7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dan Terbukti Ampuh

3 min read

cara menghilangkan flek hitam

Ada banyak cara menghilangkan flek hitam secara alami seperti dengan lidah buaya, cuka apel, madu, teh hijau hingga dengan kentang

Sehatkuy.com – Kondisi wajah yang berjerawat tentu sangat tidak disukai oleh kebanyakan wanita, bahkan laki-laki sekalipun. Tak jarang bekas jerawat menyebabkan munculnya flek hitam di wajah yang sulit untuk dihilangkan.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghilangkan flek atau bintik hitam tersebut mulai dari cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cara alami maupun kosmetik pabrik.

Bahan-bahan yang dijadikan untuk menghilangkan bintik hitam tersebut cukup mudah untuk didapatkan dan aman untuk digunakan dalam jangka panjang. Selain aman, bahan-bahan tersebut juga murah dan ramah di kantong yang tentu dapat menghemat pengeluaran Anda dan dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Selain bintik hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat. Faktor lain penyebab munculnya flek atau bintik hitam di wajah adalah karena meningkatnya jumlah melanin dalam kulit. Melanin inilah yang bekerja keras untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menjadikan bintik-bintik hitam muncul di kulit wajah.

Kondisi ini menjadikan banyak wanita tidak percaya diri saat keluar rumah. Namun jangan khawatir, karena Anda dapat menghilangkan flek hitam di wajah dengan perawatan teratur menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di keseharian Anda.

Berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat dijadikan bahan untuk menghilangkan bintik atau flek hitam di wajah yang membandel dan terbukti.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan kulit.

Selain dapat menguatkan rambut kepala, lidah buaya ternyata dapat dijadikan obat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah yang mengganggu. Lidah buaya mengandung polysaccharides yang dapat mengurangi flek hitam pada kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam di wajah yakni dengan mematahkan lidah buaya. Kemudian remas daging yang berada di dalamnya yang disebut juga dengan aloe gel. Oleskan pada wajah yang mengalami flek atau terdapat bintik hitam. Dengan penggunaan teratur flek  hitam dapat memudar secara perlahan.

  1. Cuka apel

Siapa yang tak kenal dengan bahan yang satu ini. Selain digunakan sebagai campuran masakan, cuka apel juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam di wajah Anda.

Caranya dengan mengoleskan cuka apel menggunakan kapas secara perlahan ke wajah Anda, tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

Selain itu terdapat cara lain untuk menjadikan cuka apel sebagai penghilang bintik hitam di wajah. Anda dapat mencampurkan sari cuka apel dengan bahan-bahan lain untuk dijadikan scrub.

Caranya campurkan sari cuka apel dengan madu, teh hijau dan gula pasir. Anda dapat menggunakannya sebagai scrub dengan menggosok wajah dengan scrub tersebut.

Sari cuka apel juga dapat digunakan sebagai toner alami untuk wajah Anda. Caranya cukup dengan mencampurnya dengan air bersih kemudian gunakan pada wajah secara teratur untuk menghilangkan flek atau bintik hitam pada wajah Anda. Penggunaan toner alami akan menjaga kulit Anda agar tetap sehat.

  1. Ekstrak teh hijau

Jangan sepelekan manfaat bekas kantong teh yang selama ini biasa Anda buang karena tidak terpakai. Ternyata ekstrak teh hijau dapat menghilangkan flek hitam di wajah secara ampuh dan alami tentunya.

Anda dapat merendam terlebih dahulu kantung teh hijau dengan air matang selama sekitar 3 menit. Kemudian tempelkan kantung teh di wajah Anda dan ulangi dua kali sehari. Selain bekas kantong tehnya, air rebusan teh hijau juga dapat digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah Anda.

Karena teh hijau kaya akan antioksidan, sebaiknya konsumsi secara rutin agar kulit Anda terhindar dari radiasi paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit Anda. Meminum teh hijau juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan mendetoksifikasi kulit.

  1. Susu

Selain lezat untuk dijadikan minuman, susu juga memiliki banyak manfaat yang belum banyak orang tahu. Salah satunya adalah manfaat susu untuk menghilangkan bintik flek hitam di wajah secara alami.

Susu memang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, begitu juga untuk kesehatan kulit. Caranya cukup celupkan kapas pada susu kemudian oleskan pada wajah yang berbintik hitam. Selain dapat menghilangkan flek atau bintik hitam di wajah.

Manfaat lain menjadikan susu sebagai bahan kecantikan wajah ialah dapat mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan kulit, membuat kulit wajah lebih cerah, mengangkat sel kulit mati, meredakan iritasi, mencegah penuaan dini pada kulit, serta dapat mengatasi jerawat membandel yang ada pada wajah.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami Cuma 1 Hari

Baca juga : Pembahasan Lengkap Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Medis

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Medis Dibahas Lengkap

  1. Kentang

Siapa sangka jika kentang yang selama ini dikenal sebagai bahan makanan lezat yang sering disantap banyak orang ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

Salah satunya adalah untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Kandungan tertentu pada kentang memiliki kemampuan untuk menyamarkan flek, bekas jerawat, dan blemish.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Cukup iris tipis kentang kemudian basahi dengan menggunakan air bersih lalu tempelkan pada area wajah yang memiliki flek hitam. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih yang memiliki suhu normal. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Pepaya

Selain enak, pepaya juga memiliki khasiat lain untuk kulit cantik Anda. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengatasi flek hitam di wajah akibat paparan sinar ultraviolet. Enzim tersebut bekerja dengan cara mengurangi jumlah tyrosinase yang memicu pengeluaran zat melanin secara berlebih.

Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan flek atau bintik hitam di wajah yaitu dengan menghaluskan buah pepaya dengan blender atau alat lainnya. Oleskan pada wajah seperti masker dan diamkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan ulangi cara tersebut selama 3 minggu agar flek hitam Anda hilang.

Selain pepaya yang sudah matang, Anda juga dapat menggunakan pepaya mentah untuk dijadikan masker penghilang flek hitam.

Caranya cukup dengan memarut pepaya mentah yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian mencampurnya dengan sedikit jeruk nipis. Diamkan masker tersebut selama 15 menit lalu cuci dengan air bersih.

  1. Rosehip oil

Rosehip oil merupakan minyak yang kaya akan lycopene dan beta-carotene yang bisa Anda jadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek atau bintik hitam pada kulit wajah.

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak pada wajah Anda setiap sebelum tidur. Pemakaian rutin akan menjadikan wajah Anda bebas flek hitam dan mengatasi penuaan kulit.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada rosehip oil mampu menangkal radikal bebas dan paparan sinar ultraviolet yang menyerang kulit dan menjadi penyebab munculnya flek hitam yang mengganggu penampilan.

Minyak yang diekstrak dari benih bunga mawar ini juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin D.

Semua bahan alami di atas sangat bagus digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah. Bahan-bahan alami tersebut tentu aman untuk kulit Anda karena terbuat dari bahan alam yang belum tercampur dengan bahan kimia, juga lebih murah dan ampuh.

Sumber :

www.alodokter.com

www.fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *