5 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat Paling Ampuh

Berikut cara mengobati sakit gigi berlubang dengan memberikan flouride, menambal gigi, membuat crown gigi, cabut gigi hingga perawatan saluran gigi

Sehatkuy.com – Mengetahui cara mengobati sakit gigi merupakan hal penting apabila Anda kerap diserang penyakit menyiksa ini. Gigi yang sakit dengan berbagai sebab bisa sangat mengganggu keseluruhan aktivitas makan bahkan minum sehari-hari. Bukan tidak mungkin berat badan berkurang karena sakit pada gigi.

Pada umumnya penyebab gigi berlubang dan menjadi sakit adalah tumpukan plak dari sisa makanan serta minuman yang dikonsumsi. Berbagai sisa makanan yang tidak terbersihkan dengan baik tersebut akan melengket dan mendatangkan kuman serta bakteri setelah kandungannya diubah menjadi asam.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

Tapi, jangan dulu sedih karena gigi yang sakit akibat lubang tersebut bisa ditangani dengan berbagai cara seperti di bawah ini. Jauhkan pola pikir Anda dengan menakuti dokter gigi sebagai sesuatu yang pantang didatangi sebab kesehatan pada gigi adalah hal penting jika sudah mengarah ke seluruh saraf tubuh.

Obati gigi berlubang sekarang juga dengan mengaplikasikan cara-cara ini:

  1. Memberikan Flouride

Kandungan fluoride merupakan kandungan yang dari dulu diberitahukan sebagai kandungan bermanfaat untuk gigi. Kandungan fluoride ini seperti kita ketahui terdapat pada pasta gigi, ini kenapa setiap hari disarankan seminimal mungkin menyikat atau membersihkan gigi dari sisa makanan selama 2 kali.

Pengaplikasian fluoride adalah cara yang paling ampuh untuk mengobati gigi berlubang asalkan tingkat kedalaman lubangnya belum terlalu parah. Fluoride merupakan kandungan yang bagus untuk membantu perbaikan enamel atau email gigi yang berlubang. Jenis fluoride itu bermacam-macam.

Anda bisa menemukan fluoride yang bentuknya gel, cair, busa, atau juga pernis dan mengaplikasikannya langsung pada gigi. Pasta gigi memang seyogyanya mengandung fluoride, namun nyatanya tidak semua pasta gigi memiliki kandungan tersebut, jelilah sebelum membeli produk pasta gigi untuk menyikat gigi.

  1. Menambal Gigi

Tindakan menambal gigi juga bisa menjadi salah satu opsi apabila merasa lubang pada gigi sudah sangat mengganggu. Tindakan ini tentunya harus dilakukan di bawah pengawasan ahli atau dokter gigi yang profesional. Tindakan tambal gigi ini dilakukan untuk kerusakan gigi yang sudah lebih parah dari di atas.

Gigi yang berlubang dan mengalami pembusukan awal akan dibor untuk kemudian dilekatkan zat tambalan gigi. Zat tambalan gigi tersebut bentuknya beragam, ada yang memanfaatkan perak, emas, por, dan juga resit komposit. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing di balik kegunaan yang sama.

Dokter biasanya akan memberikan penawaran jenis tambalan gigi seperti apa yang Anda inginkan sehingga Anda bisa memilih sendiri. Dari sini Anda bisa bertanya berapa biayanya sehingga bukan hanya disesuaikan dengan keinginan, namun juga disesuaikan dengan kebutuhan serta adanya dana Anda.

Usia tambalan ini beragam, ada yang hanya bertahan selama satu bulan, ada juga yang jenis tambalannya permanen. Kalau yang hanya satu bulan biasanya harus diganti rutin karena tujuan tambalan tersebut hanya untuk pengobatan sampai dengan penanaman tambal permanen dilakukan.

  1. Membuat Crown Gigi

Crown gigi atau mahkota gigi sebenarnya sudah sedari dasarnya dimiliki oleh semua orang, hanya saja dalam beberapa kondisi bisa jadi crown ini rusak karena pola makan tidak sehat tadi. Penggantian keseluruhan crown gigi sebenarnya baru dilakukan apabila tingkat kerusakan gigi sudah lebih parah.

Gigi yang berlubang saja masih bisa ditambal atau diaplikasikan fluoride, lain hal dengan gigi yang sudah tidak bisa ditangani lagi dengan kedua cara tersebut. Sama halnya seperti berbagai elemen yang tersedia untuk menambal gigi, untuk penggantian crown gigi juga Anda akan ditawarkan berbagai jenis crown.

Diantaranya, crown yang bisa Anda pilih itu ada jenis emas, porselen, resin, porselen logam lebur, dan banyak juga bahan lainnya. Sama halnya seperti pemilihan jenis elemen tambal gigi, pada proses penggantian crown juga Anda bisa mencari tahu berapa biaya yang akan dihabiskan pada dokter gigi.

  1. Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan yang sudah sampai ke saluran akar gigi ini akan dilakukan apabila tingkat kerusakan sudah lebih parah lagi. Saraf yang mati biasanya tidak akan membuat Anda merasakan sakit, meskipun kedalaman bolong pada gigi sudah sangat parah. Ini kenapa perawatannya harus sampai akar gigi.

Penanganan perawatan akar gigi ini dilakukan sebagai satu langkah lebih aman dibandingkan Anda harus mencabut gigi. Tidak semua tempat melakukan perawatan sampai ke saluran akar gigi, namun biasanya kalau memang masalah gigi Anda sudah parah, akan diberikan rujukan ke fasilitas lebih lengkap.

Saraf yang sudah mati merupakan tanda bahwa gigi sudah tidak berfungsi dengan amat baik lagi. Bisa jadi sebelum Anda merasakan kebal dari gigi yang berlubang, Anda pernah juga merasakan sakit yang menyiksa sampai kepala rasanya mau pecah. Namun, seiring waktu dibiarkan, saraf akhirnya mati.

  1. Cabut Gigi

Terakhir, ini cara paling final yang akan dilakukan oleh dokter gigi kepada pasien yang mengalami kerusakan gigi paling parah. Dilakukan hanya apabila berbagai cara di atas tidak bisa lagi mengobati kondisi gigi yang berlubang parah. Gigi tidak bisa diobati lagi, kecuali harus dibuang dan diganti baru.

Masalahnya adalah ketika gigi yang lama dan bermasalah tersebut dicabut, akan ada sekat antara gigi yang satu dengan gigi lainnya. Sekat ini bisa mendatangkan risiko proporsi gigi berubah atau bergeser karena adanya ruang. Biasanya dokter gigi akan menyarankan Anda untuk menggunakan gigi palsu.

Penggunaan gigi palsu untuk sementara waktu ini memiliki tujuan supaya proporsi gigi di mulut bisa tetap baik-baik saja. Sebab satu saja letak gigi berubah, sudah pasti keseluruhan bentuk rahang dan mulut pun turut bergeser. Akhirnya berpengaruh pada penampilan Anda yang sebelumnya sudah bagus.

Itu setidaknya berbagai cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh yang bisa Anda jalani ketika masalah gigi menghampiri. Masalah pada gigi bukan hanya menjadi hal yang tidak nyaman bagi kesehatan mulut, namun bisa juga merambah sampai ke saraf kepala yang menimbulkan rasa pening.

Banyak sekali dampak negatif dari hal kecil, tidak merawat gigi dengan baik, seperti jarang menyikat gigi. Mencegah gigi berlubang adalah poin paling penting dibandingkan dengan Anda mengobati gigi yang terlanjur bermasalah. Tapi, bukan berarti gigi yang bermasalah tidak bisa ditangani dengan baik juga.

Tindakan mencegah memang untuk hal apa pun jauh lebih baik dibandingkan mengobati, namun pasca pengobatan pun Anda harus telaten menjaga kesehatan gigi. Secara tidak sadar, gigi adalah alat yang dibutuhkan untuk menjadi jalan masuknya asupan makanan ke dalam tubuh. Ini organ penting.

Tidak heran kalau kemudian ketika gigi sakit, dampaknya bisa sampai sakit maag juga karena tubuh kesulitan mencerna makanan dan minuman. Inilah pentingnya mengaplikasikan cara mengobati sakit gigi yang tepat, baik dari berbagai poin penjelasan di atas atau dengan cara lainnya yang juga ampuh.

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/sakit-gigi-berlubang-ini-penanganannya

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *