11 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Permanen Cuma 2 Hari

3 min read

cara mengatasi keputihan

Ada beberapa cara mengatasi keputihan secara alami yaitu dengan bawang putih, aloe vera, buah delima, pisang, daun jambu biji hingga kunyit

Sehatkuy.com – Cara mengatasi keputihan berlebihan memang menjadi salah satu topik yang banyak dicari oleh kaum wanita. Pasalnya, selain menimbulkan rasa tidak nyaman. Cairan keputihan yang keluar secara tidak normal bisa mengindikasikan tidak sehatnya bagian organ reproduksi. Hal tersebut harus segera diatasi supaya tidak memicu risiko seperti terkena infeksi hingga kanker serviks.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Meskipun keputihan merupakan sesuatu yang normal terjadi pada wanita. Namun, keputihan abnormal harus segera diatasi.

Oleh sebab itu, saat mulai menyadari kalau keputihan mengalami perubahan tekstur, warna dan bau. Sebaiknya segera mencari solusi untuk mengatasinya. Supaya kesehatan pada organ kewanitaan tetap sehat dan terjaga.

Di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan secara alami yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi:

  1. Bawang Putih

Salah satu cara mengatasi keputihan dengan bahan alami adalah menggunakan bawang putih. Perlu diketahui, kalau umbi bawang mengandung zat seperti allicin dan bioaktif. Yang mana memiliki khasiat untuk membunuh jamur, bakteri, serta virus. Bukan hanya itu, bawang putih juga bisa membantu menghilangkan bau yang tidak sedap.

Anda bisa mendapatkan semua khasiat dari bawang putih tanpa takut menimbulkan efek samping pada ph organ reproduksi. Jadi, sangat aman dan worth it untuk dipilih. Selain itu, rempah satu ini juga sangat mudah didapatkan, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukannya.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda bisa mengkonsumsi bawang secara langsung dengan cara memakannya setiap pagi. Bisa juga dengan mengoleskan pasta bawang putih di area organ intim. Ulangi proses tersebut setiap hari sampai gejala keputihan yang tidak normal menghilang.

  1. Alore vera

Tumbuhan lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara alami mengatasi gejala keputihan abnormal. Kandungan di dalamnya memiliki kemampuan untuk mencegah proses keluarnya keputihan yang tidak sehat.

Jadi, tidak mengherankan kalau kemudian banyak diproduksi beragam produk obat keputihan yang berbahan baku dari aloe vera.

Untuk bisa mendapatkan manfaat aloe vera secara maksimal, ada beberapa cara yang bisa di aplikasikan. Salah satunya adalah meminum air rebusan lidah buaya secara rutin, yaitu 2 kali sehari.

Usahakan diminum dalam keadaan hangat supaya terasa lebih baik. Untuk mendapatkan tekstur yang pas, Anda bisa menghaluskan lidah buaya dengan blender.

Cara yang kedua adalah dengan mengoleskan jus aloe vera yang sudah direbus terlebih dahulu. Oleskan secara merata pada bagian Miss V. Supaya hasil lebih bagus, maka bisa menambahkan daun sambiloto atau sirih.

Baca juga : Cara Agar Cepat Menstruasi dan Pentingnya Siklus Menstruasi Bagi Wanita

  1. Buah Delima

Selain enak dimakan, ternyata buah delima juga memiliki beragam khasiat untuk mengatasi bermacam-macam masalah kesehatan. Salah satunya adalah keputihan.

Disini, Anda bisa menggunakan bagian kulit dari buah delima yang sebelumnya sudah dikeringkan. Cara mengolahnya juga sangat mudah sekali dan dijamin tidak akan memakan waktu lama.

Pertama-tama, siapkan buah delima secukupnya. Kemudian rebus dalam air dengan takaran 600 cc. Rebus hingga air surut dan tersisa setengah saja, yaitu 300 cc. Lalu saring dan minum air rebusan yang masih hangat. Sebaiknya konsumsi air rebusan secara teratur, yaitu 2 kali dalam sehari.

  1. Pisang

Buah yang satu ini ternyata sudah cukup terkenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah pada organ reproduksi, khususnya keputihan.

Untuk bisa mendapatkan khasiat dari berbagai kandungan yang ada dalam buah pisang, maka ada beberapa cara yang dapat diterapkan. Salah satunya adalah mengkonsumsi pisang segar secara teratur. Selain itu, bisa juga dibarengi dengan membuat pasta pisang. Kemudian dioleskan pada bagian Miss V.

Untuk membuatnya, maka pisang harus dipisahkan dari kulitnya. Kemudian tambahkan madu asli secukupnya. Lalu tumbuk hingga halus dan tinggal digunakan. Sebaiknya hal ini secara rutin supaya mendapatkan hasil lebih optimal.

  1. Daun Jambu Biji

Siapa yang menyangka, kalau ternyata daun dari jambu biji ini memiliki banyak manfaat dalam mengatasi berbagai masalah gatal dan lendir berlebihan di bagian organ intim.

Selain buahnya yang lezat, daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami keputihan. Caranya juga sangat mudah, yaitu tinggal rebus daunnya saja, kemudian tambahkan garam.

Lalu tinggal disaring dan basuh semua bagian organ kewanitaan dengan air rebusan tersebut. Lakukan dengan perlahan supaya tidak menyakiti diri sendiri. Untuk hasil yang memuaskan, disarankan untuk mengulangi ritual tersebut setidaknya 2 kali dalam sehari.

  1. Sambiloto

Khasiat dari sambiloto memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Tanaman ini sudah terkenal sebagai salah satu obat herbal yang digunakan untuk menuntaskan berbagai masalah kesehatan, termasuk juga keputihan.

Hal tersebut dikarenakan sambiloto mengandung senyawa seperti flavonoid, alkane, keton, asam kersik, aldehid, mineral, homandrografolid dan lainnya.

Cara pengobatan menggunakan sambiloto juga sangat praktis. Anda tinggal merebus sambiloto secukupnya. Kemudian saring airnya dan minum saat masih hangat. Lakukan saja hal tersebut secara berkala sampai mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

  1. Jengger Ayam

Bunga jengger ayam memiliki kandungan zat amaranthin, kaempferitrin, pinitol, dan lemak. Sementara pada daunnya terkandung folifenol, saponin dan flavonoida yang berkhasiat membunuh bakteri dan mengurangi rasa gatal. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda tinggal meminum air rebusan dari bunga dan daun jengger ayam saja.

  1. Rajin Mengkonsumsi Yoghurt

Yoghurt murni memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai obat alami untuk keputihan yang tidak normal.

Di dalam yoghurt terkandung bakteri baik bernama probiotik. Kandungan ini memiliki kemampuan menjaga keseimbangan pada bakteri dalam tubuh. Selain itu juga melawan ragi penyebab infeksi dan keputihan.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, maka bisa langsung mengkonsumsi yoghurt murni. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan yoghurt tersebut ke bagian vulva. Untuk membasuh organ kewanitaan, sebaiknya lakukan dengan yoghurt yang sudah dicairkan terlebih dahulu.

Baca juga : 9 Cara Menghilangkan Nyeri Haid Pada Hari Pertama Sampai Selesai

  1. Daun Sirih

Di dalam daun sirih terkandung berbagai senyawa yang bisa menuntaskan masalah kewanitaan yang satu ini. Dengan zat antibakteri yang ada di dalamnya, daun sirih bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal bagi masalah keputihan.

Disini, Anda bisa meminum air hasil rebusan dari sirih atau menggunakan rendaman sirih untuk membasuh area kewanitaan.

  1. Kunyit

Siapa yang tidak tahu kunyit? Tumbuhan herbal satu ini memang sudah sangat terkenal manfaatnya. Termasuk juga dalam membantu mengatasi keputihan.

Mengandung anti bakteri dan anti inflamasi, kunyit bukan hanya dapat menghentikan keluarnya cairan keputihan. Tapi juga meredakan radang akibat infeksi. Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal minum air hasil perasan kunyit.

  1. Kompres

Apabila keputihan menyebabkan gatal, nyeri dan pembengkakan di area kewanitaan. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan kompres. Usahakan menggunakan air dingin supaya radang dan pembengkakan berkurang. Ulang hal tersebut secara berkala supaya tidak terasa nyeri di bagian genital.

Keputihan merupakan hal normal yang sebenarnya menjadi salah satu bukti terjaganya kesehatan organ kewanitaan. Namun dalam beberapa kasus, keputihan bisa menjadi berbahaya.

Terutama saat terjadi perubahan pada bentuk, warna, maupun bau. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda bisa mencoba menerapkan cara mengatasi keputihan di atas sebagai alternatif solusi.

Link sumber:

https://www.alodokter.com/keputihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *