9 Cara Mengecilkan Bibir Secara Permanen dengan Alami dan Medis

Berikut cara mengecilkan bibir atas secara permanen dengan concealer pada bibir dan wajah, banyak minum air putih hingga membasahi bibir dengan ludah

Sehatkuy.com – Pemilik bibir tebal pasti penasaran sekali dengan cara mengecilkan bibir, baik yang dampaknya permanen atau hanya trik. Memiliki bibir yang tebal memang terlalu mengganggu, terutama untuk masalah kepercayaan diri. Tapi, jangan khawatir karena sekarang Anda bisa mengatasi hal tersebut.

Bisa melalui trik pemakaian make up yang tepat atau menjalani prosedur medis yang dilakukan oleh profesional. Sebenarnya bibir yang tebal memberikan kesan seksual yang dominan pada wanita, hanya saja tidak semua wanita suka dengan image tersebut. Tidak heran kalau banyak yang ingin kecilkan bibir.

Cara Mengecilkan Bibir Atas

Pertama kali kita coba cari tahu bagaimana trik mengecilkan bibir dengan bantuan make up. Setidaknya ada berbagai cara yang bisa dilakukan terangkum pada poin pembahasan di bawah ini:

  1. Mengaplikasikan Concealer pada Bibir

Jika biasanya concealer hanya diaplikasikan pada pipi, kali ini demi mengecilkan bibir, Anda bisa mengaplikasikan concealer pada area bibir. Kalau tujuannya untuk mengecilkan volume bibir atas maka di sekitar bibir ataslah Anda harus mengaplikasikan concealer tersebut secara merata dan tepat.

Tidak perlu terlalu tebal, Anda cukup mengaplikasikan concealer seukuran 1 mm saja. Tips memilih concealer yang tepat adalah dengan menyesuaikannya dengan warna kulit Anda. Tujuannya supaya garis bibir yang membatasi kulit dengan bibir bisa tersamarkan dengan sempurna, jadi hasilnya pun bagus.

  1. Mengaplikasikan Concealer pada Wajah

Penggunaan concealer pada area selain bibir juga memberikan kesan tipis pada bibir asalkan diaplikasikan dengan benar. Pembauran concealer di sekitar area wajah ini memiliki tujuan untuk menyamaratakan warna kulit di sekitar area bibir dengan warna keseluruhan wajah secara alami.

Trik memilih warna yang tepat lagi-lagi menjadi keputusan tepat untuk membuat volume bibir Anda seolah menipis dari volume aslinya. Jangan sembarangan memilih warna dan jangan juga sembarangan menerapkan concealer. Kalau warna dan kemerataan asal, nanti visualisasi wajah Anda malah aneh.

  1. Tepat Mengaplikasikan Lipstik

Pengaplikasian lipstik yang tepat bisa menjadi solusi untuk membuat volume bibir menjadi lebih mengecil. Anda bisa menebalkan lipstik pada bagian dalam bibir, namun hindari sebisa mungkin pengaplikasian lipstik di bagian luar yang sudah dibaluri oleh concealer. Gunakan warna terang.

Penggunaan warna terang ini memiliki tujuan untuk semakin menegaskan bahwa volume bibir Anda memang kecil. Memilih warna nude juga tidak salah, hanya saja warna nude tidak akan memberikan kesan setegas warna terang. Tapi, ini kembali lagi kepada masing-masing selera orang untuk warna.

  1. Menggunakan Lip Balm

Penerapan lip balm ini sebaiknya digunakan sebelum lipstik diaplikasikan. Tujuannya bukan hanya untuk melembabkan, namun juga demi menjaga bibir dari paparan sinar matahari langsung. Lip balm yang kerap digunakan untuk mengatasi bibir kering bisa juga memberikan perlindungan bagus pada bibir.

Paparan sinar matahari berlebih memang bisa menimbulkan banyak risiko, diantaranya membuat bibir jadi kering dan akhirnya pecah-pecah sehingga saat diterapkan lipstik warnanya jadi tidak menarik.

  1. Minum Air Putih

Cara paling alami untuk menghindarkan bibir dari ketidaksehatan adalah minum air putih yang cukup. Air putih akan memberikan bantuan kepada bibir supaya mendapatkan cairan yang tepat dan cukup. Kurang minum air putih tidak hanya berakibat dehidrasi dan membuat tubuh lemas kurang bertenaga.

Hal yang paling menyusahkan adalah bibir menjadi kering serta pecah-pecah atau bahkan bisa menimbulkan panas dalam, seperti halnya sariawan. Bibir yang diusahakan dikurangi volumenya harus mendapatkan hidrasi atau asupan air yang cukup supaya tetap sehat, walaupun sudah dipakaikan make up.

  1. Hindari Membasahi Bibir dengan Ludah

Terakhir, jangan pernah mencoba membasahi bibir dengan ludah karena kandungan yang ada pada ludah ternyata tidak baik untuk bibir Anda. Kalau pola pikir Anda dengan membasahi bibir menggunakan lidah itu bisa membuat bibir jadi lembab, hal tersebut jelas merupakan pengertian yang sangat keliru.

Seringnya bibir dibasahi dengan air liur tidak lebih hanya akan membuat bibir semakin kering karena kandungan air liur memang tidak seperti air yang bisa menghidrasi bibir dengan sempurna.

Cara Mengecilkan Bibir Dengan Medis

Berbagai cara di atas adalah cara alami untuk mengecilkan bibir, dampaknya juga tidak permanen karena Anda hanya melakukan cara mengecilkan bibir atas dengan bantuan make up. Tapi, kalau Anda berani dan memiliki budget lebih, tidak ada salahnya menjalani proses medis untuk pengecilan bibir.

Adapun berbagai hal yang harus dipersiapkan atau diperhatikan ketika memutuskan menjalani proses medis adalah:

  1. Memahami Risiko

Menjalani prosedur operasi atau bedah kecantikan itu tidak mungkin kalau tidak menimbulkan risiko. Meskipun ditangani oleh medis yang profesional, tapi Anda juga harus lebih meyakinkan diri lagi. Pasalnya ada berbagai kemungkinan terburuk yang bisa Anda dapatkan dari proses pengecilan bibir.

Berbagai risiko tersebut, diantaranya komplikasi karena anestesi, perdarahan berlebih ketika proses operasi, serta terjadinya kerusakan saraf berikut kerusakan-kerusakan lainnya pada mulut. Memang tidak semua kerusakan saraf ini dampaknya permanen, akan tetapi wajib untuk dihindari apa pun itu.

Untuk beberapa orang yang tidak cocok, prosedur operasi bisa menimbulkan jaringan parut di sekitar bibir. Dengan munculnya jaringan parut ini, tidak menutup kemungkinan kalau suatu saat, orang yang terkena dampak tersebut akan membutuhkan operasi lagi guna menghilangkan jaringan parut tersebut.

  1. Tidak Asal Memilih Tenaga Ahli

Gunanya survery adalah untuk mendapatkan tenaga ahli yang benar-benar profesional, ini kenapa Anda tidak boleh hanya tergiur dengan harga murah yang ditawarkan suatu layanan. Memerhatikan rekam jejak tenaga ahli serta kapabilitas tempat mengecilkan bibir adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Jangan asal memilih tenaga ahli hanya karena murah, sebaiknya Anda menunggu keuangan sampai sedikit membaik baru kemudian menjalani prosedur operasi dengan baik dan benar. Sementara menunggu, Anda bisa menerapkan berbagai trik pengaplikasikan make up seperti di atas.

  1. Menjalani Proses Pemulihan dengan Baik

Pasca operasi, kondisi Anda tidak akan semerta-merta membaik, ini kenapa dibutuhkan waktu untuk pemulihan. Cara merawat bibir hasil operasi yang baik adalah rajin berkumur dengan antiseptik guna mengatasi luka akibat pembedahan. Kemudian utamakan konsumsi makanan dengan tekstur lembut.

Selanjutnya, posisikan bantal lebih tinggi dari tubuh untuk membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan terakhir jangan dulu melakukan gerakan olahraga yang berat, santai saja selama pemulihan.

Bagi Anda yang memiliki bibir tebal dan tidak begitu percaya diri dengan tampilan tersebut, bisa memilih setidaknya dua cara untuk mengecilkan bibir. Pertama, menerapkan trik dalam pengaplikasian make up dan yang kedua adalah menjalani prosedur operasi dengan pemilihan tenaga ahli yang tepat.

Pilihan untuk mengecilkan bibir secara alami atau melalui bantuan medis bergantung pada diri Anda sendiri. Yang terpenting adalah ketika memutuskan cara mengecilkan bibir mana pun, Anda harus melakukannya dengan benar, mulai dari persiapan sampai dengan finishingnya.

 

Referensi

Web MD (2017). Why Are My Lips Chapped?

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *