6 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dan Permanen

4 min read

cara memutihkan gigi

Banyak cara memutihkan gigi kuning secara alami yang bisa kalian coba seperti dengan mengurangi soda, kafein dan rokok. Kalian juga bisa menggunakan bahan alami seperti apel dan strawberry

Sehatkuy.com – Mengetahui cara memutihkan gigi dengan cara alami merupakan keuntungan yang bisa dirasakan oleh banyak orang. Pasalnya gigi yang putih tidak hanya melambangkan kebersihan, namun juga menjadi pendukung penampilan yang membuat banyak orang percaya diri, lebih nyaman juga untuk pemiliknya.

Berbagai kemungkinan bisa menjadi sebab gigi berwarna kuning atau kusam, diantaranya rokok, asupan makanan yang tidak baik, serta pertambahan usia. Berkaitan dengan rokok dan pola makan, Anda sendiri yang bisa mengontrol seberapa baik porsi yang dibutuhkan, lain hal dengan adanya faktor usia.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Untuk memutihkan gigi sebenarnya Anda bisa langsung saja pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan hasil dalam waktu cepat. Namun, sayangnya jalan ini hanya bisa ditempuh oleh orang-orang yang memiliki keuangan dalam kondisi berlebih. Lain hal untuk orang-orang yang tidak memiliki budget.

Tapi, jangan khawatir karena Anda bisa menempuh jalan pemutihan gigi dengan cara alami. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin mendapatkan gigi putih bersih. Tidak perlu pergi ke dokter dan menghabiskan biaya mahal, berbagai cara alami di bawah ini bisa Anda terapkan di rumah:

  1. Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Poin paling penting dari mendapatkan gigi yang sehat lagi bersih adalah konsistensi Anda dalam menjaga kebersihan gigi serta mulut. Seminimal mungkin kita sudah dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali dalam sehari setelah makan. Tujuannya untuk membersihkan kuman dari sisa makanan pada gigi.

Tapi, ada hal penting juga yang harus diketahui, yakni tidak dianjurkan untuk menyikat gigi langsung pasca memakan makanan asam. Jika dilakukan langsung, enamel pada gigi akan terganggu sehingga gigi rentan rusak. Penggunaan benang gigi dan juga obat kumur bisa membantu pembersihan pada gigi.

Banyak orang salah kaprah dengan menerapkan kebiasaan menggosok gigi ketika mandi saja, padahal waktu yang paling tepat adalah ketika kita selesai makan. Sebab dari sana kita langsung membersihkan sisa makanan yang berpotensi merusak kesehatan gigi. Atau kita bisa sikat gigi sebelum waktunya Anda tidur.

Baca juga : 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras Dijamin Bersih

  1. Memanfaatkan Bahan Alami

Memanfaatkan bahan alami yang bisa Anda dapatkan secara gampang dari lingkungan sekitar tidak hanya menghemat biaya karena tidak perlu ke dokter, namun juga lebih aman untuk kesehatan. Sekurang-kurangnya ada dua bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat gigi menjadi putih.

Pertama, Anda bisa menggunakan satu sendok baking soda yang dicampur dengan dua sendok air, gunakan sebagai pasta gigi dan aplikasikan saat menyikat gigi. Kedua, Anda bisa berkumur dengan campuran cuka apel karena cuka apel ini memiliki kandungan asam asetat untuk membunuh bakteri.

Sederhananya sering saja mengonsumsi buah dan sayur maka kesehatan gigi dan mulut Anda pun akan otomatis terjaga. Di samping itu kandungan gizi pada buah serta sayur juga sudah umum sekali diketahui sebagai kandungan yang baik untuk keseluruhan kesehatan pada tubuh, ibaratnya dari kepala sampai kaki.

  1. Pemanfaatan Asam Malat dari Buah

Asam malat merupakan kandungan alami pada buah-buahan, terutama dua buah, seperti apel dan juga strawberry. Kandungan asam malat pada buah tersebut bisa membantu Anda untuk mendapatkan gigi putih bersih. Namun, sama sekali tidak disarankan untuk memanfaatkan asam malat dalam waktu sering sebab bisa merusak gigi.

Untuk memanfaatkan asam malat ini, Anda bisa mengolah strawberry menjadi pasta gigi. Caranya, lembutkan strawberry dengan baking soda sampai membentuk pasta. Jika sudah didapatkan pastanya maka Anda bisa menerapkan pada gigi dengan tempo waktu yang tepat agar gigi putih dan sehat.

Pemanfaatan asam malat, salah satunya dari strawberry memang bagus untuk memutihkan gigi, namun Anda tidak dianjurkan terlalu sering memanfaatkannya. Hal ini karena kandungan asam pada buah tersebut berpotensi merusak gigi kalau Anda terlalu sering mengaplikasikannya sebagai pasta gigi.

  1. Pola Makan Sehat

Cara memutihkan gigi secara alami berikutnya yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari adalah menerapkan pola makan sehat. Mengonsumsi buah dan sayuran yang bagus untuk gigi akan membantu Anda mendapatkan gigi yang putih serta bersih. Tapi, jangan sering mengonsumsi lemon dan jeruk.

Kandungan asam pada kedua buah tersebut bisa berpotensi merusak enamel gigi Anda. Adapun makanan-makanan yang dianjurkan untuk membantu gigi supaya putih bersih adalah keju, susu, bayam, dan juga brokoli. Makanan tinggi serat akan membuat air liur membersihkan zat-zat perusak gigi Anda.

Serat akan membantu memperbanyak produksi air liur, ini kenapa kandungan serat bisa membantu pembersihan gigi. Sangat tidak dianjurkan apabila Anda terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis lagi lengket, katakan saja seperti coklat. Karena kandungan makanan ini mudah merusak gigi.

  1. Membatasi Asupan Kafein dan Soda

Banyak orang sudah paham bahwa kopi adalah sumber kafein yang memang harus dihindari sebab bisa membuat gigi kuning. Tapi, tidak banyak orang mengetahui bahwa sumber kafein itu bukan hanya kopi, namun juga teh. Keduanya harus dibatasi konsumsinya demi mendapatkan gigi yang putih, sehat, bersih.

Gigi yang semakin menguning akan semakin tampak jelas seiring dengan usia yang bertambah juga. Namun, yang penting untuk diperhatikan di sini adalah pertambahan usia tersebut akan semakin menegaskan warna gigi apabila Anda tidak menjaga asupan tidak baik, seperti soda, teh, dan kopi.

Soda, teh, dan juga kopi memang tiga jenis minuman yang sangat menggiurkan karena peranannya masing-masing. Kopi kerap disukai oleh semua kalangan karena bisa menjadi teman yang cocok saat berkumpul dengan teman, demikian juga dengan teh. Sementara soda adalah minuman santai yang pas.

  1. Tidak Merokok

Terakhir, kebiasaan yang harus dihindari untuk mendapatkan gigi putih serta bersih adalah menghentikan kebiasaan merokok. Kandungan nikotin dan berbagai elemen berbahaya lainnya pada rokok bukan hanya menimbulkan warna kekuningan pada gigi, namun juga ancaman kerusakan lain.

Katakan saja radang gusi, bau mulut, sampai dengan kanker pada mulut serta paru-paru bisa didatangkan dari kebiasaan merokok. Tidak dapat dimungkiri perokok aktif di Indonesia ini menempati jumlah yang sangat banyak. Padahal di kemasan rokok sudah tertera jelas anjuran tidak merokok.

Perusahaan rokok sendiri sudah memberikan peringatan keras terhadap seberapa bahanya rokok untuk kesehatan. Namun, sayangnya yang tidak seiring sejalan dengan peringatan tersebut adalah iklan-iklan rokok di berbagai media justru menyajikan kebugaran fisik model iklannya, padahal tidak menyentuh rokok.

Penyebab gigi kuning memang salah satunya dari faktor usia, namun bukan berarti usia yang belum tua pun tidak akan terancam memiliki gigi kuning. Perawatan gigi yang tepat dan baik dalam sehari-hari seperti di atas menjadi penentu apakah gigi Anda tergolong sehat atau tidak. Berbagai cara memutihkan gigi secara alami bukan hanya hal yang harus diketahui, namun wajib Anda aplikasikan di keseharian.

 

Referensi

Giancio, S. The Journal of American Dental Association JADA. Baking soda dentifrices and oral health. 2017. 148 (11), pp. S1 – S3.
American Dental Association ADA (2018). Oral Health Topics. Whitening.
Salinas, T. Mayo Clinic (2016). When and how often should you brush your teeth?
Gardner, A. Health. Best and Worst Foods for Your Teeth.
Bell, B. Healthline (2016). 7 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home.
Gordon, K. Net Doctor UK (2017). Does charcoal *really* whiten your teeth?
Leifer, M. WebMD (2015). Whiten Your Teeth at Home.
WebMD (2018). Slideshow: 10 Secrets to Whiter Teeth.
WebMD (2017). Diet and Oral Health.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *