Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dengan Mudah

4 min read

cara menghilangkan kutu rambut

Berikut cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen dengan sisir serit, minya esensial, hair dryer hingga dengan minya zaitun

Sehatkuy.c0m – Cara menghilangkan kutu rambut yang mengganggu adalah hal yang Anda butuhkan, terutama apabila pekerjaan Anda berkaitan erat dengan penampilan. Bukan hanya persoalan pekerjaan, namun kutu rambut yang ada dapat membuat Anda tidak percaya diri dan tentunya indikasi tidak sehat sama sekali.

Anda juga pasti tidak nyaman karena adanya dengan adanya kutu rambut, kulit kepala akan terasa gatal dan rambut pun cenderung lepek. Untuk itu, kali ini kita akan membahas beberapa cara untuk mengatasi kutu di rambut. Jangan lagi khawatir ketika kulit rambut Anda diserang segerombolan kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Ada berbagai cara yang dapat ditempuh, namun pun demikian sebaiknya Anda mencegah daripada mengobati. Namun, apabila sudah terlanjur diserang di hewan kecil tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut berikut telurnya yang mengganggu, yakni:

  1. Metode Tradisional Sisir Serit

Siapa yang tak tahu sisir serit jika mengalami rambut yang kutuan? Tentu saja metode ini terbilang sangat sederhana karena cukup menggunakan sisir saja, kutu dipercayai dapat rontok dengan sendirinya. Biasanya orang-orang zaman dulu menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu.

Bentuk sisir serit ini tidak ubahnya seperti sisir biasa, namun jarak antara satu bagian ke bagian lain amatlah tipis karena dibutuhkan supaya kutu-kutu menempel dan terjatuh. Tidak sembarangan juga ketika menggunakan sisir serit, dianjurkan ketika kondisi rambut basah atau setelah Anda keramas.

Lama penggunaan sisir serit ini bergantung pada seberapa banyak kutu yang ada di kepala dan seberapa tebal rambut Anda. Akan lebih efektif jika Anda memotong rambut terlebih dahulu agar kerja sisir serit semakin maksimal. Biasanya 3 sampai 4 hari dalam seminggu, dikalikan beberapa minggu, kutu bersih.

Biasanya yang dilakukan oleh orang zaman dulu ketika memanfaatkan sisir serit adalah menggencet kutu menggunakan kuku. Ada sensasi tersendiri ketika bunyi kutu berbarengan dengan darah yang menempel ke kuku. Semakin banyak yang didapatkan, semakin seru juga orang yang mencari kutu.

  1. Memanfaatkan Minyak Esensial

Jika menggunakan sisir serit masih belum ampuh, Anda dapat memanfaatkan minyak esensial untuk menghilangkan kutu pada rambut. Namun, ketika minyaknya sudah dioleskan ke rambut, Anda tetap harus menyisir rambut agar benar-benar terbebas dari kutu. Fungsi minyak esensial untuk melancarkan.

Ada berbagai minyak esensial yang dapat dipergunakan untuk menghilangkan kutu pada rambut. Berbagai minyak esensial tersebut, diantaranya tea tree oil, lavender, cengkeh, kayu putih, eucalyptus, adas, daun kayu manis, daun thyme merah, peppermint, dan yang terakhir adalah minyak esensial pala.

Cara menggunakan minyak esensial oil ini ialah dengan mencampurkan beberapa tetes dengan minyak zaitun kemudian teteskan ke kulit kepala. Diamkan dulu selama 12 jam baru kemudian lanjutkan tahapan dengan sisir serit. Niscaya para kutu yang membandel akan segera luntur terbawa sisir serit.

Penggunaan minyak esensial oil ini dapat Anda sesuaikan aromanya dengan selera. Bukan hanya dapat merontokkan kutu di kepala, namun juga dapat membuat kulit kepala lebih sehat dan lebih beraroma. Jangan terlalu berlebihan menggunakan dosisnya, cukup 10 sampai 12 tetes minyak esensial saja.

  1. Memanfaatkan Produk Rumah Tangga

Jangan salah, mengusir kutu membandel juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan rumah tangga. Anda dapat memanfaatkan mayonnaise, minyak zaitun, petroleum jelly, dan yang terakhir adalah mentega atau butter. Anda tinggal memilih sendiri hendak menggunakan yang mana.

Untuk memanfaatkan berbagai bahan rumah tangga ini, Anda tinggal mengoleskan satu diantaranya ke kulit kepala. Tutupi dengan shower cap agar tidak terkontaminasi zat lain dan Anda pun mudah melakukan pergerakan ketika dibutuhkan. Diamkan selama beberapa waktu sampai dirasa cukup.

Jika sudah selesai, Anda tinggal membilas rambut yang dibiarkan terkena berbagai bahan rumah tangga tadi. Sisir rambut dengan menggunakan sisir di saat masih basah supaya mudah para kutu dan ketombe serta telurnya meluntur dari rambut Anda. Lakukan beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Namun, tidak sedikit orang yang masih mempermasalahkan metode ini karena dianggap belum begitu efektif. Semua kembali lagi kepada Anda, hendak memercayai metode pengusiran kutu yang mana. Yang jelas semuanya dapat ampuh jika Anda menjalankannya dengan konsisten dan cara yang benar pula.

  1. Menerapkan Metode Alami

Ada berbagai metode alami yang dapat Anda terapkan untuk menghilangkan kutu pada seluruh area rambut kepala. Berbagai tindakan alami tersebut, bisa dengan dua cara, yakni proses pengeringan rambut dan juga proses membotaki kepala. Kedua cara ini dapat Anda lakukan atau salah satunya

Jika terbiasa dengan alat pengering rambut, seperti hair dryer, pasti tidak asing ketika harus menggunakan alat tersebut. Hanya saja, jangan sampai keinginan untuk menghilangkan kutu membuat Anda menggunakan suhu panas yang keterlaluan. Hati-hati, dapat merusak kesehatan rambut Anda.

Jika tidak ada hair dryer dan Anda sudah terlalu gemas dengan kegatalan di kulit kepala, dapat juga dengan menempuh cara membotaki rambut. Hal ini tidak akan masalah ketika pria yang melakukan. Namun, untuk wanita biasanya akan berpikir dua kali. Namun, demi kesehatan rambut, kenapa tidak?

Terutama jika Anda adalah wanita yang mengenakan hijab, pasti tidak bermasalah dengan salah satu metode ini. Namun, lakukan saja mana pun metode yang membuat Anda nyaman.

  1. Membersihkan Barang-barang di Rumah

Pembersihan berbagai barang di rumah juga penting. Anda bisa saja mengabaikan hal ini, padahal sebenarnya ada kaitan jelas antara barang-barang di rumah dengan kebersihan kulit kepala. Banyak hal yang harus dilakukan ketika melakukan pembersihan barang-barang di rumah, yakni:

  • Bersihkan berbagai alat tidur karena semua benda tersebut yang langsung berkaitan dengan tubuh Anda, terutama rambut. Bersihkan sprei, sarung bantal, selimut, sampai dengan ikat rambut jika Anda terbiasa tidur dengan rambut terikat.
  • Metode mencuci berbagai alat di atas juga tidak sembarangan. Anda sebaiknya memanaskan air mencapai suhu 54 derajat celcius. Setelah itu, keringkan semua benda di bawah suhu panas. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak dapat segera mencucinya, simpan saja di plastik selama 2 minggu.
  • Bersihkan pula berbagai barang yang berhubungan langsung dengan rambut, seperti sisir dan aksesoris lainnya. Cuci semua benda tersebut dan gunakanlah air panas untuk sterilisasi.
  • Jika ada barang-barang yang kerap menempel pada Anda, terutama saat di tempat tidur, sebaiknya dibersihkan pula. Mungkin akan ada beberapa barang yang tidak dapat dicuci basah, Anda dapat memanfaatkan metode pencucian dry clean. Misal, mencuci boneka dan
  • Untuk karpet dan sejenisnya yang tidak dapat dicuci, Anda juga dapat memanfaatkan vacuum cleaner untuk menghilangkan berbagai noda berikut kutu-kutu yang mungkin saja menempel.

Yang paling penting dari keseluruhan metode di atas adalah konsistensi Anda dalam mencegah kedatangan kutu rambut di kemudian hari. Bukan berarti kutu rambut sudah hilang, hilang pula fokus Anda untuk menguasai cara menghilangkan kutu rambut. Ingat, mencegah lebih baik dari mengobati.

 

Referensi:

Greive, et al. NCBI (2017). The efficacy of Australian essential oils for the treatment of head lice infestation in children: A randomised controlled trial. The Australasian Journal of Dermatology.
Lamb, et al. DermNet New Zealand (2015). Topics A – Z. Head lice.
Skerrett, P. Harvard Medical School Harvard Health Publishing (2017). Treatment for head lice effective with one dose and no combing.
Mayo Clinic (2017). Diseases & Conditions. Head Lice.
Wilson, J. Parents (2013). Best Ways to Fight Lice.
Healthline (2017). How to Kill Head Lice.
DeGrandpre, Z. & Krucik, G. Healthline (2013). Home Remedies for Head Lice: What Works?
Gupta, R. Kids Health (2015). For Teens. Head Lice.
Pallarito, K. Health (2015). 20 Ways to Kill Head Lice.
Gardner, S. WebMD (2017). What’s the Treatment for Lice?

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *