12 Cara Menghilangkan Bau Mulut Mengganggu Dengan Cepat

Berikut cara menghilangkan bau mulut dengan cepat dan alami dengan buah apel, banyak konsumsi air putih, tidak merokok hingga konsumsi yogurt.

Sehatkuy.com – Bau mulut berlebihan pasti merusak aktivitas dan hari-hari Anda ketika berinteraksi dengan orang lain. Terlebih jika untuk urusan pekerjaan, cara menghilangkan bau mulut adalah hal wajib yang harus diketahui. Pasalnya dari bau mulut yang sedap akan mengindikasikan kesehatan seluruh area tubuh.

Lawan bicara juga tidak akan nyaman ketika berlama-lama berbicara dengan Anda apabila tercium aroma bau mulut yang tidak sedap. Kenali apa yang menyebabkan bau mulut Anda tidak sedap, biasanya jika kondisi mulut kering, aroma tidak sedap dapat mudah tercium oleh orang lain.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Banyak penyebab yang membuat bau mulut cenderung tidak sedap dan akhirnya mengganggu keseharian. Anda dapat membuang asumsi bau mulut dari diri Anda dengan menjalankan berbagai langkah di bawah ini:

  1. Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan dehidrasi. Sebab salah satu alasan orang dapat berbau mulut tidak sedap itu karena tubuhnya kekurangan cairan atau kondisi mulut kering. Kurangnya produksi air liur membuat aroma mulut saat berbicara memiliki bau tidak sedap.

  1. Sikat Gigi

Rajin sikat gigi juga merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan bau pada mulut. Anda wajib menyikat gigi minimal di dua waktu, yakni setelah makan dan sebelum pergi tidur. Fungsi dari sikat gigi dan pastanya ini untuk membersihkan gigi dari berbagai kuman membandel.

  1. Menggunakan Obat Kumur

Cara alami berikutnya yang mampu membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap adalah dengan memanfaatkan obat kumur. Metode ini tidak jauh berbeda dengan menghilangkan bau mulut melalui metode penyikatan gigi. Lebih praktis, Anda tinggal berkumur-kumur beberapa detik dengan obat ini.

  1. Membersihkan Lidah

Hal sederhana lain yang sekiranya dapat membantu Anda untuk menumpas bau mulut tidak sedap adalah membersihkan area lidah. Lidah dan gigi adalah bagian mulut yang aktif untuk masuknya berbagai makanan serta minuman. Bisa jadi, timbulnya bau mulut itu memang bermula dari lidah.

Bukan hanya gigi dan gusi yang perlu dibersihkan, namun area mulut yang menjadi pengecap rasa-rasa makanan juga penting. Tujuannya supaya tidak ada sisa makanan menempel pada area pengecap rasa tersebut.

  1. Berkumur dengan Soda Kue

Jika di rumah ada soda kue, tidak ada salahnya mencoba metode berkumur menggunakan soda kue untuk mendapatkan hasil maksimal. Bukan hanya untuk keperluan membuat kue, adanya soda kue juga dapat Anda manfaatkan sebagai cara alami menghilangkan bau pada mulut asalkan rutin penggunaannya.

Cara menghilangkan bau pada mulut dengan memanfaatkan soda kue ini mudah, yakni larutkan saja dua sendok soda kue dengan menggunakan air hangat. Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik dan lakukan metode tersebut berulang kali setiap hari sampai dirasa bau pada mulut Anda berkurang.

  1. Menghindari Makanan yang Bau

Ada berbagai makanan yang bau dan menyebabkan aroma mulut tidak sedap, diantaranya petai serta jengkol. Kedua jenis makanan ini sangat mengganggu, bukan hanya dari bau mulut, namun juga urine yang dikeluarkan. Rasanya memang nikmat, namun porsi berlebihan justru menimbulkan penyakit.

Sebenarnya Anda dapat mencari banyak cara untuk menghilangkan bau mulut pasca memakan makanan seperti petai dan jengkol. Namun, efektivitas metode penghilangan itu terkadang tidak berjalan dengan maksimal. Akhirnya Anda tetap mengalami bau pada mulut dan  itu dapat berlangsung berhari-hari.

  1. Tidak Merokok

Merokok sudah jelas menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya adalah bau mulut berlebihan. Kondisi gigi yang tidak sehat membuat warnanya cenderung menguning dan ada aroma asam setiap kali perokok berbicara. Sebisa mungkin hindari rokok sebagai cara yang ampuh untuk menumpas bau mulut.

Rokok merupakan hal yang sudah digaungkan tingkat bahayanya, baik peringatan melalui bungkus rokok atau iklan yang muncul di televisi. Bahkan jika diperhatikan, tidak ada satu pun iklan rokok yang mengindikasikan modelnya merokok. Semua pasti berbentuk kontradiksi dengan eksistensi pria sporty.

  1. Konsultasi ke Dokter Gigi

Berkonsultasi ke dokter gigi masih dapat dibilang sebagai cara alami karena Anda belum melakukan tindakan apa pun. Dokter gigi tidak selamanya menyarankan Anda untuk menggunakan alat medis jika memang tidak diperlukan. Lagi pula, yang terpenting adalah cara merawat mulut yang berbau masam.

Namun, penting untuk diketahui bahwa salah satu penyebab bau pada mulut adalah karang gigi berlebihan yang lama tidak dibersihkan. Terlebih jika ada satu atau banyak gigi yang bolong sudah pasti segala makanan mudah menyangkut di sana. Ujung-ujungnya Anda akan merasakan bau mulut berlebih.

  1. Konsumsi Permen Karet

Dari dulu orang percaya bahwa dengan mengonsumsi permen karet, bau mulut tidak sedap dapat teratasi. Hal ini masih dilakukan sampai sekarang untuk menumpas bau mulut mengganggu. Anda dapat menyetok permen karet di tas supaya fleksibel ketika bepergian ke mana pun di berbagai waktu.

Perlu diperhatikan di sini bahwa meskipun permen karet adalah metode menyenangkan untuk menghilangkan bau mulut, Anda harus tetap berhati-hati dari konsumsi permen karet berlebihan. Kandungan gula pada permen karet dapat memicu kerusakan kesehatan jika konsumsinya berlebihan.

  1. Konsumsi Yogurt

Rasa asam dan segar dari yogurt bukan hanya menyegarkan tubuh, namun juga bermanfaat bagi kesehatan mulut. Kandungan probiotik pada yogurt yang bermanfaat untuk menghilangkan bau pada mulut. Bau yang berasal dari mulut adalah hidrogen sulfida yang keluar dengan aroma tidak sedap.

Sekarang ini banyak produk yogurt yang menawarkan ragam varian rasa, Anda disarankan untuk mengonsumsi yogurt yang rasanya hambar atau plain saja. Masih terdapat sedikit campuran pada yogurt tersebut dibandingkan dengan Anda memilih yogurt yang sudah berperasa buah atau lainnya.

  1. Konsumsi Makanan Kaya akan Vitamin C

Kandungan vitamin c bukan hanya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, namun juga memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan mulut serta gigi. Banyak sumber vitamin c yang dapat Anda gunakan untuk mencegah bahkan mengobati bau mulut. Anda dapat mengonsumsi jeruk dan buah lainnya.

Sumber makanan yang kaya akan vitamin c dapat banyak ditemukan di sekitar. Sebaiknya Anda jangan berfokus pada vitamin c dalam bentuk tablet karena untuk penghilangan bau mulut tidak akan maksimal. Konsumsi saja buah dan sayur supaya kondisi tubuh sehat, kondisi mulut juga terjaga baik.

  1. Konsumsi Buah Apel

Manfaat buah apel dari rasa manisnya yang legit membuat Anda juga mampu mengatasi bau mulut dengan cara alami. Kandungan serat yang tinggi pada apel mampu memperbaiki metabolisme tubuh dan sangat efektif untuk menghilangkan bau. Aktivitas bakteri pada mulut yang menyebabkan timbulnya bau.

Berbagai cara di atas dapat Anda tempuh dan dapat memberikan hasil optimal asalkan Anda konsisten melaksanakannya. Bukan hanya menerapkan berbagai metode di atas, berbagai pantangan juga wajib Anda hindari. Jangan sampai cara menghilangkan bau mulut tersebut menjadi hal yang sia-sia saja.

 

Referensi:

Harding, D. (2017). Bad Breath (Halitosis)Patient.info. Retrieved 28 June 2019, from https://patient.info/oral-dental-care/bad-breath-halitosis

Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, L., Management, P., & Conditions, S. et al. (2019). Bad Breath Causes, Treatments, and PreventionWebMD. Retrieved 28 June 2019, from https://www.webmd.com/oral-health/guide/bad-breath#1

Bad breath – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2019). Mayoclinic.org. Retrieved 28 June 2019, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/diagnosis-treatment/drc-20350925

Bad Breath Be Gone: Steps To Improve Your Halitosis. (2019). Drugs.com. Retrieved 28 June 2019, from https://www.drugs.com/slideshow/bad-breath-be-gone-1100

Home Remedies for Bad Breath: Baking Soda, Vinegar, and More. (2019). Healthline. Retrieved 28 June 2019, from https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath

Ciancio, S. (2017). Baking soda dentifrices and oral health. The Journal Of The American Dental Association148(11), S1-S3. doi:10.1016/j.adaj.2017.09.009

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *