Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami Cuma 1 Hari

3 min read

cara menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan menggunakan minyak zaitun, yoghurt, kayu manis, madu hingga cuka apel

Sehatkuy.com – Jerawat atau acne jadi salah satu masalah yang dihindari semua orang apalagi wanita. Bintik berisi nanah akibat penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih ini membuat siapapun merasa terganggu. Apalagi jika tumbuhnya di area wajah.

Tapi jangan khawatir, dengan cara menghilangkan jerawat yang tepat, maka masalah ini akan terselesaikan. Termasuk membuat kulit bebas dari bekas jerawat bahkan jerawat batu sekalipun.

Usia seseorang yang rentan berjerawat adalah sejak masa pubertas hingga usia 60 tahun. Tapi kebanyakan adalah yang berusia belasan hingga 30 tahun.

Mereka yang berjerawat biasanya karena memiliki kulit yang berminyak, kurang menjaga kebersihan tubuh dan bisa juga akibat stress. Lokasi munculnya juga beragam. Ada yang di wajah, leher, punggung, dada dan lengan.

Mau Jerawat Hilang? Pakai Cara Hebat Ini

Masalah acne ini memang sangat meresahkan, meskipun akan hilang dengan sendirinya. Namun, tak sedikit orang yang dibuat uring-uringan karena keberadaan jerawat ini cukup menyiksa dan menyakitkan.

Apalagi jika yang muncul adalah jerawat batu. Kalau saat ini wajah atau tubuh Anda sedang berjerawat, coba atasi dengan salah satu cara berikut ini.

  1. Konsultasi dengan dokter

Cara terbaik memang berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa didiagnosis apa jenis jerawat dan penanganan seperti apa yang diberikan agar jerawat benar-benar hilang tak berbekas.

Biasanya dokter memberikan resep sesuai tingkatan keparahan jerawat pasien. Ada yang sekali konsultasi langsung berhasil. Namun, ada pula yang harus beberapa kali pengobatan.

Bagi yang masalah jerawatnya masih sedikit dengan ukuran kecil-kecil. Pengobatannya bisa melalui pemberian salep. Penggunaannya dengan dioles pada area berjerawat dengan dosis tertentu.

Dikutip dari alodokter.com, selain obat oles juga ada pil yang bisa diminum sebagai pengobatan dari dalam. Termasuk antibiotik jika jerawat sudah menjadi infeksi.

Lama proses sembuh dengan menggunakan obat dokter tergantung dari jenis dan keparahan masalah jerawat dan bekasnya.

Selain itu, bisa juga tentang bagaimana si pasien menjaga kebersihan di area berjerawat. Termasuk pola makan dan pola hidup yang baik agar prosesnya lebih cepat. Kalian juga berkonsultasi dengan dokter jika ingin memutihkan kulit.

Baca juga : Pembahasan Lengkap Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Medis

  1. Pakai obat sendiri

Saat ini banyak obat anti jerawat yang dijual bebas di pasaran. Anda bisa memilih salah satunya. Akan tetapi, memang harus selektif dalam menentukan pilihan. Sebab, tak semua kulit cocok dengan sebuah produk obat jerawat.

Untuk memastikan produk mana yang Anda pakai. Pastikan sudah mendapatkan informasi lengkap tentang produk tersebut agar hasilnya memuaskan.

Jenis obat-obatan untuk menghilangkan jerawat ada beberapa macam. Ada yang berupa gel yang dioles pada bagian tubuh yang berjerawat. Ada yang berupa salep oles.

Lalu ada juga sabun cuci muka khusus untuk kulit berjerawat. Tentunya yang paling penting adalah kandungan obat yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat yang ampuh mengatasi jerawat.

Lama proses sembuh dengan menggunakan cara menghilangkan jerawat ini beragam. Sama halnya dengan pengobatan dari dokter. Tergatung jenis dan keganasan jerawat, serta cocok atau tidaknya obat tersebut diaplikasikan pada bagian tubuh yang berjerawat.

  1. Ramuan alami

Ada beberapa bahan yang secara alami yang dipercaya mampu mengatasi jerawat. Pertama adalah madu yang bisa dioleskan pada area berjerawat secara rutin.

Pastikan Anda pakai madu murni tanpa campuran apapun dan hangatkan terlebih dahulu. Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat jerawat dengan memotong satu siung jadi dua bagian dan oleskan di sekitar jerawat.

Cara lain bisa dengan meletakkan irisan mentimun di area berjerawat selama 15 menit, lalu bilas bersih. Atau dengan perasan jeruk lemon yang dioleskan pada lokasi jerawat.

Cara ini memang cukup menyiksa. Namun, untuk hasilnya memang lebih cepat dari cara lain. Karena kandungan asam di dalam jeruk membunuh kuman dengan cepat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Derita berjerawat belum selesai hanya dengan mengobati jerawat hingga kempes. Sebab, bekasnya terkadang membutuhkan waktu lama untuk hilang.

Bekas jerawat bisa membuat kulit menghitam atau bahkan pori-pori membesar dan merah. Untuk menghilangkan bekas jerawat. Bisa dilakukan dengan cepat, bahkan hanya semalam saja. Ini dia caranya.

  1. Pakai minyak zaitun

Jenis minyak yang satu ini memang kaya manfaat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas jerawat. Pastikan dulu Anda punya minyak zaitun asli, bukan yang sudah dipadukan dengan berbagai bahan lainnya.

Cara pakainya dengan mengoleskan minyak zaitun di area wajah hingga rata pada sekitar tempat bekas jerawat membandel. Diamkan 15 menit hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Bisa juga dengan menggunakan sabun muka, lalu keringkan. Ulangi setiap hari sampai terasa perubahannya.

  1. Kayu Manis Dan Madu

Aromanya yang khas dan bisa mengundang selera makan saat dipadukan dengan masakan. Ternyata kayu manis dan madu juga berkhasiat untuk mengatasi bekas jerawat.

Cukup dengan mencampurkan kayu manis dan madu dengan komposisi satu banding satu. Diamkan beberapa saat, lalu oleskan pada wajah atau tempat bekas jerawat berada.

Sebaiknya gunakan cara ini pada malam hari sebelum tidur. Lalu biarkan ramuan bekerja selama Anda tidur.

Bersihkan ramuan dari wajah dan tubuh Anda saat bangun di pagi hari dengan air hangat. Lalu keringkan dengan handuk. Tunggu hingga beberapa hari sampai bekas jerawat memudar dan hilang.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa harus dicampur dengan gula dan garam secukupnya dulu. Ramuan alami ini juga sudah terbukti menghilangkan jerawat serta bekasnya dengan cepat dalam 1 hari.

Cara pakainya juga sangat gampang. Tinggal padukan tiga bahan tersebut. Pastikan tercampur rata. Kemudian oleskan pada wajah dan bagian berjerawat termasuk bekasnya. Diamkan 15 menit lalu bersihkan.

Ramuan ini sudah banyak yang melakukan pengujian. Tingkat keberhasilannya yang tinggi dikarenakan kandungan glukosa dan yodium dipadu mineral dalam minyak. Campuran ini mampu mengikis bagian kulit bekas jerawat dalam waktu singkat.

  1. Yoghurt

Minuman susu fermentasi ini juga bisa jadi obat bekas jerawat. Karena kandungan asam di dalamnya mampu mengikis bekas jerawat secara alami.

Cara pakainya bisa dengan langsung mengoleskan pada bekas jerawat atau dipadukan terlebih dahulu dengan buah-buah segar seperti tomat, papaya, atau apel.

Gunakan yoghurt ini sekitar 15 hingga 20 menit. Lalu bilas hingga bersih. Ulangi tiga kali seminggu hingga bekas jerawat benar-benar hilang.

Memang butuh kesabaran, karena mengobati jerawat memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika tumbuhnya di area sensitif.

  1. Cuka Apel

Karena tingkat asamnya, bahan ini juga terbukti bisa mengatasi masalah bekas jerawat. Cukup campurkan sesendok cuka dengan sedikit madu. Lalu oleskan pada bagian kulit yang ada bekas jerawatnya.

Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan biarkan ramuan bekerja selama Anda tidur. Lihat hasilnya pada bekas jerawat Anda.

Hampir 80 persen manusia pernah mengalami masalah jerawat. Makanya selalu ada temuan cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Anda bisa memilih cara yang tepat sesuai kondisi.

Tapi ingat, lakukan hingga tuntas satu cara dulu. Jika tidak berhasil, berkonsultasilah dengan ahlinya. Jangan menggabungkan beberapa cara sekaligus, karena efeknya tidak akan baik bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *