Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

9 Cara Menghilangkan Nyeri Haid Pada Hari Pertama Sampai Selesai

3 min read

cara menghilangkan nyeri haid

Ada banyak cara menghilangkan nyeri haid di hari yang berlebih seperti sering berolahraga, banyak minum air putih, hingga mengonsumsi makanan pereda nyeri haid

Sehatkuy.com – “Aduh, nyeri sekali perutku, kenapa ya tiap datang bulan selalu begini?” Ini adalah keluhan yang paling sering didengar dari wanita yang sedang datang bulan.

Akibatnya, jadi mengganggu berbagai aktivitas baik itu bekerja, mengurus anak, atau ngumpul bersama teman. Ada cara menghilangkan nyeri haid yang berlebihan terutama hari pertama untuk mengusir ketidaknyamanan.

9 dari 10 wanita di dunia mengalami nyeri haid kategori ringan, sedangkan satu dari sepuluh wanita pernah merasakan nyeri kategori berat.

Hal ini tergolong normal karena pada saat haid otot rahim mengalami kontraksi untuk meluruhkan pembuluh darah yang menempel pada dinding rahim.

9 Cara Menghilangkan Nyeri Haid Yang Berlebih

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri saat haid. Apalagi jika sudah masuk kategori parah. Semuanya memberikan efek cukup baik, sehingga wanita bisa melanjutkan aktivitasnya seperti biasa.

Berikut ini penjelasan mengenai cara mengatasi nyeri haid yang berlebih untuk Anda.

  1. Istirahat

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah istirahat. Buatlah tubuh Anda rileks dan nyaman dengan posisi tidur yang tepat.

Biasanya posisi menyamping ke kiri atau kanan adalah yang terbaik. Tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan. Cara ini dinilai bisa membantu mengurangi nyeri.

  1. Minum Air Putih

Mungkin Anda bingung mengapa air putih bisa meredakan nyeri? Jawabannya sangat sederhana. Ketika haid, otomatis tubuh mengalami dehidrasi akibat kontraksi otot berlebihan yang membutuhkan energi ekstra.

Apalagi ketika tubuh mengeluarkan zat kimia berupa hormon prostaglandin yang semakin memicu kotraksi rahim. Nah, air putih ini digunakan sebagai pengganti cairan yang hilang.

Cara yang tepat minum air putih saat haid yaitu dengan meminum air hangat saat bangun tidur. Lalu lakukan secara rutin selama seharian dengan jumlah air putih 1,5 liter atau sekitar delapan gelas.

Kalau bisa lebih akan semakin bagus. Karena dapat membantu usus dan pencernaan bekerja dengan baik sehingga memberi efek positif juga bagi rahim.

  1. Olahraga Ringan

Sedang nyeri kenapa olahraga? Jawabannya adalah karena dengan olahraga ringan mampu mengurangi dampak kram perut. Bisa mengontrol pendarahan yang diakibatkan oleh haid serta meminimalisir nyeri punggung.

Saat olahraga, peredaran darah jadi lancar dan kinerja organ tubuh jadi lebih baik. Olahraga yang disarankan adalah jogging setiap pagi minimal 30 menit.

Bisa juga dengan lari santai keliling komplek perumahan atau bersepeda. Selain itu berjalan kaki secara rutin juga mampu mengatasi nyeri saat haid.

Tim dokter professional sudah melakukan penelitian wanita yang rajin olahraga ringan resiko keluhan haidnya lebih rendah daripada yang tidak olahraga.

Baca juga : Cara Agar Cepat Menstruasi dan Pentingnya Siklus Menstruasi Bagi Wanita

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Air hangat mampu membantu otot rahim jadi lebih rileks dan tidak tegang saat kontraksi terjadi.

Cara pertama bisa dengan memasukkan air hangat ke dalam botol kaca. Lalu letakkan di bagian perut selama beberapa menit. Atau digosokkan dengan perlahan ke bagian yang terasa sakit, efeknya akan terasa menenangkan.

Cara kedua dengan menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat. Lalu letakkan di atas perut bagian bawah. Seperti melakukan kompres saat sedang demam.

Jika memungkinkan, Anda bisa juga mengambil kain tebal lalu isi dengan nasi. Kemudian tutup semua sisinya dengan jarum pentul. Kemudian panaskan dengan oven atau di dalam magic com dan letakkan di atas perut.

Selain kompres area perut, berendam air hangat juga mampu mengurangi nyeri haid. Anda bisa melakukan dengan merendam area bahu hingga perut selama 15 menit dan rasakan efeknya. Tinggal isi ember atau baskom dengan air hangat lalu berendamlah.

  1. Olesi Minyak Aromatherapy

Menggunakan aromatherapy bisa mengatasi nyeri akibat haid. Para ahli kesehatan telah melakukan penelitian terkait hal tersebut dan hasilnya memang sangat efektif. Tapi memang tak semua minyak aromatherapy bisa jadi solusi.

Ada beberapa jenis minyak aromatherapy yang disarankan. Seperti minyak mawar, kayu manis, lavender atau cengkeh. Karena dipercaya memiliki zat yang bisa membantu mengurangi kram pada perut penyebab nyeri haid.

  1. Konsumsi Makanan Pereda Nyeri Haid

Salah satu penyebab nyeri pada saat haid adalah asupan gizi yang kurang maksimal. Dimana tubuh kekurangan vitamin B1, B6, D, dan vitamin E.

Padahal komponen itu sangat penting untuk menjaga kinerja otot rahim dan menghindari nyeri serta memproduksi hormon penting bagi tubuh.

Selai Kacang

Kandungan vitamin B6 di dalamnya membantu Anda lebih rileks saat nyeri haid datang. Ditambah pula kandungan magnesium yang memicu terbentuknya senyawa serotonin yang mengelola aliran darah dari otak ke seluruh tubuh.

Selain itu, juga bisa menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar dan mengurangi stimulasi otak untuk merasakan nyeri haid.

Sayur Berwarna Hijau

Brokoli, kangkung dan bayam adalah sayuran kaya vitamin A, B, dan E serta magnesium. Pastinya sangat berguna mengatasi masalah haid. Jangan hanya dikonsumsi saat nyeri haid. Konsumsilah secara rutin agar tak ada lagi keluhan saat haid datang.

Daging Ikan Salmon

Omega-3 yang terkandung dalam daging ini membantu tubuh mengatasi kram. Kandungan lainnya adalah lemak jenis non inflamasi yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Coklat hitam

Jenis coklat ini memiliki komposisi coklat murni paling tinggi yaitu sekitar 70 persen. Dengan mengkonsumsinya saat nyeri haid datang, dapat membuat otot perut menjadi lebih santai.

Karena coklat hitam mampu menstimulasi otak agar rileks, sehingga otomatis membuat saraf juga jadi tenang.

  1. Hindari Rokok

Rokok sangat berbahaya bagi wanita. Bukan saja membuat rahim kering dan susah hamil. Tapi juga menghalangi oksigen masuk ke area pinggang serta panggul.

Otomatis akan berdampak pada nyeri hebat saat haid. Jadi mulai sekarang jika Anda seorang wanita yang merokok, maka berhentilah merokok agar tubuh lebih sehat.

  1. Be Positif

Salah satu alasan nyeri haid parah datang adalah karena pikiran yang terlalu banyak. Bisa jadi karena kerja menumpuk. Masalah dengan pasangan atau hal-hal lain yang seharusnya tak perlu menjadi pikiran sehingga berujung stress.

Jadi, mulai sekarang positif thinking saja pada segala sesuatu di sekitar Anda. Dampaknya akan terasa saat haid datang dimana nyeri akan berkurang.

  1. Minum Obat

Kalau anda ingin yang praktis bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran. Seperti ibuprofen atau paracetamol yang mengandung zat anti nyeri bisa juga Acetaminophen atau aspirin.

Pastikan umur Anda di atas 20 tahun. Pastikan dosis minumnya harus tepat. Ada baiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Walaupun terbilang normal, cara menghilangkan nyeri haid sangat membantu Anda agar tak terus menerus merasakan hal yang sama setiap kali haid.

Jika kondisi semakin parah seperti kram disertai demam. Atau kram yang tak kunjung hilang usai haid. Anda sudah benar-benar tidak tahan dengan rasa nyerinya. Maka ke dokter adalah cara paling tepat agar bisa ditangani dengan cara yang tepat pula.

Sumber:

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-kewanitaan/cara-menghilangkan-mengatasi-nyeri-haid/,
  2. alodokter.com
Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *