10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras Dijamin Bersih

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras cukup mudah yakni dengan baking soda, biji wijen, lidah buaya hingga minyak kelapa

Sehatkuy.com – Karang gigi kerap menjadi masalah yang mengganggu, itulah sebabnya Anda wajib tahu bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang tepat. Pembahasan di bawah ini akan mengulas seputar beberapa cara ampuh untuk membuat gigi Anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit mengganggu.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan ketika melakukan pembersihan gigi, diantaranya datang ke dokter langsung atau membersihkannya sendiri di rumah. Pembahasan berikut merupakan detailnya.

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Karang gigi yang mengeras akan mengganggu kondisi mulut dan gigi serta menimbulkan bau mulut tidak sedap bagi penderitanya. Bukan hanya Anda yang tidak nyaman, namun nafas berbau juga membuat banyak orang di sekeliling Anda turut tidak nyaman.

Di bawah ini ada beberapa cara membersihkan karang gigi yang bisa dilakukan. Anda bisa menirunya di rumah sebelum mendatangi dokter untuk berkonsultasi.

  1. Baking Soda

Menggunakan baking soda sebagai elemen untuk memutihkan dan membersihkan gigi sangatlah mudah, Anda bisa menuangkan baking soda ke atas sikat gigi dan menyikatkannya pada gigi.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan garam supaya proses pembersihan menjadi lebih baik lagi. Bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai pasta gigi, baking soda juga bisa dicampurkan dengan air dan dijadikan cairan untuk berkumur.

Cara membuatnya adalah mencampurkan 1,5 cangkir baking soda dengan secangkir air, esensial lemon, gliserin, dan lidah buaya, untuk kumur 2 kali dalam 1 hari. Dengan mudah Anda bisa mencobanya di rumah untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi bagi gigi.

Baca juga : 6 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dan Permanen

  1. Strawberry dan Tomat

Kedua buah yang kaya akan vitamin c ini memiliki kandungan baik untuk kesehatan dan kebersihan rongga mulut. Cara pemakaiannya juga sangat sederhana. Anda tinggal menggosokkan kedua buah ini ke seluruh gigi selama kurang lebih 5 menit supaya karang gigi melunak dan meluntur dengan mudah.

Setelah proses penggosokan, Anda bisa melanjutkannya dengan berkumur menggunakan air hangat hingga bersih. Jika pun tidak ada strawberry atau tomat, Anda bisa menggantinya dengan buah lain, seperti paprika, lemon, berry, jambu biji, berbagai jenis jeruk dan juga buah pepaya.

  1. Keju

Penyuka keju jenis swiss dan cheddar pasti senang ketika mendapati kabar ini. Bahkan ada yang bilang jika semakin tua usia keju, semakin bagus juga untuk kesehatan gigi. Kandungan baik pada keju dibuat sebagai penetral asam berlebihan sehingga bisa mencegah datangnya plak mengganggu pada gigi.

Konsumsi keju untuk menetralkan asam tersebut konon sangat bagus jika Anda mengonsumsinya sebelum waktu makan. Bukan hanya keju, penelitian dari The Student Care Centre Universitas Chicago juga menyarankan pengonsumsian kacang merah untuk menetralkan asam berlebih pada gigi Anda.

  1. Biji Wijen

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan sebagai pembersih alami untuk karang gigi yang membandel adalah biji wijen. Kudapan mini ini bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pembersih dengan cara mengunyahnya sampai menjadi scrub alami. Kemudian melakukan pembersihan dengan sikat gigi dalam kondisi kering.

Ketika dikunyah, pastikan Anda tidak menelan biji wijen tersebut karena peranannya bertindak sebagai scrub, bukan kudapan. Permukaan dari kunyahan wijen yang cenderung kasar bisa Anda jadikan bahan pembersih alami yang lebih mudah didapatkan serta minim risiko dibandingkan dengan bahan kimia.

  1. Buah Ara

Buah ara adalah buah tin yang bentuknya nyaris menyerupai delima. Buah satu ini tergolong sebagai buah keramat yang sudah disebutkan dalam Kitab Suci Al-Quran. Bukan hanya dalam agama Islam, pohon ara juga memiliki nilai sangat keramat dalam penjelasan kitab suci umat Budha dan Hindu.

Dalam kepercayaan Kristen, konon buah ini juga telah diabadikan dalam Perjanjian Lama sebagai buah kaya manfaat. Tidak heran kalau banyak orang memercayai buah satu ini sebagai buah keramat dan keuntungan lainnya adalah Anda bisa mengaplikasikan buah ini untuk kebersihan gigi dan mulut Anda.

  1. Hidrogen Peroksida

Penggunaan hidrogen peroksida sebagai bahan pembersih karang gigi yang membandel bisa Anda aplikasikan dengan cara mencampurkannya dengan antiseptic mouthwash. Buat larutan dan gunakan per 10 ml setiap satu kali berkumur kurang lebih selama 1 menit atau bisa juga dalam waktu lebih.

Setidaknya dalam satu hari Anda bisa menggunakan larutan ini sebagai pembersihan terhadap gigi yang digunakan untuk mengunyah berbagai makanan. Jika bisa, bahkan berkumur dengan larutan ini harus Anda lakukan setiap kali setelah makan untuk pembersihan yang lebih maksimal terhadap karang gigi.

  1. Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa untuk menyelamatkan kesehatan mulut dan gigi juga bisa Anda lakukan dengan cara berkumur saja. Anda bisa melakukan kumur selama kurang lebih 15 sampai 20 menit dan kemudian mengeluarkannya. Setelah itu, tinggal menyikat gigi seperti biasanya seperti saat mandi.

Lakukan pembersihan ini selama satu hari, di pagi hari sebelum Anda mengunyah makanan apa pun. Niscaya jika rutin melakukan pembersihan, Anda akan mendapati kondisi gigi lebih sehat dan terhindar dari gangguan karang serta nafas pun tidak akan berbau tidak sedap karena karang gigi memudar.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman kaya manfaat yang memberikan banyak kandungan bagus untuk rambut sampai dengan ujung kaki. Apalagi baru-baru ini muncul berbagai produk kecantikan dari lidah buaya yang memberikan nutrisi terbaik untuk kulit Anda secara menyeluruh.

Anda tidak perlu membeli gel yang sudah dibanderol dengan harga beragam oleh brand-brand tertentu. Cukup menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan untuk membersihkan gigi dengan cara meletakkan gel tersebut pada gigi sampai dengan batas gusi, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

  1. Cengkeh

Di samping bermanfaat banyak untuk bahan bumbu makanan, cengkeh juga memiliki kandungan penting untuk membersihkan karang gigi. Cengkeh mengandung zat baik yang bisa menangkal perkembangan mikroba penyebab plak serta karang gigi, di samping bisa dijadikan obat sakit gigi.

Untuk hasil yang optimal, Anda bisa menambahkan cengkeh dengan minyak zaitun sebelum mengaplikasikannya ke gigi. Diamkan campuran kedua bahan tersebut di gigi selama beberapa waktu sampai dengan dirasa cukup. Setelahnya Anda bisa membersihkan sisanya menggunakan air hangat.

  1. Cuka Putih

Terakhir, produk alami yang bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi adalah cuka putih. Kandungan asam asetat pada gigi bisa membantu pencegahan desemineralisasi email dan plak.

Pencampuran cuka dengan bahan lainnya sangat mudah, yakni Anda cukup mengombinasikan cuka dengan garam yang dilarutkan ke dalam air hangat dan menggunakannya selama 1-2 kali sehari.

Berbagai cara di atas bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko berbagai penyakit serius yang mengganggu kondisi fisik.

Permasalahan gigi bukanlah hal sepele sebab bisa merusak saraf sehingga efeknya berlanjut ke sakit kepala sampai sakit serius lainnya. Dengan mengetahui cara menghilangkan karang gigi di atas, ada langkah nyata yang bisa Anda percayakan kepada dokter sebagai pengobatan yang aman.

Sumber:

https://www.honestdocs.id/13-cara-membersihkan-karang-gigi-bahan-alami

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *