Pembahasan Lengkap Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Medis

Cara memutihkan wajah secara alami dengan pepaya, bengkoang hingga air beras. Sementara secara medis dengan cryosurgery, suntik, hingga laser resurfacing.

Sehatkuy.com – Melihat orang lain memiliki wajah yang putih bersih pastinya membuat iri. Apalagi jika kulit Anda terlihat kusam, hitam, dan banyak flek serta jerawat. Lengkap sudah penderitaan yang membuat percaya diri hilang.

Tenang, jangan stress dulu. Karena ada cara memutihkan wajah yang bisa dicoba dengan hasil yang memuaskan. Mau dengan treatment dokter atau alami, tinggal Anda pilih saja.

Pada dasarnya siapa saja bisa mendapatkan kulit lebih cerah dan putih bersih dengan cepat dalam waktu 2 hari atau lebih. Masalahnya terdapat pada pola hidup serta kondisi lingkungan.

Seperti dikutip dari www.journal.sociolla.com alasan kenapa seseorang memiliki kulit kusam dan menghitam. Diantaranya, karena stress berlebihan, dehidrasi, polusi udara, dan malas membersihkan wajah sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati.

Cara Tepat Memutihkan Wajah Dengan Treatment Medis

Banyak wanita dan pria yang bingung tentang bagaimana cara agar kulit wajah mereka terlihat lebih cerah dan putih bak orang Korea. Sehingga melakukan langkah yang salah dan malah membuat kondisi wajah tambah parah.

Ada baiknya, hentikan semua cara ala Anda itu dan berkonsultasilah dengan dokter. Karena ada beberapa treatment yang terbukti mampu memutihkan wajah.

  1. Cryosurgery

Cara ini sudah banyak diterapkan oleh dokter kulit dan kecantikan. Menggunakan nitrogen cair sebagai bahan utamanya.

Fungsinya adalah untuk menghancurkan lapisan melanin sebagai penyebab kulit kusam dan flek hitam. Lalu mengelupaskan sel mati di area wajah dan mendorong terbentuknya sel baru yang lebih cerah dan sehat dengan cepat.

Prosedurnya adalah dengan mengoleskan nitrogen cair tersebut yang kadar dan jumlahnya sudah ditentukan oleh dokter ke area wajah.

Lalu dilakukan proses pembekuan dengan alat khusus. Selanjutnya proses pencairan dibiarkan, dimana nitrogen akan mencair dan mengelupaskan kulit. Prosedur ini termasuk instan. Namun efeknya kadang kulit terlihat melepuh.

  1. Suntik

Banyak yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan kulit putih secara instan. Karena beda dengan cara memutihkan wajah secara alami yang butuh waktu lama.

Sebaiknya, cara ini dilakukan oleh dokter professional. Karena jika salah prosedur dan dosis, akan berdampak pada kesehatan jangka panjang.

Prosedurnya adalah dengan menyuntikkan cairan khusus untuk memutihkan wajah. Fungsinya mematikan melanin di kulit wajah.

Semakin sedikit melanin di kulit, maka kondisi kulit akan semakin cerah dan putih. Prosesnya terbilang cepat dalam 1 hari sudah bisa dirasakan manfaatnya pada kulit.

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Medis Dibahas Lengkap

  1. Skin Bleaching

Memutihkan kulit dengan cara ini menggunakan krim pemutih yang mengandung zat untuk mengelupaskan kulit bernama AHA dan tretinoin.

Dokter kulit akan memberikan krim ini untuk digunakan pada jangka waktu tertentu dengan dosis yang jelas. Perawatan dan control diperlukan hingga Anda mendapatkan hasil maksimal.

Prosedurnya adalah dengan mengoleskan krim ke area wajah, baik wanita maupun pria. Biasanya digunakan pada malam hari, ketika tubuh beristirahat. Sehingga kinerja obat menjadi lebih maksimal.

Memang untuk beberapa waktu awal, kulit jadi memerah dan sensitif karena dikelupaskan secara paksa. Namun, dengan perawatan yang tepat tidak akan jadi masalah.

  1. Laser resurfacing

Para artis menggunakan cara ini untuk memutihkan kulit secara instan. Menggunakan laser yang akan memancarkan energi tinggi ke bagian wajah.

Prosesnya hanya memakan waktu 1 jam saja. Fungsinya untuk membantu mematikan melanin. Kemudian memicu terciptanya lapisan kulit baru yang lebih cerah.

Prosedur ini membutuhkan waktu hingga hasil akhir sekitar 20 hari. Ada yang terkadang mengalami efek samping seperti kulit memerah.

Namun ada juga yang tidak berhasil. Jadi sebaiknya Anda konsultasikan dulu kondisi kulit dengan dokter sebelum memakai treatment ini.

Putihkan Wajah Secara Alami? Begini Caranya

Selain menggunakan cara medis melalui dokter kulit dan kecantikan. Anda sebenarnya bisa memutihkan wajah dengan cara memutihkan wajah yang alami.

Bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anda atau campuran bahan-bahan terpilih dengan hasil memuaskan.

Pastinya cara alami ini tanpa efek samping yang bisa membahayakan kulit. Tetapi, yang diperlukan hanyalah kesabaran dan ketelatenan dalam melakukannya.

  1. Pepaya

Buah yang satu ini selain berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuh. Pepaya juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memutihkan kulit wajah.

Cukup kupas papaya secukupnya. Lalu lumatkan sampai halus. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan maksimal 30 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Lakukan sekali seminggu secara rutin untuk hasil terbaik.

  1. Bengkuang

Dari zaman dahulu, bengkuang memang terkenal sebagai buah yang bisa menjadi masker pemutih wajah. Tak salah jika banyak produk kecantikan untuk pemutih kulit menggunakan ekstrak buah khas Kota Padang ini.

Cara pakainya adalah dengan memblender bengkuang. Lalu peras ke dalam gelas hingga didapat intisarinya.

Biarkan hingga butiran halusnya mengendap di dasar gelas. Ambil butiran tersebut dan oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher.

Tunggu hingga kering, bilas dan bersihkan. Lakukan juga secara rutin beberapa kali seminggu.

  1. Susu

Kandungan susu, juga dipercaya dan terbukti membantu mencerahkan kulit wajah. Terutama susu sapi atau susu kambing.

Anda juga bisa menggantinya dengan susu beruang kaleng yang dijual bebas. Karena pada dasarnya kandungan baik dalam susu relatif sama dan bermanfaat bagi kesehatan.

Caranya adalah dengan menyiapkan susu dalam kondisi hangat. Lalu celupkan lap kering ke dalam susu.

Oleskan ke wajah sambil digosok lembut ke semua area wajah dan leher. Ulangi lima hingga enam kali. Lalu bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

  1. Air Beras

Hampir sama dengan prosedur lainnya. Air beras juga bisa dijadikan masker untuk membantu mencerahkan serta memutihkan kulit wajah.

Ambil air cucian beras pertama dan tuangkan di dalam sebuah mangkuk. Biarkan setengah jam. Ambil endapannya dan jadikan masker untuk wajah. Dalam satu minggu akan terlihat hasilnya.

  1. Jeruk

Jenis jeruk yang biasa digunakan untuk membantu memutihkan wajah adalah dengan jeruk nipis yang sudah dibersihkan dan diiris.

Caranya, lumuri wajah dengan irisan jeruk nipis sambil digosok lembut. Diamkan 15 menit, lalu bilas. Selain memutihkan, jeruk nipis juga membantu mengatasi flek hitam dan bekas jerawat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami Cuma 1 Hari

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dan Terbukti Ampuh

  1. Ampas Teh

Apakah anda penikmat teh? Selain meminumnya di pagi hari. Ternyata ampas teh terutama yang sudah basi, bisa dijadikan masker yang membantu memutihkan kulit wajah.

Cukup oleskan pada seluruh wajah dan diamkan 15 menit lalu bilas. Lakukan secara rutin untuk hasil menakjubkan.

Cara ini dinilai lebih bermanfaat ketimbang menggunakan pasta gigi yang juga sering dipakai karena menurut beberapa pihak bisa membantu mebersihkan wajah dan mencerahkan.

Padahal jika dilakukan berkali-kali justru memberi efek kulit menjadi lebih rentan mengalami jerawat dan menjadi kusam.

Seperti kata pepatah “tak satu jalan menuju Roma” sama halnya dengan cara memutihkan wajah secara alami maupun dengan treatment dokter.

Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kondisi wajah Anda. Mulailah dengan konsultasi dengan dokter. Jika dirasa tak mungkin untuk konsultasi. Pilihlah cara yang memiliki efek samping yang tidak berbahaya, yaitu menggunakan bahan alami yang mudah didapat.

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *