4 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Cepat dan Permanen

3 min read

cara menghilangkan kantung mata

Berikut cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami, cepat dan permanen seperti menggunakan mentimun, kantong teh, minyak almond hingga es batu

Sehatkuy.com – Mengaplikasikan cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami adalah hal yang memberikan keuntungan dibandingkan dengan Anda harus menghilangkan kantung mata dengan perawatan ribet. Kantung mata yang mengganggu memang akan mengurangi kepercayaan diri dan minus di penampilan.

Kemunculan kantung mata biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya karena kekurangan tidur atau tidak menerapkan pola hidup yang sehat. Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga bisa menjadi sebab munculnya kantung mata atau lingkar mata yang membandel di sekitar area mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Memang semakin sibuk kita, semakin berkurang pula waktu tidur yang digunakan selama seharian. Padahal waktu tidur yang berkecukupan bukan hanya menghindarkan kantung pada mata, tapi juga memberikan efek baik bagi kesehatan. Sayangnya, alasan pekerjaan dan tugas tidak bisa dihindarkan.

Untuk mengatasi lingkaran hitam membandel di mata, Anda bisa menerapkan perawatan dari berbagai bahan alami di bawah ini:

  1. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang tidak asing lagi bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan kantung hitam pada mata. Bukan hanya perkara lingkaran hitam di area mata, namun penggunaan mentimun lebih jauh juga bisa menghilangkan bengkak di sekitar area kedua belah mata.

Mentimun ini memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk membantu kesehatan mata. Kandungan antioksidan ini merupakan salah satu kandungan baik pada mentimun yang bisa membantu mengobati peradangan. Jadi, selain enak untuk dijadikan acar, mentimun juga memiliki fungsi lainnya.

Pemanfaatan mentimun untuk menghilangkan kantung pada mata bisa dimaksimalkan dengan mengolahnya menjadi masker. Untuk hasil yang maksimal dan lebih segar, Anda bisa menyimpan mentimun di kulkas untuk kemudian diiris dan diaplikasikan selama 10 menit saja dengan mata terpejam.

Penggunaan mentimun untuk menghilangkan kantung mata membandel sudah tidak asing lagi karena banyak juga produk kecantikan yang memformulasikan mentimun dengan bahan-bahan terbarukan. Tidak heran juga kalau banyak orang yang suka mengaplikasikan mentimun ketika menjelang malam.

  1. Es Batu

Langkah sederhana berikutnya yang bisa diterapkan di rumah demi menghilangkan kantung mata adalah dengan memanfaatkan es batu. Sedari dulu es batu memang dikenal sebagai bahan alami yang bisa meredam pembengkakan. Siapa sangka ternyata masalah kantung mata juga bisa diatasi dengan es batu.

Tapi, jangan salah kaprah karena mengetahui es batu berperan penting untuk meredam lingkaran hitam pada mata. Anda tidak bisa semerta-merta menempelkan es batu pada kelopak mata karena tindakan tersebut akan membuat kelopak mata rusak. Jadi, gunakan pelapis lain untuk menempelkan es batu.

Sebaiknya menggunakan handuk bersih atau pelapis lainnya yang nyaman untuk membungkus es batu sebelum diterapkan pada kelopak mata. Anda juga bisa merendam lap atau handuk bersih dalam air es baru kemudian ditempelkan pada kelopak mata. Jangan terlalu lama menerapkan es batu, cukup 20 menit saja.

Dibandingkan dengan bahan mana pun, es batu ini merupakan bahan alami yang paling simpel karena Anda cukup membekukan air saja. Rasa adem yang memberikan kenyamanan tidak hanya sepintas menyegarkan kulit, namun juga dalam waktu lama efeknya akan terasa asal Anda rutin melakukan perawatan.

  1. Kantong Teh

Suka ngeteh? Jangan terburu-buru membuang kantung teh karena Anda masih bisa memanfaatkannya untuk masker demi mengatasi mata berkantung. Jenis teh yang paling baik untuk mengatasi mata radang atau bengkak adalah teh hijau, namun kalau tidak ada pun Anda tetap bisa memanfaatkan teh hitam.

Kandungan teh hijau dianggap paling bagus karena memiliki zat antiradang yang berperan baik untuk mengatasi lingkaran hitam membandel di sekitar area mata. Bukan hanya teh hijau atau teh hitam saja yang bagus untuk mengatasi kantung mata, jenis teh lainnya juga bagus untuk menghilangkan kantung mata.

Sebut saja chamomile tea, roiboos tea, lavender tea, calendula, fennel, dan fenugreek tidak kalah memiliki kandungan yang baik untuk menghilangkan kantung mata. Sama seperti pemakaian berbagai bahan alami lainnya, menggunakan kantung teh juga akan bagus jika difungsikan sebagai masker mata.

Caranya, angkat kantung teh dari cangkir atau gelas setelah Anda selesai membuat minuman teh. Jangan langsung diaplikasikan kepada mata, namun Anda bisa menyimpan kantung tersebut di dalam plastik dulu. Kemudian simpan di dalam kulkas sampai saat Anda ingin mengaplikasikannya pada mata.

  1. Minyak Almond dan Vitamin E

Terakhir, cara menghilangkan kantung mata secara alami yang bisa Anda aplikasikan di rumah adalah dengan memanfaatkan minyak almond serta vitamin E. Pencampuran minyak almond dengan vitamin E ini bukan satu-satunya formula yang bisa membantu mengatasi masalah kantung hitam pada mata.

Anda juga bisa menambahkan minyak almond dengan campuran minyak alpukat untuk dicampurkan sampai dengan membentuk masker. Jika sudah mendapati tekstur masker yang diinginkan, selanjutnya Anda bisa langsung menerapkan formula tersebut pada kelopak mata selama tidur malam sampai pagi.

Minyak almond yang dicampur dengan madu merupakan formula yang bagus untuk menghasilkan berbagai kandungan bermanfaat. Kandungan kedua bahan tersebut adalah vitamin E, retinol, antioksidan, vitamin K, dan sifat antiradang yang bagus untuk menghaluskan kulit di area mata.

Pengaplikasian masker dari campuran minyak almond ini harus Anda gunakan dengan maksimal dengan melakukan pemijatan lembut di sekitar area mata. Lakukan perawatan cara memudarkan kantung mata ini untuk menghasilkan kulit mata yang halus dan terhindar dari warna-warna hitam mengganggu.

Mata adalah jendela semua hal yang ada dalam diri Anda, baik itu yang sifatnya jasmani atau juga yang bersifat rohani. Dari mata, semua orang bisa menebak seperti apa kepribadian dan kesehatan Anda. Berbagai cara alami di atas bisa Anda terapkan dalam keseharian, namun cara lain pun masih ada.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Eye Mask

Kalau menganggap cara alami di atas rumit atau kesulitan mendapatkan bahannya, Anda juga sudah bisa banyak mendapatkan beragam produk eye mask atau masker mata di pasaran. Dimulai dari yang harganya murah sekali sampai dengan yang harganya mahal sekali, bergantung merek apa yang dipilih.

Tapi, tidak bisa dimungkiri bahwa risiko dari penggunaan bahan atau produk kecantikan yang notabene sudah ada campuran kimianya ini kadang tidak cocok untuk kulit. Kalau sudah tidak cocok, jangankan untuk mengobati lingkaran hitam pada mata, salah-salah malah Anda mendapatkan keluhan lainnya.

Berbagai pilihan bahan alami di atas juga sebenarnya bukan pakem karena Anda masih bisa menemukan berbagai bahan alami lainnya. Katakanlah tomat juga tidak kalah memberikan efek yang baik untuk menyegarkan area mata. Bahan lain-lainnya bisa Anda cari tahu sendiri dari sumber yang terpercaya.

Mata yang dilengkapi dengan lingkaran hitam memang akan sangat mengganggu penampilan. Menjaga penampilan adalah keharusan, terutama jika ada tuntutan pekerjaan. Ini kenapa Anda harus paham betul dengan cara menghilangkan kantung mata dengan berbagai bahan alami seperti di atas.

 

Referensi

Anthony, K. Healthline (2018). What Causes Dark Circles Under Your Eyes?
Cronkleton, E. Healthline (2018). How to Use Tea Bags for the Eyes.
Gotter, A. Healthline (2018). Can Almond Oil Get Rid of Dark Circles?
Frothingham, S. Healthline (2018). How to Get Rid of Dark Circles Permanently.
Watson, K. Healthline (2018). Do Cucumbers Improve Undereye Skin?
Fries, W. WebMD (2012). Solutions for Dark Circles and Puffy Eyes.
Watson, S. WebMD (2013). 5 Solutions for Dark Circles.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *