Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Dengan Cepat, Alami dan Permanen

3 min read

cara mengecilkan pori pori

Ada banyak cara mengecilkan pori pori wajah seperti artis korea seperti dengan menggunakan campuran madu dan oatmeal, mentimun hingga mikrodermabrasi

Sehatkuy.com – Banyak perempuan ingin mengetahui cara mengecilkan pori-pori dengan langkah yang tepat. Pasalnya pori-pori kecil ini menunjukkan citra cantik dan kulit bersih bebas jerawat. Para penggemar Kpop dan Kdrama pasti tahu betul seperti apa mulusnya kulit wajah para artis serta penyanyi asal Korea Selatan.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Cepat

Pori-pori wajah yang terlalu besar menjadi sasaran empuk bagi bakteri penyebab jerawat dan komedo yang bisa mengganggu. Daripada mengobati, lebih baik mengatasinya dengan mengecilkan pori-pori dengan beberapa bahan dan cara mudah yang bisa dilakukan di bawah ini.

  1. Es Batu

Sensasi dingin dari es batu tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan minuman. Namun juga menjadi bahan yang penting untuk mengecilkan pori-pori. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, yakni Anda tinggal membungkusnya dengan kapas dan menggosoknya pelan-pelan ke seluruh area kulit wajah Anda.

Bukan hanya digunakan sebagai bahan untuk menetralkan kulit dari berbagai bahaya seperti jerawat dan komedo. Penggunaan es batu juga mengandung sebum yang bagus untuk menangkal minyak berlebih. Jadi, cocok juga digunakan untuk Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak dan lepek.

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Medis Dibahas Lengkap

  1. Scrub

Untuk mengecilkan pori-pori kulit. Cara kedua dengan menggunakan scrub. Anda bisa menggunakan scrub selama seminggu sekali secara rutin supaya kulit mati di wajah bisa mengelupas. Penggunaan scrub ini sudah lebih praktis dan mudah didapatkan dari berbagai merek kosmetik yang bisa Anda beli di berbagai toko online dan toko offline.

Kalian juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan alami yang terjamin, seperti menambahkan garam dengan olive oil. Campuran tersebut bisa Anda aplikasikan kepada kulit wajah supaya garam dan olive oil mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang terdapat pada celah-celah pori-pori yang berukuran terlalu besar.

  1. Mikrodermabrasi

Cara ketiga ini bisa Anda lakukan kalau tidak memiliki cukup waktu untuk merawat kulit wajah di rumah. Mikrodermabrasi ini merupakan pengangkatan sel kulit mati pada wajah yang nyaris sama cara kerjanya seperti scrub. Hanya saja, dilakukan oleh tenaga ahli di berbagai klinik kecantikan atau salon terpercaya.

Metode mikrodermabrasi ini konon lebih efektif untuk pengangkatan sel kulit mati dibandingkan dengan penggunaan scrub karena jangkauannya lebih luas. Tidak heran karena kalau dengan scrub tanpa dibantu tenaga ahli, maka akan sedikit sulit untuk mengangkat kulit matinya. Lain halnya kalau menggunakan metode modern ini.

  1. Madu dan Oatmeal

Bukan hanya nikmat dihidangkan sebagai makanan. Madu dan oatmeal juga bisa Anda manfaatkan untuk menghindarkan kulit dari berbagai kemungkinan pori-pori terlalu besar. Sumber pori-pori membesar dan menyebabkan rimbunnya jerawat serta komedo adalah produksi minyak berlebih yang terdapat pada kulit wajah.

Cara mencampurkan ramuan ini sangat mudah. Tinggal kombinasikan keduanya dan tambahkan pula susu cair. Ketika sudah tercampur, Anda bisa mengaplikasikannya kepada wajah secara menyeluruh dan rutin. Bukan hanya nikmat untuk dikonsumsi. Campuran ini juga berguna mengatasi minyak berlebihan.

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dan Terbukti Ampuh

  1. Toner

Produk kecantikan yang satu ini tentu tidak asing di telinga setiap wanita. Biasanya digunakan untuk membersihkan wajah sebelum cream malam digunakan. Toner tidak hanya membuat kebersihan serta kelembaban kulit tahan lama. Namun juga menjadi bahan ajaib untuk menangkal jerawat dan komedo.

Toner ini tidak semata produk yang dijual komersial tanpa manfaat. Sebab penggunaan toner bisa menyeimbangkan kandungan pH pada kulit wajah Anda. Rutin menggunakan toner bisa membuat Anda lebih terbantu untuk merawat wajah sekaligus menghindari wajah dari ukuran pori-pori berlebihan.

  1. Sunblock

Sunblock kerap dikenal sebagai produk yang bisa melindungi kulit wajah Anda dari paparan matahari. Tidak hanya itu. Ternyata sunblock juga memiliki manfaat penting untuk membuat pori-pori kulit menjadi lebih kecil. Dengan begitu, ancaman jerawat dan komedo pun akan mudah ditanggulangi.

Sinar matahari merupakan salah satu faktor kenapa kulit bisa berjerawat, berminyak dan kaya akan komedo. Pengaplikasian sunblock ini tentu sangat mudah karena Anda tinggal mengoleskannya pada seluruh area wajah. Diamkan selama 20 menit agar menyerap kulit sebelum Anda keluar dari rumah.

  1. Face Primer

Ketujuh, bahan yang membantu Anda agar tetap terlihat memiliki kulit wajah yang sehat adalah face primer. Tugasnya bukan hanya menyamarkan, namun benar-benar membuat volume pori-pori kulit menjadi lebih kecil.

Kesempurnaan wajah akan Anda dapatkan jika mengombinasikannya dengan foundation serta bedak. Caranya mudah, tinggal aplikasikan foundation serta bedak setelah face primer.

Tidak sedikit orang menganggap penggunaan face primer ini bisa memicu timbulnya jerawat. Padahal pengaplikasian face primer sendiri justru untuk menangkal jerawat dan sebagainya. Kandungan dimethicone pada face primer untuk menghaluskan wajah tidak menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Steam Wajah

Steam kerap dikenal sebagai pengobatan terhadap hidung tersumbat. Namun di luar dari itu steam juga bisa dimanfaatkan untuk pembersihan kotoran pada pori-pori wajah. Suhu panasnya akan lebih dulu membuka pori-pori. Kemudian uap airnya akan melakukan pembersihan secara menyeluruh maksimal.

Umumnya steam wajah ini dilakukan oleh profesional di salon kecantikan dan sebagainya. Tapi, jika mau mencobanya di rumah, Anda juga bisa menambahkan esensial oil pada air panas dan biarkan wajah Anda menghadap air tersebut sambil ditutupi handuk dan dibilas menggunakan air bersih.

  1. Putih Telur

Nyaris semua orang mengonsumsi telur bahkan menyetok telur ayam di rumah sebagai bahan makanan. Mulai sekarang, Anda tidak hanya bisa menggunakan putih telur untuk bahan makanan. Namun juga memisahkan putihnya untuk kecantikan wajah.

Caranya dengan mengolah putih telur tersebut sebagai masker. Bukan hanya menghindarkan kulit Anda dari ukuran pori-pori besar, namun juga dari minyak.

Penggunaan masker putih telur cukup mudah, bisa Anda gunakan langsung tanpa campuran bahan lain. Di samping itu Anda juga tidak perlu menggunakan keseluruhan putih telur dari satu butir full telur. Sebagian saja asal menutupi wajah dan sisanya masih bisa digunakan sebagai lauk pauk saat makan.

  1. Mentimun

Terakhir, bahan makanan yang lezat untuk dijadikan lalapan ini juga memiliki khasiat penting bagi proses pengecilan pori-pori. Cara mengolahnya mudah, cukup jadikan mentimun di rumah Anda sebagai jus.

Kemudian oleskan jus mentimun itu secara merata ke seluruh area wajah sampai semuanya terkena masker mentimun. Kalau sudah, diamkan selama beberapa menit untuk kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Sebaiknya menggunakan air dingin ketika pembersihan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Mentimun, di samping digunakan untuk mengecilkan pori-pori, juga bagus digunakan untuk menyehatkan serta menyegarkan mata. Anda bisa menggunakan potongan bulat mentimunnya saja.

Berbagai cara di atas mudah Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari. Mulai dari menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan sampai dengan berbagai metode modern lainnya.

Yang mana pun pilihan Anda, jika perawatan dilakukan secara rutin, pori-pori kulit yang mengecil akan menghindarkan kulit wajah dari berbagai masalah. Asalkan cara mengecilkan pori-pori dilakukan dengan langkah benar.

Sumber :

www.doktersehat.com

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *