuh Anda. Tubuh yang dilanda stres akan memunculkan banyak masalah pikiran yang kacau.

  1. Kurangi Celana Ketat

Kurangi penggunaan celana yang terlalu ketat karena dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar. Sebaiknya menggunakan celana yang sedikit longgar dan tidak terlalu menjepit alat kelamin Anda secara kencang, sehingga kulit juga dapat bernapas dengan baik.

  1. Jauhi Gelombang Elektromagnetik

Hindari daerah yang memiliki gelombang elektromagnetik terlalu besar. Berada di daerah yang memiliki pengaruh nuklir juga dapat berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi Anda karena radiasi yang ditimbulkan dapat menyebabkan gangguan.

Akibat Varikokel yang Sudah Parah

Pada kasus varikokel yang parah dapat menyebabkan beberapa masalah, di antaranya:

  1. Testis Mengecil

Kerusakan katup pembuluh vena menyebabkan darah yang mengalir menjadi mengumpul dan menyebabkan tekanan dalam pembuluh darah. Hal ini yang menyebabkan testis menjadi berukuran lebih kecil karena mengalami penyusutan dari waktu ke waktu.

  1. Kemandulan

Testis yang menyusut akan menyebabkan kualitas sperma yang dihasilkan berkurang. Produksi sperma yang tidak maksimal akan menyebabkan kekuatan sperma untuk menjangkau sel telur menjadi berkurang dan akhirnya akan menyebabkan kemandulan pada penderita varikokel.

Terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang, baik sehat dalam asupan makanan maupun sehat dalam berpenampilan.

Artinya, penampilan Anda juga dapat mencerminkan kesehatan dan pola hidup Anda. Kesuburan Anda juga sangat penting untuk dijaga karena hal tersebut merupakan aset berharga yang Anda miliki.

Seseorang memiliki tujuan dalam pernikahan salah satunya adalah untuk melanjutkan keturunan. Meski terlihat kecil, varikokel dapat menjadi hal yang menghantui Anda jika tidak diambil tindakan tepat sebelum menjadi semakin parah.

Selalu periksakan kondisi kesehatan organ reproduksi Anda jika mengalami hal yang mengganjal di pikiran Anda, jangan tunggu sampai parah.

Dengan melihat beberapa keterangan di atas termasuk cara mengobati varikokel. Alangkah lebih baiknya agar setiap pria menjaga kesehatan organ vitalnya yang dalam ini adalah kemaluan.

Karena tidak ada yang tahu kapan varikokel bisa menyerang Anda. Untuk itu, melakukan pencegahan akan lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

Sumber:

www.alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *