Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat Hanya 3 Hari

3 min read

cara mengecilkan perut buncit

Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat hanya 3 hari saja, coba kurangi makanan berlemak dan berkalori, perbanyak olahraga seperti kardio, hingga kurangi stress berlebih

Sehatkuy.com – Perut buncit sering melanda kalangan pria yang kelebihan berat badan. Perut buncit sangat mengganggu penampilan terutama jika perut buncit terlalu besar dan terlihat seperti orang sedang mengandung.

Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga menyulitkan Anda saat memilih pakaian. Banyak orang melakukan diet sebagai cara mengecilkan perut buncit yang ampuh.

Namun diet saja tanpa diimbangi dengan pola hidup sehat yang lain tidak akan menjamin perut buncit Anda mengecil. Bahkan diet yang terlalu ekstrem juga dapat mengganggu kesehatan terutama masalah lambung. Sebaiknya diet dilakukan dengan diimbangi pola hidup sehat lainnya yang dapat mendukung usaha Anda.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Perut buncit merupakan masalah dimana lemak dalam perut terlalu banyak. Lemak tersebut merupakan lemak viseral yang tertumpuk di area perut baik di dalam rongga perut maupun di sekitar rongga perut. Penumpukan lemak yang berlebihan dapat menjadi beberapa masalah kesehatan seperti tertutupnya organ-organ di sekitar perut.

Masalah lain bisa saja terjadi jika penumpukan lemak berlebih tidak segera ditangani. Masalah penyakit  seperti penyakit jantung, kanker, penyakit gula, bahkan Alzheimer.

Untuk itu sangat penting untuk Anda bisa mengatasi perut buncit secara sehat dan tepat tanpa harus menyiksa tubuh Anda dengan diet ketat. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengurangi perut buncit.

  1. Mengurangi makanan tinggi lemak dan gula

Tentu saja keberadaan lemak dalam tubuh disebabkan adanya kelebihan konsumsi lemak terutama lemak jenuh. Konsumsi gula berlebihan juga tak bisa dipungkiri menjadi penyebab banyaknya timbunan lemak dalam perut Anda.

Mulai sekarang kurangi makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi seperti daging sapi dan olahan-olahan susu. Anda dapat mengganti konsumsi lemak jenuh dengan lemak tak jenuh seperti yang terdapat pada kacang-kacangan serta hewan laut yang lebih sehat.

Kurangi juga konsumsi kalori berlebih yang dapat menambah lemak pada perut Anda. Intinya batasi asupan kalori Anda dan makan sewajarnya sesuai dengan porsi makan pada umumnya.

Takar kadar gula dalam makanan Anda agar konsumsi gula per hari Anda tidak berlebih. Kurangi konsumsi makanan manis Anda mulai dari sekarang.

Contoh makanan manis yang mengandung banyak gula di antaranya adalah coklat dan segala jenis olahannya serta minuman dan makanan lain yang mengandung gula berlebih.

Jika Anda biasanya mengkonsumsi teh manis setiap harinya, mulai sekarang kurangi konsumsi teh manis dengan menggantinya dengan teh tawar atau lebih baik untuk mengkonsumsi banyak air putih.

Jus yang Anda biasa konsumsi juga dapat menjadi penyebab perut buncit jika terlalu banyak memasukkan gula. Sebaiknya konsumsi tanpa gula.

Baca juga : 9 Cara Mengecilkan Lengan Tangan Dalam Seminggu Secara Alami

  1. Perbanyak konsumsi serat

Serat merupakan bahan yang dapat memperlambat proses penyerapan sari-sari makanan. Dengan melambatnya penyerapan makanan tersebut akan membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan mengkonsumsi pangan berserat sedikit.

Membatasi konsumsi makanan berlemak dan mengganti dengan konsumsi makanan berserat dapat mengurangi berat badan. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat terutama pada buah dan sayur.

Contoh buah yang mengandung banyak serat adalah alpukat, jambu, bir, dan apel. Sayuran yang mengandung banyak serat terdapat pada wortel dan brokoli, serta beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi.

Buah dan sayur yang mengandung serat tersebut dapat Anda olah sekreatif mungkin asalkan tidak menghilangkan kandungan vitamin atau nutrisi yang ada pada buah dan sayur tersebut. Sebaiknya Anda mengkonsumsi langsung buah dan sayur tersebut agar lebih sehat dan terjaga kandungan nutrisinya dibanding dengan yang sudah diolah.

Sangat direkomendasikan untuk Anda mengolah buah dan sayur menjadi salad atau camilan sehat lainnya. Konsumsi jus buah tanpa gula pun baik untuk dilakukan. Selain murah meriah, jus buah dan sayur tanpa gula juga sangat mudah untuk dibuat. Anda juga dapat mencampurkan sari buah dan sayur ke dalam puding yang Anda buat.

  1. Perbanyak olahraga

Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga kardio yang dapat Anda lakukan selama 5 jam dalam satu pekan. Olahraga kardio dapat membantu Anda mengurangi perut buncit karena dengan berolahraga kardio lemak dalam perut Anda akan dibakar secara maksimal.

Lakukan olahraga lain untuk mempercepat proses pengecilan perut buncit. Anda dapat melakukan olahraga kardio ringan seperti lompat tali, lari, berenang, hingga olahraga kardio yang berat seperti kickboxing atau zumba.

Lompat tali selama 30 menit dapat membakar kalori sekitar 330 kalori. Ringan namun sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh Anda. Tak jarang jika lompat tali banyak dilakukan orang yang sedang diet.

  1. Kurangi stres

Tak bisa dipungkiri jika stres dapat memicu penimbunan lemak yang dapat memicu perut buncit. Kondisi pikiran yang stres akan dapat memicu konsumsi makanan yang berlebih dengan meningkatkan nafsu makan. Hal tersebut disebabkan karena hormon stres meningkat pesat yang disebabkan oleh pelepasan kelenjar adrenal.

Untuk menghilangkan stres, disarankan untuk melakukan refreshing dengan berjalan-jalan dan melupakan pekerjaan untuk sementara waktu serta hal-hal yang dapat memicu pikiran menjadi stres. Untuk Anda yang memang tidak memiliki waktu untuk melakukan refreshing, Anda dapat bermeditasi dengan yoga secara rutin.

Stres bisa dikurangi dengan tidak terlalu memikirkan masalah-masalah kecil yang bisa diselesaikan secara mudah. Istirahatkan pikiran Anda dari pikiran-pikiran negatif dan jangan terlalu memporsir pikiran Anda dengan pekerjaan-pekerjaan berat yang terus menerus menghantui pikiran Anda. Lakukan semuanya dengan menikmati pekerjaan dan bersantai.

Baca juga : 10 Cara Mengecilkan Paha dan Betis Dalam 2 Hari Secara Alami

  1. Istirahat cukup

Jam tidur yang berlebih atau kurang dapat memicu penimbunan lemak di perut Anda. Usahakan untuk tidur dengan waktu yang ideal yakni 6-7 jam per hari agar tubuh tidak merasa lelah baik karena kurang tidur maupun terlalu lama tidur. Peningkatan lemak juga berakibat pada naiknya berat badan dan menimbulkan kegemukan bahkan obesitas.

Atur kegiatan Anda dengan membuat agenda untuk setiap harinya agar waktu tidur Anda bisa tertata dan teratur. Usahakan jangan suka menunda-nunda waktu karena tidak ada orang pun yang tahu suatu kejadian akan terjadi.

Lakukan kegiatan Anda secara tepat waktu agar kegiatan Anda bisa tertata dan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dan tentunya tidur yang berkualitas.

Semua usaha untuk mengecilkan perut buncit tersebut merupakan sebuah penekanan bahwa bukan hanya diet saja yang harus Anda lakukan. Namun Anda harus mengubah pola hidup Anda menjadi lebih baik dan teratur serta tertata.

Pola hidup sehat selain akan menjaga penampilan tubuh juga akan menjaga tubuh Anda dari penyakit yang dapat menyerang Anda sewaktu-waktu.

Usaha yang akan Anda jalani dibutuhkan niat yang kuat agar Anda bisa konsisten dengan pola hidup sehat yang akan Anda jalani. Cara mengecilkan perut buncit di atas dapat Anda jadikan referensi dalam niat Anda memperbaiki pola hidup sehat untuk menjaga berat badan Anda. Jangan mudah tergoda dengan makanan di hadapan Anda, lebih baik untuk membiasakan diri berpuasa.

Sumber :

www.alodokter.com

Dony Raditya Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *