Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

6 Cara Menghilangkan Tahi Lalat yang Aman Tanpa Bekas

3 min read

cara menghilangkan tahi lalat

Berikut cara menghilangkan tahi lalat dengan krim penghilang tahi lalat, crythoreapy, dengan laser, dibakar hingga menggunakan metode bedah

Sehatkuy.com – Tidak semua orang percaya diri dengan adanya tahi lalat, terutama di wajah. Tidak heran apabila banyak yang mencari tahu cara menghilangkan tahi lalat, terutama di area wajah. Kesannya, terutama untuk perempuan, tahi lalat yang tumbuh di wajah itu menghalangi definisi kecantikan bagi para wanita.

Memang tidak semua wanita memiliki anggapan seperti itu, namun kebanyakan bermasalah dengan adanya tahi lalat di wajah. Jika adanya tahi lalat di berbagai area privasi yang tertutup mungkin permasalahannya tidak akan serumit tahi lalat di wajah. Namun, kembali lagi ke kepercayaan diri orang.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah

Jika Anda termasuk salah satu orang yang kebetulan memiliki tahi lalat di area wajah dan merasa terganggu sekali dengan adanya tahi lalat tersebut, ada solusi untuk permasalahan Anda. Terdapat berbagai cara untuk menghilangkan tahi lalat di area wajah, Anda dapat menempuhnya dengan cara:

  1. Menggunakan Krim Penghilang Tahi Lalat

Cara sederhana tanpa harus melalui tahapan rumit untuk menghilangkan tahi lalat di area wajah adalah dengan menggunakan krim. Cara ini merupakan cara paling sederhana, namun membutuhkan kesabaran dan nyali yang besar selama proses pengelupasan tahi lalat dari kulit wajah Anda.

Pasalnya Anda akan diminta untuk menggores tahi lalat terlebih dahulu sebelum akhirnya diterapkan krim ke area luka tersebut. Nantinya krim akan bekerja dari dalam dengan cara membakar lapisan kulit sampai terkelupaslah kulit dan menimbulkan koreng. Jangan khawatir, karena koreng ini sementara.

Ketika sudah waktunya tiba, koreng akan mengelupas dan Anda akan terbebas dari tahi lalat yang selama ini hadir di wajah. Hanya saja untuk menempuh metode ini, Anda membutuhkan waktu agak lama dan butuh kesabaran. Anda juga tidak dapat membuka area wajah sembarangan karena ada koreng.

  1. Pembekuan atau Cryotherapy

Jika ingin menempuh jalur medis, yang notabene lebih aman dan tentunya lebih praktis, Anda dapat menempuh cara pembekuan. Metode ini dilakukan oleh dokter ahli dengan cara membius lokal Anda terlebih dahulu untuk kemudian menyemprotkan nitrogen cair super dingin ke area kulit tahi lalat.

Sensasinya akan sedikit sakit, meskipun sudah dibius lokal. Namun, efek yang akan Anda dapatkan pun tidak main-main karena tahi lalat dapat hilang setelah proses pembekuan selesai. Konon, jalur medis ini biasanya dipergunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang membandel, seperti menonjol atau kutil,

Mengalami masalah kutil pada kulit tentu sangat mengganggu kepercayaan diri. Pembekuan merupakan salah satu cara menghilangkan tahi lalat tanpa metode bedah, namun tentunya setingkat lebih baik daripada pembekuan. Anda dapat memilih metode ini jika dirasa mampu menahan sakit saat prosesi.

  1. Laser

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat tanpa harus bedah adalah menggunakan laser. Namun, penting untuk diperhatikan di sini bahwa metode laser ini tidak sembarangan dimanfaatkan untuk semua jenis tahi lalat. Hanya tahi lalat yang rata dengan kulit saja.

Tahi lalat yang tidak timbul tersebut dapat hilang maksimal menggunakan metode laser bahkan tidak akan meninggalkan jaringan parut berlebihan. Dibandingkan dengan metode bedah, menghilangkan tahi lalat menggunakan laser memiliki risiko minim sakit, tapi hasilnya maksimal asalkan tahi lalat tidak timbul.

Sama seperti metode menghilangkan tahi lalat dengan jalan pembekuan, untuk metode laser juga Anda akan dibius lokal terlebih dahulu. Metode menghilangkan tahi lalat dengan jalan laser ini tidak meninggalkan luka sama sekali dan risikonya pun sangat minim, bahkan Anda akan lebih cepat sembuh.

  1. Dibakar

Tahi lalat yang mengganggu di wajah dapat juga dihilangkan dengan cara dibakar, artinya dokter akan melakukan pemanasan pada kawat dengan bantuan listrik. Kawat yang sudah dibakar atau dipanaskan bersama arus listrik ini akan digunakan untuk membakar bagian lapisan kulit teratas tahi lalat Anda.

Konon, untuk menempuh cara menghilangkan tahi lalat menggunakan metode ini, Anda harus melakukan beberapa kali supaya proses penghilangan benar-benar maksimal. Seperti dua jenis penghilangan tahi lalat sebelumnya, untuk melakukan metode pembakaran ini, dokter pun akan memberikan anestesi lokal.

Sebelum dilakukan prosesi pembakaran, Anda akan diperiksa dulu kondisi tubuhnya apakah sanggup menerima prosedur satu ini atau tidak. Yang terpenting adalah apa pun metodenya, hasilnya dapat menghilangkan tahi lalat secara maksimal, terutama jika tahi lalat sudah mengganggu penampilan Anda.

  1. Dibedah

Untuk metode bedah ini tahi lalat yang diangkat adalah tahi lalat yang sudah timbul, bukan tahi lalat datar dengan kulit seperti metode laser. Sebab, untuk membedah tahi lalat, dokter membutuhkan gunting dan pisau sebagai alat pengangkatnya. Beberapa tahi lalat dengan mudah diangkat menggunakan pembedahan.

Beberapa tahi lalat lainnya membutuhkan prosesi lebih lama atau pengangkatan hingga ke bagian lebih dalam dari kulit. Hal ini bergantung pada seberapa dalam tahi lalat tersebut tumbuh pada kulit wajah setiap orang. Dengan bedah, penyembuhan luka hanya memakan waktu beberapa hari saja.

Dokter juga akan memberikan anestesi lokal agar tidak terasa begitu sakit ketika proses bedah dilaksanakan. Sementara proses penyembuhan membutuhkan waktu kurang lebih seminggu sampai dua minggu, untuk proses pengangkatan tahi lalat sendiri hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja.

Prosesi bedah ini merupakan prosesi lebih bagus di bawah prosesi eksisi elips. Dokter tidak akan sembarangan melakukan prosedur, tentunya Anda akan diperiksa terlebih dahulu untuk kemudian dilakukan tindakan. Yang terpenting adalah Anda tahu manfaat dan risiko dari proses bedan satu ini.

  1. Eksisi Elips

Eksisi elips adalah cara berikutnya yang dapat ditempuh untuk menghilangkan tahi lalat. Konon, metode ini merupakan metode paling invasif dibandingkan berbagai metode lainnya. Eksisi elips diberlakukan kepada orang-orang yang memiliki kecenderungan tanda-tanda tahi lalat dengan gejala kanker.

Orang-orang yang menjalani eksisi elips ini merupakan orang-orang yang tidak cocok dengan metode pengangkatan bedah maupun laser. Dokter akan menerapkan bius lokal untuk kemudian melakukan pencongkelan seluruh elemen tahi lalat dengan sangat cepat sampai tahi lalat bersih ke akar-akarnya.

Proses pengangkatan tahi lalat dengan metode ini kurang lebih selama 20 menit dengan masa pemulihan beberapa hari. Anda akan mengalami bekas jaringan parut berwarna putih yang terus memudar pasca pengangkatan. Tahi lalat niscaya akan menghilang dengan permanen setelahnya.

Penting sekali untuk Anda mengonsultasikan berbagai keluhan ketika tahi lalat terkesan tidak seperti tahu lalat pada umumnya. Jangan anggap remeh tahi lalat karena bisa saja berpotensi kanker. Anda tentu tidak ingin tahi lalat yang sudah mengganggu semakin mengganggu karena diagnose kanker tersebut.

Anda dapat menentukan mana dari berbagai cara di atas yang sekiranya efektif untuk menghilangkan tahi lalat mengganggu. Terutama jika munculnya di area wajah dan merusak kepercayaan diri Anda, lakukan saja tindakan berupa cara menghilangkan tahi lalat sesegera mungkin demi kecantikan Anda.

 

Referensi:

Removing Moles and Skin Tags – Topic Overview http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/tc/removing-moles-and-skin-tags-topic-overview#1 accessed Feb 16 2017

Understanding Mole Removal for Patients. Options and Techniques http://www.consultingroom.com/Blog/340/understanding-mole-removal-for-patients.-options-and-techniques accessed Feb 16 2017

Does Mole-removal Cream Work? http://health.howstuffworks.com/skin-care/problems/treating/mole-removal2.htm accessed Feb 16 2017

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *