Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Medis Dibahas Lengkap

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan lidah buaya, oatmeal, gandum hingga pasta gigi. Sementara secara medis dengan mikrodermabrasi, peeling hingga laser.

Sehatkuy.com – “Dina, wajah kamu kok banyak komedonya sih?”, pertanyaan itu seolah membuat dunia berakhir bagi seorang wanita. Bagaimana tidak, letaknya yang strategis di bagian hidung dan pipi, membuat wajah seperti memakai bedak yang tak rata. Anda punya masalah serupa? Mau tau cara menghilangkan komedo?

Dikutip dari situs Alodokter.com, komedo itu merupakan tonjolan pada pori-pori di kulit, yang akan jadi jerawat, warnanya ada dua yaitu gelap atau putih.

Lokasi yang paling disukainya adalah wajah, dada, lengan atau punggung. Sedangkan Wikipedia menyebutkan komedo terbentuk dari sel kulit yang mati serta adanya sekresi dari minyak di bagian tubuh tertentu.

Begini Cara Menghilangkan Komedo Secara Medis

Secara umum, melalui alodokter.com, membasmi komedo bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan krim khusus yang dijual bebas.

Jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, biasanya akan diberi krim yang mengandung zat pembunuh komedo seperti tretinoin, adapalene, atau azelaic acid.

Fungsinya membantu regenerasi sel dan mengatasi pori-pori yang tersumbat. Apakah ada cara lain? Nah, ini dia cara cepat menghilangkan komedo di hidung secara medis.

  1. Mikrodermabrasi

Berbeda dengan cara menghilangkan komedo secara alami. Mikrodermabrasi fungsinya membersihkan bagian terluar kulit dan mencegah terjadinya penyumbatan agar komedo tidak timbul atau dikenal dengan eksfoliasi. Hanya tenaga ahli yang bisa melakukan ini yaitu dokter kulit dan kecantikan.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, andapun bisa melakukannya sendiri di rumah, tinggal membeli alat dan serum yang dipakai.

Nama alatnya crystal treatment, berbentuk seperti pistol yang pada ujungnya terdapat bagian bulat melengkung sebagai tempat serum eksfoliasinya bekerja. Serumnya bisa anda beli dan pastikan saja krim tersebut diperuntukkan bagi eksfoliator.

  1. Laser

Metode laser memang sangat diminati karena tidak menimbulkan sakit. Fungsinya adalah menjaga produksi minyak pada wajah dan sekitarnya, serta membunuh bakteri yang jadi cikal bakal komedo hitam muncul.

Penggunaan laser ini biasanya tersedia di klinik kecantikan atau dokter kulit, karena butuh kemampuan khusus dalam mengoperasikannya.

Baca juga : Pembahasan Lengkap Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Medis

  1. Manual

Pembersihan dengan cara ini dilakukan dengan tangan dan dibantu alat khusus yang banyak dijual di pasaran.

Tapi untuk hasil terbaik, lebih baik konsultasi dengan dokter kulit dan biarkan dokter yang melakukannya untuk hasil permanen.

  1. Peeling

Cara ini lain lagi, bukan menggunakan alat, namun campuran bahan kimia yang dioleskan pada bagian terkena komedo.

Selanjutnya, pengelupasan akan terjadi dimana komedo akan terangkat berikut sel-sel mati, sekaligus membuat pori-pori mengecil sehingga komedo enggan muncul lagi.

Peeling juga ada yang terbuat dari bahan herbal, yang berbentuk cair.

Penggunaannya adalah dengan menguapkannya dan diletakkan di depan bagian tubuh tempat munculnya komedo.

Memang, untuk hasil tak bisa sekali treatment langsung tuntas. Butuh beberapa kali, sesuai banyaknya komedo di tubuh Anda.

Cara Alami Menghilangkan Komedo Membandel

Selain menggunakan cara medis yang kebanyakan dilakukan oleh dokter ahli. Untuk menghilangkan komedo juga bisa dilakukan dengan metode alami menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda.

Hasilnya tak kalah memuaskan, apalagi dengan cara ini bisa mengurangi resiko jangka panjang bagi kulit. Karena bahan yang digunakan langsung dari alam tanpa tambahan zat kimia. Penasaran?

  1. Lidah Buaya

Pengaplikasian dengan bahan ini, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin.

Khasiatnya selain menghilangkan komedo, juga untuk menghilangkan keriput, dan menjaga kekenyalan kulit. Anda bisa minum sehari satu gelas

Cara kedua adalah dengan membuat masker lidah buaya. Sangat mudah, cukup ambil bagian dalam bunga lidah buaya yang berbentuk agar-agar itu.

Masukkan dalam wadah, hancurkan hingga benar-benar halus dan oleskan pada bagian yang berkomedo.

Biarkan 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Penggunaan ini bisa rutin 1 hari sekali.

  1. Oatmeal

Kandungan avenathramides di dalamnya mampu meminimalisir antihistamin dalam tubuh penyebab awal hadirnya komedo.

Untuk mendapatkan bahan ini juga tidak sulit. Karena pastinya Anda pernah mengkonsumsi oatmeal sebagai sarapan atau campuran untuk membuat kue.

Cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan bahan ini dengan mencampurkan oatmeal dengan yoghurt dengan takaran sama banyak.

Haluskan, lalu oleskan pada bagian yang ada komedonya. Diamkan 15 hingga 20 menit sampai kering dan bilas dengan air bersih. Hasilnya langsung bisa dirasakan usai pemakaian pertama.

  1. Pasta Gigi

Mungkin Anda sedikit bingung, kenapa bisa menggunakan pasta gigi padahal fungsi utamanya untuk membersihkan gigi.

Baca juga : 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras Dijamin Bersih

Jawabannya karena pasta terutama yang beraroma menthol memberikan efek dingin dan mematikan kuman termasuk komedo.

Caranya cukup ambil pasta sesuai kebutuhan, oles pada bagian tubuh dan wajah berkomedo, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air.

  1. Tepung Gandum

Jika biasanya jenis tepung ini digunakan untuk membuat kue. Anda ternyata bisa juga menggunakannya melawan komedo.

Caranya dengan membuat pasta khusus dari tepung gandum dan air.

Pengaplikasiannya hampir sama seperti oatmeal, yaitu dioleskan pada bagian berkomedo. Lakukan secara rutin minimal tiga kali seminggu.

  1. Tanah Liat

Kandungan di dalam tanah liat terbukti mampu membantu menghilangkan komedo. Akan tetapi memang bukan sembarangan tanah liat.

Anda bisa membeli masker tanah liat khusus menghilangkan komedo yang sudah dijual bebas.

Cara memakainya langsung aplikasikan ke wajah. Lakukan dua kali seminggu. Minimal penggunaan sebulan, akan terlihat hasilnya.

Untuk menjaga kadar minyak di bagian tubuh berkomedo, bisa dengan baby oil yang diolesi pada wajah secara merata.

Serta bagian lainnya yang menjadi tempat strategis komedo muncul. Lakukan hanya ketika Anda merasa kulit lebih kering dari biasa. Sebab jika dipakai berlebihan akan berpotensi menimbulkan minyak berlebih.

  1. Putih Telur

Selain berfungsi untuk menghilangkan kerutan di wajah. Masker alami dari telur ini juga menjadi salah satu cara menghilangkan komedo secara alami.

Caranya sangat sederhana, cukup pisahkan putih dan kuning telur. Bagian putihnya dioleskan pada wajah secara merata, diamkan 15 menit ke atas, setelah itu cucilah muka dengan air hangat hingga bersih.

Terkadang ada yang tak suka bau anyir dari telur. Nah, supaya tetap nyaman menggunakannya sebagai masker bisa dicampurkan dengan sedikit jeruk nipis.

Jangan khawatir efeknya, sebab jeruk nipis juga bermanfaat untuk kesehatan wajah Anda secara alami.

  1. Tomat

Si merah yang satu ini punya khasiat luar biasa untuk membantu mengatasi masalah komedo.

Kandungan antioksidan di dalam buah tomat dipercaya mampu membuang sel mati. Membuat pori-pori jadi kecil yang otomatis meminimalisir adanya komedo.

Cara kerjanya cukup bersihkan tomat, blender atau haluskan hingga jadi bubur. Oleskan pada bagian wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Jika dilakukan teratur, dipastikan komedo tak berani datang lagi.

Semoga informasi sekaitan komedo di atas bisa membantu Anda mengatasi masalah si bintik ini.

Yang pasti, kebersihan dan ketelatenan menjaga kulit adalah kuncinya. Jangan lupa melakukan pencegahan secara rutin.

Baik itu mencuci muka, mencuci tangan, dan menjalankan pola hidup sehat, agar komedo tak berani datang lagi.

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *