9 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Total Dengan Alami

3 min read

cara mengobati asam lambung

Berikut cara mengobati asam lambung dengan menghindari kebiasaan tidak sehat, menghindari pakaian ketat, cukup tidur, konsumsi jahe hingga marshmallow

Sehatkuy.com – Asam lambung atau kita biasa menyebutnya sebagai penyakit maag merupakan salah satu penyakit paling umum yang menyerang setiap orang. Pasalnya penyakit ini dipicu oleh terlambat makan atau salah makan. Untuk itu, sekarang kita akan mencoba membahas cara mengobati asam lambung yang aman.

Ketika asam lambung naik, tidak jarang orang akan merasakan perih hingga ke ulu hati. Tidak hanya itu, bagi beberapa orang bahkan asam lambung dapat terasa sampai sesak ke dada dan pusing ke kepala. Banyak efek asam lambung yang membuat tubuh tidak nyaman, bahkan beraktivitas saja sulit.

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat

Kali ini kita akan membahas berbagai cara yang dapat ditempuh untuk menormalkan kembali asam lambung yang naik. Setidaknya tidak ada gejala sakit berlebih yang membuat Anda tidak nyaman ketika asam lambung naik. Berbagai cara tersebut terangkum dalam beberapa poin pembahasan di bawah ini:

  1. Menghindari Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung dan Mengatur Porsi Makan

Salah satu faktor yang menyebabkan naiknya asam lambung paling kuat adalah porsi makan tidak teratur. Kerap memakan makanan asam dan pedas sehingga kontraksi pada lambung mudah sekali terasa. Sebaiknya Anda menghindari atau bahkan berhenti mengonsumsi makanan seperti ini.

Pasalnya demi kesehatan lambung Anda dan demi mereka yang Anda sayangi, perihal lambung tidak dapat dianggap sepele. Tidak sedikit orang yang abai terhadap gejala sakit lambung karena menganggapnya dapat selesai dengan obat warung biasa, namun akhirnya meninggal karena lambung rusak.

  1. Menghindari Kebiasaan Tidak Sehat

Hal ini sangat umum, namun pengertiannya adalah Anda tidak memiliki kecanduan terhadap rokok dan tidak tergoda untuk langsung berbaring pasca makan. Konon, menurut para perokok, tidak merokok setelah makan itu mulut akan terasa asam. Padahal justru napas akan asam apabila mengisap rokok.

Berbaring setelah makan langsung juga memang sangat menggoda, terlebih setelah kita makan makanan yang lezat dan kekenyangan. Namun, berbaring langsung setelah makan juga merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung pada seseorang. Tunggu setidaknya 3 jam agar dapat berbaring.

Ketika selepas makan dan langsung berbaring bukan hanya menyebabkan asam lambung naik, namun berbagai permasalahan lainnya seperti naiknya gula darah dan kolesterol. Hal ini sudah jelas mengganggu, terutama jika Anda masih muda. Olahraga saja tidak cukup, pola hidup juga penting.

  1. Menghindari Pakaian Ketat di Bagian Perut

Hindari bagian atau pakaian yang menekan perut sebab bukan hanya napas Anda yang akan terasa sesak, lambung juga akan merasa tidak nyaman dan asam lambung akan naik drastis. Sebaiknya menggunakan pakaian yang longgar atau nyaman dengan tubuh, jangan mengenakan pakaian ketat.

Pakaian yang cenderung ketat, terutama di bagian perut akan menekan lambung sampai terasa mual ke kerongkongan. Mual yang sudah masuk ke kerongkongan biasanya akan segera membuat Anda ingin muntah. Gejala ini akan semakin terasa apabila Anda dalam kondisi dari berdiri hendak ke posisi duduk.

  1. Cukup Tidur

Cukup tidur juga menjadi salah satu cara menyembuhkan asam lambung yang naik paling cepat. Untuk semua jenis penyakit, kecukupan waktu tidur memang metode paling andal menyembuhkan berbagai rasa sakit. Jika mulai terasa tidak nyaman, posisikan tubuh senyaman mungkin hingga sakit hilang.

Refluks asam lambung akan segera bereaksi terhadap tubuh jika Anda mudah stress karena berbagai hal, biasanya penyebab paling kuat adalah pekerjaan. Bekerja dengan tekun memang diperlukan, namun jangan sampai Anda mengabaikan masalah kesehatan, seperti halnya menunda-nunda waktu tidur.

  1. Posisi Dada dan Kepala Lebih Tinggi saat Tidur

Masih berhubungan dengan beristirahat atau tidur, ada posisi tidur yang efektif menangkal rasa tidak nyaman saat asam lambung Anda naik. Jangan sejajarkan dada dan kepala ketika tidur, angkat sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan penanganan akurat. Tumpu saja kepala dan dada Anda dengan bantal.

Berbagai cara ini sebenarnya referensi, nantinya Anda sendiri yang mengatur senyaman apa tubuh saat menghindari rasa sakit. Jika sebuah gerakan atau posisi membuat Anda nyaman, tahan saja selama beberapa menit hingga rasa perih di ulu hati itu benar-benar hilang dan Anda dapat beraktivitas lagi.

  1. Konsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jahe adalah untuk mengatasi permasalahan naiknya asam lambung. Anda dapat memilih hendak mengonsumsi jahe yang mana, apakah jahe dari bentuknya yang utuh atau minuman serbuk yang terpercaya dan aman.

Pastikan saja apabila Anda mengonsumsi minuman jahe serbuk, minuman tersebut sudah benar-benar bebas dari berbagai bahan pengawet. Jika mau lebih aman, Anda dapat menggeprek dan merebus sendiri jahe di rumah untuk kemudian menyeduhnya dengan menggunakan air hangat dan meminumnya. Lakukan metode ini berulang kali sampai dirasa cukup untuk mengobati asam lambung.

  1. Konsumsi Akar Manis

Bukan hanya jahe yang dapat dimanfaatkan untuk menghindari risiko asam lambung berlebihan, namun juga akar manis. Akar manis atau kita mengenalnya juga sebagai licorice memang terkenal ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan pencernaan. Salah satunya, mengobati masalah asam pada lambung.

Bahan kimia yang terdapat alami di dalam tanaman rempah ini bermanfaat bagi Anda guna mengatasi pembengkakan, menyembuhkan radang, dan juga menyembuhkan luka. Agak sulit untuk mencari akar manis, namun Anda pasti dapat memperolehnya jika tekun dan mencari ke tempat yang tepat.

  1. Konsumsi Marshmallow

Marshmallow bukan hanya menjadi camilan manis yang bahkan disukai banyak anak. Ternyata marshmallow juga memiliki manfaat untuk menuntaskan permasalahan asam pada lambung Anda. Konon, daun dan akar marshmallow memiliki kandungan yang baik untuk berbagai masalah pencernaan.

Bahan kimia yang terdapat pada marshmallow dapat membantu meredakan batuk, mengurangi peradangan, dan juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Marshmallow merupakan kudapan yang bermanfaat dan membentuk lapisan pelindung pada kulit serta pada lapisan saluran pencernaan.

  1. Konsumsi Teh Chamomile

Teh merupakan salah satu solusi nyaman dan aman untuk membuat tubuh terasa hangat apabila mual dan kedinginan. Tidak hanya itu, ternyata teh chamomile juga memiliki banyak manfaat untuk membuat tubuh terhindar dari asam lambung berlebihan. Bahkan chamomile dipercaya baik untuk orang yang kesulitan dengan pola tidurnya.

Chamomile dapat menjadi salah satu solusi minuman herbal yang dapat mengurangi permasalahan asam lambung pada tubuh Anda. Namun, penting sekali untuk diperhatikan di sini bahwa asam lambung yang tidak kunjung membaik mungkin mengindikasikan permasalahan lebih serius. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Mengonsumsi sayuran, oatmeal, buah yang tidak asam, dan daging tanpa lemak juga dapat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan pada lambung. Yang pasti adalah di samping berbagai hal di atas, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat nan seimbang sebagai cara mengobati asam lambung.

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/cara-mengobati-asam-lambung-di-rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *