9 Cara Mengecilkan Bokong dan Pinggul Hanya 1 Minggu

4 min read

cara mengecilkan bokong dan pinggul

Berikut cara mengecilkan bokong dan pinggul hanya 1 minggu dengan menjaga pola makan, tidak mudah stres, olahraga, squat, naik turun tangga, hingga leg raise.

Sehatkuy.com – Kepercayaan diri dapat hilang karena ukuran bokong serta pinggul terlalu besar, itu sebabnya tidak sedikit orang mencari tahu cara mengecilkan pantat. Mungkin ada sebagian orang yang merasa sangat percaya diri ketika diberikan pantat yang lebih menonjol, tidak kebanggaan tersebut tidak berlaku mutlak.

Lemak yang bergelambir di bagian bokong dan pinggul pasti akan sangat mengganggu. Terutama ketika Anda ingin menggunakan celana ketat, tonjolan-tonjolan lemak tersebut akan semakin nyata. Orang yang memiliki lemak berlebih di area tersebut juga biasanya tidak akan awet mengenakan celana.

Cara Mengecilkan Bokong dan Pinggul

Untuk mempermudah klasifikasi, kita akan membagi dua metode pengecilan, yakni pertama cara mengecilkan bokong dan yang kedua cara mengecilkan pinggul. Untuk yang pertama kita bahas dulu seperti apa langkah-langkahnya mengecilkan bokong ketika Anda merasa tidak percaya diri:

  1. Menjaga Pola Makan

Jika dalam pikiran Anda untuk mengecilkan bokong itu membutuhkan olahraga atau meminum obat-obatan, hal itu tidak mutlak. Yang paling penting adalah menjaga pola makan karena apa yang kita makan akan berdampak terhadap kondisi tubuh kita. Bukan hanya kesehatan dalam, namun juga fisik.

Tidak sedikit orang bersikeras berolahraga dengan baik, namun tidak menjaga pola makan dengan baik pula. Otomatis kondisi tubuhnya pun menjadi kontradiksi sehingga penyakit tidak teratasi. Padahal, pola makan adalah yang paling penting karena dari sana asupan gizi tubuh terpenuhi dengan sebaik-baiknya.

  1. Tidur Cukup dan Tidak Mudah Stress

Waktu tidur yang cukup dan stress yang bagus dikelola juga merupakan metode alamiah untuk mengecilkan bokong yang berukuran berlebihan. Kurangnya waktu tidur memang akan selalu menjadi masalah kesehatan. Stress juga menjadi pemicu utama terjangkitnya penyakit jenis apa pun pada tubuh.

Banyak faktor yang menyebabkan kurangnya waktu tidur, seperti alasan kesibukan pekerjaan atau tugas sekolah. Tingkat stress pada orang-orang yang kerap menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan juga relatif tinggi. Hal ini dapat memicu berbagai penyakit karena dari otaknya sendiri sudah tidak sehat.

  1. Olahraga

Cara ini merupakan hal paling lumrah untuk mengecilkan berbagai area tubuh, salah satunya adalah bagian bokong serta pinggul. Ada olahraga chair pose atau squat yang ampuh dalam menurunkan berat bokong Anda. Anda dapat mengaplikasikannya jika ingin segera mendapatkan bokong lebih ideal.

Caranya biarkan tubuh Anda dalam posisi tegak kemudian buka kaki selebar bahu dan turunkan lutut Anda perlahan-lahan. Perlahan angkat tangan Anda ke atas, kemudian condongkan tubuh ke depan. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

  1. Latihan Lain

Masih ada latihan lain yang dapat Anda lakukan jika ketiga cara di atas sekiranya masih belum cukup. Berbagai cara pengecilan bokong tersebut adalah yoga, lari, menanjak, clambing, atau menaiki tangga. Anda tinggal memilih metode mana yang paling ampuh atau paling nyaman untuk konsisten dilakukan.

Metode yoga termasuk metode menarik karena Anda bukan hanya mempersiapkan kesehatan secara fisik, namun juga mental. Banyak orang menyenangi yoga karena dari sana bukan hanya olahraga, namun Anda juga mampu mengolah rasa. Cara yang efektif untuk meminimalisir kelebihan berat badan.

Selesai dengan cara mengecilkan bokong, sekarang kita beralih ke  bagian lain untuk dibuat menjadi ukuran ideal, yakni pinggul. Pinggul yang besar selalu menjadi masalah, terutama ketika kita memilih pakaian. Jangan khawatir, ikuti cara-cara di bawah ini untuk mengecilkan area pinggul tersebut:

  1. Squat

Untuk gerakan squat ini kaki dibuka selebar mungkin, namun jangan melebihi lebar bahu. Sesuaikan saja dengan lebar bahu masing-masing. Rentangkan kedua tangan ke depan atau letakkan di dada sambil mengencangkan otot perut dan menarik napas dalam-dalam. Tekuk tungkai dan tarik bokong ke belakang seakan hendak duduk.

Sejajarkan paha dengan lutut, namun jagalah supaya punggung dan bahu tetap tegak. Biarkan seluruh telapak kaki menjejaki lantai. Tahan sebentar ketika Anda ada di posisi ini, kemudian perlahan berdiri ulangi lagi gerakan yang serupa selama kurang lebih 10 sampai 15 kali untuk hasil maksimal.

  1. Lunges

Tidak hanya untuk mengencangkan area pinggul, lunges juga akan berpengaruh besar terhadap metode untuk mengecilkan serta mengencangkan bokong serta paha. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk pengecilan dengan lunges ini. Anda harus melakukannya dengan benar untuk hasil maksimal.

Caranya, berdiri tegak dengan kaki terbuka agak lebih lebar dari pundak, tungkai kanan ditekuk sambil mencondongkan tubuh ke depan, tekuk paha dan tungkai supaya sejajar lantai. Tahan posisi selama kurang lebih beberapa menit dan lakukan hingga 12 sampai 16 kali gerakan setiap satu sesinya.

  1. Naik Turun Tangga

Metode paling mudah lainnya yang tidak membutuhkan teknik gerakan atau tanpa kekhawatiran melakukan pergerakan yang salah adalah naik turun tangga. Namun, Anda tetap harus berhati-hati jangan sampai saking semangat menurunkan berat badan, Anda justru terburu-buru dan kecelakaan.

Konon, menaiki dan menuruni tangga secara rutin dapat menyebabkan kalori pada tubuh hilang 3 kali lebih cepat dari sekadar berjalan kaki. Tidak perlu lama-lama, cukup lakukan gerakan naik turun tangga ini selama 5 menit saja. Lakukan bertahap, misalkan dari 2 menit, 3 menit, kemudian baru mulai 5 menit.

  1. Leg Raise

Leg raise adalah gerakan mengangkat tungkai yang dilakukan sambil Anda berbaring. Untuk jenis gerakan mengecilkan pinggul satu ini tersedia berbagai macam gerakan. Salah satu gerakan yang dianggap lebih ampuh ialah side lying leg raise yang dapat ditempuh dengan berbagai cara.

Gerakan-gerakan tersebut, diantaranya baringkan tubuh Anda ke sebelah kanan, biarkan tungkai dalam kondisi yang lurus. Angkat perlahan tungkai bagian kiri semampu tubuh Anda, jaga supaya perut dan pinggul tetap dalam kondisi stabil sementara kedua tungkai tetap lurus. Tahan 2-5 detik, lakukan 10 kali.

  1. High Intensity Interval Training

Gerakan yang satu ini merupakan penggabungan beberapa gerakan dalam waktu tidak berdekatan, namun memiliki fungsi lebih cepat dari gerakan-gerakan lainnya. Anda dapat menggabungkan metode gerakan yang cepat kemudian yang lambat terus berulang sampai hasil maksimal didapatkan.

Karena di sini tujuannya adalah untuk mengecilkan pinggul, maka langkah yang harus Anda ambil adalah squat jump selama 30 sampai 90 detik. Kemudian lanjutkan dengan berjalan santai melalui durasi yang sama. Mengecilkan pinggul dengan cara kombinasi ini terbilang lebih singkat daripada lainnya.

Sejatinya berbagai upaya untuk mengecilkan pinggul maupun bokong tidak akan sepenuhnya mengubah bentuk asli area tubuh Anda. Hanya saja, jika Anda konsisten melakukan berbagai usaha terus-menerus maka bokong maupun pinggul akan jauh lebih ideal. Anda dapat mempertahankannya dengan baik.

Setelah mengetahui berbagai cara mengecilkan bokong serta pinggul di atas, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena semua permasalahan dapat teratasi. Pastikan Anda konsisten dan tidak mudah menyerah ketika melaksanakan berbagai cara mengecilkan bokong dengan berbagai metode tersebut.

 

Referensi:

The 12 best ways to lose butt fat. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/how-to-lose-butt-fat#chair-pose. Accessed February on 14th, 2019.

How to Lose Butt Fat: 10 Effective Exercises. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324055.php. Accessed on February 14th, 2019.

How to Burn Butt Fat Fast. https://www.livestrong.com/article/184882-how-to-burn-butt-fat-fast/. Accessed on February 14th, 2019.

Lorenzetti, S., et al (2018). How to Squat? Effects of Various Stance Widths, Foot Placement Angles and Level of Experience on Knee, Hip and Trunk Motion and Loading. BioMed Central Sports Science, Medicine & Rehabilitation, 10, 14.
Bubnis, D. Healthline (2019). The Advantages of Wide Hips and How to Tone and Drop Inches.
Bubnis, D. Healthline (2019). Want to Burn Hip Fat? Try These 10 Exercise Options.
Bubnis, D. Healthline (2019). What Muscles Do Squats Work?
Weatherspoon, D. Healthline (2018). Everything Body Fat Distribution Tells You About You.
Inverarity, L. Very Well Health (2019). Exercises to Strengthen the Hip Muscles
Sears, B. Very Well Health (2019). Exercises for Healthy Hips.
Waehner, P. Very Well Fit (2018). Get Your Best Butt by Working Your Glutes, Hips, and Thighs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *