9 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Dijamin Tirus Permanen Dalam 2 Hari

Berikut cara mengecilkan pipi tembem secara alami yaitu senam wajah, mengunyah permen karet hingga ubah gaya rambut. Sedangkan dengan medis seperti tanam benang hingga bedah plastik

Sehatkuy.com – Pipi yang tembem mengganggu penampilan? Jangan khawatir sebab Anda bisa mengatasinya dengan cara mengecilkan pipi dari artikel ini. Pipi yang tembem sebenarnya bisa menjadi keuntungan karena memberikan kesan awet muda, namun faktanya tidak banyak orang yang nyaman dengan pipi tembem.

Tidak sedikit atau bahkan semua perempuan akan selalu merasa bermasalah hanya karena pipinya tembem. Asumsinya adalah pipi yang tembem memberikan pengertian bahwa keseluruhan berat badan orang tersebut berlebihan. Padahal, proporsi berat dan tinggi badan yang seimbang adalah poinnya.

Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami

Jangan dulu stress kalau Anda memiliki pipi yang tembem sebab beberapa langkah di bawah ini bisa diaplikasikan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Senam Wajah

Senam wajah adalah cara pertama yang dipercaya ampuh untuk mengurangi volume pipi di wajah. Anda bisa melakukan senam wajah di mana saja dengan tujuan untuk mengencangkan otot wajah, menyamarkan penuaan, mengokohkan otot wajah, serta yang paling penting membuat pipi lebih tirus.

Senam wajah ini mudah dilakukan, Anda tinggal menggerakkan rahang membentuk ucapan U dan O selama beberapa menit saja. Di samping itu Anda juga bisa menarik serta menurunkan dua sudut mulut dan ulangi gerakannya selama kurang lebih 20 sampai 30 menit saja secara rutin dan benar setiap hari.

  1. Mengunyah Permen Karet

Cara asyik mengecilkan pipi yang tembem adalah dengan membiasakan mulut mengunyah permen karet. Abaikan dulu kandungan gula pada permen karet karena di sini Anda tidak akan diminta untuk menelan permen karetnya. Kunyah saja seperti biasa dan buang ketika permennya sudah tidak manis.

Banyak orang memercayai bahwa mengunyah permen karet sama dengan Anda melatih otot mulut untuk berolahraga. Dengan gerakan yang sering, otomatis otot-otot mulut akan terbiasa sampai dengan terbentuklah pipi tirus yang didamba-dambakan. Kalau ada, cobalah permen karet less sugar untuk dikunyah.

  1. Membatasi Asupan Konsumsi Gula dan Garam

Asupan gula dan garam bisa didapatkan dari mana saja, dari lauk atau juga kandungan gula dari nasi. Gula dan garam terkenal sebagai zat yang memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Dua hal ini pula yang bisa menyebabkan pipi terlalu bulat atau tembem.

Makanan yang banyak mengandung gula dan harus dihindari adalah fast food, soda, dan berbagai olahan makanan dari tepung. Konsumsi gula dan garam berlebih bisa meningkatkan berat badan sehingga produksi air pada wajah juga berlebihan. Faktor inilah yang akhirnya menyebabkan pipi tembem.

  1. Istirahat Cukup

Poin penting berikutnya jika ingin mendapatkan pipi tirus adalah dengan menerapkan waktu tidur yang cukup. Jangan salah kaprah terhadap pengertian bahwa jam tidur yang sedikit bisa membuat badan kurus. Sebab faktanya justru kekurangan waktu tidur malah bisa menambah berat badan setiap orang.

Logikanya adalah ketika kita menahan untuk tidak tidur sampai pagi hari, hormon tubuh yang menghasilkan rasa lapar akan semakin menjadi-jadi. Kalau sudah lapar, yang ada bukannya diet malah makan tengah malam atau bahkan menjelang pagi dan kebiasaan itu bisa menambah bobot tubuh.

Baca juga : 4 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Cepat dan Permanen

  1. Olahraga Teratur

Apa pun yang berhubungan dengan penampilan serta kesehatan, pasti ada hubungannya dengan jarangnya tubuh berolahraga. Tidak perlu menjalani pola olahraga yang ribet nan mahal, seperti sengaja pergi ke gym atau lainnya. Cukup menyempatkan waktu untuk berjalan rutin saja sudah cukup.

Setidaknya dalam satu hari Anda menyempatkan 20 menit untuk berjalan santai saja, hal ini bisa memengaruhi bobot tubuh serta bentuk pipi yang ideal. Bukan hanya pipi tirus yang bisa didapatkan, namun juga bobot tubuh serta tentunya bentuk tubuh ideal bisa Anda dapatkan dari berolahraga rutin.

  1. Ubah Gaya Rambut

Pengubahan gaya rambut sebenarnya lebih kepada menyamarkan tampilan pipi tembem pada wajah. Bukan tidak mungkin orang yang sebenarnya tidak terlalu tembem, tapi karena salah memilih gaya rambut malah akhirnya terlihat semakin bulat nan tembem. Hal ini murni karena kesalahan gaya rambut.

Kalau benar-benar niat, Anda bisa juga memercayakan gaya rambut kepada para ahli atau mencari referensinya sendiri di internet. Tidak sedikit orang yang sebenarnya memiliki pipi tembem, namun karena tepat pemilihan gaya rambut, akhirnya memberikan kesan tirus pada area wajah, terutama pipi.

Cara Membuat Pipi Tirus Secara Medis

Berbagai cara mengecilkan pipi tembem dengan alami seperti di atas bisa Anda lakukan kapan saja, namun opsi lain juga tidak kalah memberikan solusi. Ada beberapa cara lain yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi ketidakpercayaan diri ketika memiliki pipi tembem, diantaranya langkah itu ialah:

  1. Facelift dan Liposuction

Facelift dan liposuction adalah cara lain yang bisa ditempuh untuk mendapatkan volume pipi tirus yang diimpikan. Karena pipi yang tembem kerap mengganggu maka tidak heran kalau banyak orang memilih prosedur penirusan pipi ini. Facelift dan liposuction hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional saja.

Kedua metode ini merupakan praktik bedah plastik yang sederhananya membuang lemak dari pipi. Untuk facelift, dokter bedah akan melakukan pembuangan lemak dari pipi dan pipi akan ditata kembali menjadi lebih tirus. Ini kenapa ketika selesai operasi, struktur wajah seseorang pun ikut berubah.

Kalau liposuction, dokter ahli akan melakukan sayatan di pipi untuk kemudian meletakkan selang yang menyedot lemak berlebih di pipi. Lemak ini kemudian akan ditransfer ke tabung kecil. Kedua prosedur medis ini tidak dianjurkan dilakukan oleh abal-abal, namun mesti dilakukan oleh ahlinya di tempat terpercaya.

  1. Tanam Benang

Tanam benang bisa dibilang sebagai salah satu cara meniruskan pipi tembem paling populer seiring dengan adanya artis-artis yang menjalani prosedur ini. Tujuan dari tanam benang sebenarnya adalah untuk mengencangkan otot-otot wajah. Dampaknya bisa menampakkan tampilan pipi yang tirus.

Tanam benang juga dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan usia pipi agar selalu tampak muda. Tidak seperti bedah plastik yang membutuhkan bius total kepada wajah, untuk tanam benang ini Anda hanya akan diberikan setidaknya bius lokal di sekitar area wajah yang ditanami benang saja.

  1. Bedah Plastik

Lain dengan prosedur bedah plastik yang memberikan dampak permanen untuk meniruskan pipi, tidak demikian halnya dengan tanam benang. Kabarnya, prosedur tanam benang hanya akan bertahan selama satu tahun saja. Jadi, mau tidak mau kalau Anda ingin mempertahankan bentuk pipi maka lakukan lagi tanam benang di tahun berikutnya. Kunci dari semua proses adalah kemauan Anda untuk bersabar.

Mau menempuh cara alami atau cara medis untuk mengecilkan pipi tembem, hal tersebut menjadi keputusan Anda. Yang pasti adalah jika ingin menerapkan cara alami maka Anda harus rela untuk bersabar menjalani prosesnya. Kemudian kalau mau menempuh dua cara yang memanfaatkan tenaga profesional seperti di atas, Anda harus mengonsultasikan cara mengecilkan pipi dengan profesionalnya.

 

Referensi:

Shirai, et al. (2018). Effects of Gum Chewing Exercise on Maximum Bite Force According to Facial Morphology. Clinical and Experimental Dental Research. 4(2), pp. 48–51.
Fukaya, et al. (2017). Long-term Effect of the Insoluble Thread-lifting Technique. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology. 10, pp. 483–491.
American Society of Plastic Surgeons. Buccal Fat Removal.
Chidyllo, S. American Society of Plastic Surgeons (2018). How can plastic surgery rejuvenate your cheeks?
Tehrani, K. American Society of Plastic Surgeons (2018). What You Need to Know About Thread Lifts.
Lickstein, D.A. National Institutes of Health (2019). U. S. National Library of Medicine MedlinePlus. Liposuction.
Cleveland Clinic (2018). Can Doing Facial Exercises Help You Look Younger?
Holland, K. Healthline (2018). Can Facial Exercises Really Help You Look Younger?
Links, R. Healthline (2018). 7 Effective Tips to Lose Fat in Your Face.
Salyer, J. Healthline (2015). How to Lose Face Fat: Ditch Those Chubby Cheeks.
Berces Jr., E. Symptomfind (2016). 5 Easy Ways on How to Get Rid of Chubby Cheeks.
Kita, N. Verywell Health (2019). Facelift Before and After Photos.

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *