8 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Hilang Permanen

3 min read

cara menghilangkan ketombe

Berikut cara menghilangkan ketombe yang sangat ampuh seperti menggunakan cuka apel, jeruk lemon, minyak zaitun, minyak kelapa hingga menggunakan daun sirsak

Sehatkuy.com – Siapa yang tak kesal dengan kepala gatal yang tidak ada ujungnya. Kondisi gatal pada kepala menyebabkan kegelisahan dan meningkatkan emosi pada diri seseorang. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kepala seseorang gatal-gatal, salah satunya adalah ketombe.

Ternyata banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe yang ampuh. Namun, sekarang sudah banyak produk sampo yang menawarkan sampo antiketombe.

Tapi, tidak semua orang bisa cocok dengan produk sampo tersebut. Bukan ketombe hilang yang didapat justru ketombe semakin menumpuk dan masalah rambut semakin banyak datang seperti rambut rontok dan rambut rusak.

Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami

Penyebab munculnya ketombe bermacam-macam, mulai dari jamur yang menyebabkan munculnya ketombe seperti pityriasis capitis dan malassezia globosa yang menyebabkan kulit kepala mengering dan terkelupas.

Pada kondisi yang parah, ketombe dapat menyebabkan iritasi dan kulit kepala menjadi merah serta menyebabkan gatal yang membuat emosi memuncak.

Penggunaan produk sampo yang tidak tepat dapat menjadi masalah bagi kulit kepala Anda. Bisa saja kulit kepala tidak cocok dengan bahan kimia yang terdapat pada sampo yang digunakan tersebut.

Agar kulit kepala tetap aman dan ketombe dapat musnah dari kepala, sebaiknya gunakan bahan alami sebagai pencegahan atas ketidakcocokan tersebut.

Berikut merupakan bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe secara ampuh dan tentunya aman untuk kulit kepala Anda, di antaranya:

  1. Cuka apel

Selain dapat menghilangkan flek hitam atau bintik hitam pada kulit wajah, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe membandel di kepala.

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dan Terbukti Ampuh

Cuka apel dapat meringankan gatal di kulit kepala secara bertahap dan mengurangi gatal tersebut secara perlahan-lahan. Kandungan dalam cuka apel dapat membunuh jamur yang menyebabkan munculnya ketombe.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk kulit kepala agar bebas ketombe adalah dengan mencampurkannya dengan air bersih untuk digunakan sebagai sampo perawatan anti ketombe.

Gunakan sampo yang terbuat dari campuran cuka apel dan air ini selama beberapa hari untuk menghilangkan ketombe yang ada pada kulit kepala Anda.

  1. Minyak organo

Minyak organo disebut juga dengan tea tree oil yakni minyak yang terbuat dari ekstrak pohon teh. Minyak organo memiliki beberapa manfaat yakni dapat dijadikan sebagai bahan antibakteri, antivirus dan antijamur yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Penggunaan tea tree oil dapat mengurangi infeksi dan peradangan pada kulit kepala akibat ketombe. Cukup oleskan minyak organo pada kulit kepala yang mengalami masalah ketombe sebagai minyak rambut secara teratur.

Penggunaan minyak organo sebagai penghilang ketombe secara teratur dapat meringankan rasa gatal yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Anda juga dapat meminumnya untuk menghilangkan jamur ketombe dari dalam.

  1. Minyak kelapa

Minyak selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe adalah minyak kelapa. Jika biasanya minyak kelapa digunakan untuk campuran masakan, ternyata minyak kelapa memiliki penggunaan lain yakni untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kecantikan seperti melentikkan bulu mata dan mempertebalnya. Penggunaan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe caranya cukup mudah. Anda akan mendapatkan manfaat ganda dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala Anda.

Selain ketombe dapat hilang dengan sekejap, rambut Anda akan menjadi lebih berkilau. Sisir rambut setelah mengolesnya dengan minyak kelapa agar ketombe bisa terangkat.

  1. Jeruk lemon

Jika biasanya jeruk lemon digunakan untuk membuat minuman segar atau sebagai campuran masakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Seperti yang telah lama diketahui bahwa lemon banyak digunakan untuk campuran produk sampo antiketombe.

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan ketombe cukup mudah. Pertama, Anda dapat menggunakan jus lemon yang telah dicampur dengan air untuk mengolesi kulit kepala yang terserang ketombe dan diamkan selama beberapa menit hingga meresap, kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi pemakaian tersebut secara teratur.

Cara kedua yakni dengan menggosokkan buah lemon yang telah dibelah menjadi beberapa bagian kecil ke kulit kepala yang terserang ketombe kemudian sisir rambut Anda untuk mengangkat ketombe. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang lumayan lama, namun efektif untuk mengangkat ketombe dari kulit kepala.

  1. Minyak zaitun

Kulit kepala yang kering dan bersisik dapat dilembabkan dengan menggunakan minyak zaitun yang dioleskan pada kulit kepala tersebut. Kulit kepala yang lembab akan mampu mengangkat ketombe dengan sendirinya. Anda mungkin akan sedikit merasa jijik dan kaget saat menyisir rambut Anda yang telah diolesi dengan minyak zaitun.

Hasil yang didapat dari penggunaan minyak zaitun yakni ketombe akan terangkat dengan ukuran yang cukup besar dari ketombe yang biasa digaruk.

Cara penggunaan minyak zaitun cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya kemudian ratakan dengan sisir agar minyak zaitun meresap ke semua kulit kepala Anda. Diamkan selama beberapa menit dan sisir kembali rambut Anda.

  1. Baking soda

Hati-hati dalam menggunakan baking soda sebagai bahan penghilang ketombe. Cukup gunakan dengan dosis yang sewajarnya saja, karena baking soda bersifat abrasif.

Penggunaan yang berlebihan dapat mengakibatkan sensasi kulit terbakar dan dapat menimbulkan alergi pada penggunanya. Jadi, cukup gunakan dosis yang telah digunakan.

Cara menggunakan baking soda dengan tepat untuk menghilangkan ketombe yakni larutkan baking soda sebanyak setengah sendok teh dengan air dan aduk hingga mengental.

Gunakan bahan campuran tersebut untuk mengoleskan kepala. Tunggu selama beberapa menit agar baking soda bekerja pada kulit kepala untuk mengangkat ketombe, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

  1. Daun sirsak

Daun sirsak ternyata juga memiliki manfaat untuk rambut, yakni sebagai pembasmi kutu alami dan menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama ambil beberapa helai daun sirsak kemudian tumbuk daun sirsak tersebut hingga halus. Beri sedikit air untuk melarutkan sari daun sirsak yang sudah ditumbuk tadi.

Balurkan hasil tumbukan daun sirsak yang telah diberi air tadi ke kulit kepala yang terkena ketombe. Tunggu beberapa saat sekitar 30 menit agar kandungan daun sirsak dapat bekerja maksimal pada kulit kepala.

Setelah sekitar 30 menit bilas rambut Anda dengan air bersih. Kandungan acitogenik pada daun sirsak dapat membunuh parasit pada rambut Anda.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama dipercaya dapat menghitamkan rambut. Selain itu, lidah buaya juga dapat menghilangkan ketombe.

Cara penggunaan lidah buaya ini cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke rambut Anda dan pijat perlahan. Diamkan selama sekitar 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih untuk menghilangkan ketombe yang sudah terangkat.

Kandungan vitamin yang terdapat pada lidah buaya juga bagus untuk pertumbuhan rambut Anda. Rambut akan menjadi lebih lebat dan lebih berkilau.

Gunakan secara teratur bahan-bahan alami di atas sebagai cara menghilangkan ketombe yang aman dan ampuh. Tetap berhati-hati terhadap bahan abrasif, gunakan sesuai dosis dan takaran yang wajar.

 

Sumber :

www.doktersehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *