15 Cara Memperbanyak dan Melancarkan ASI Secara Alami

3 min read

cara memperbanyak asi

Berikut cara memperbanyak asi secara alami seperti memperbanyak air putih, konsumsi kayu manis, minum jahe, minum rebusan daun kemangi, konsumsi biji jintan hingga perbanyak vitamin B

Sehatkuy.com – Apakah Anda ibu yang sedang menyusui? Menyusui memberikan banyak manfaat bagi Anda dan bayi Anda. Air susu ibu (ASI) memenuhi semua kebutuhan gizi bayi, menyediakan antibodi untuk membantu mempertahankan diri dari infeksi, dan melindungi terhadap alergi, asma, dan obesitas saat ia bertambah tua. Banyak ibu yang ingin sekali memiliki banyak ASI namun tidak mengetahui cara memperbanyak ASI.

Ya, menyusui tidak selalu mudah dan mengeluarkan ASI yang sedikit bisa menjadi masalah. Penyebab paling umum dari suplai ASI yang rendah adalah asupan makanan dan cairan yang tidak memadai, kelelahan, tingkat stres yang tinggi, dan menyusui bayi dalam jangka waktu singkat. Ingin tahu cara memperbanyak asi secara alami?

Cara Alami untuk Memperbanyak ASI

Menyusui tidak hanya bagus untuk kesehatan anak, tapi menyusui juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat dan melindungi Anda terhadap kanker payudara atau ovarium di kemudian hari.

Nah, untuk Anda yang ingin sekali memperbanyak pasokan ASI, ada beberapa cara untuk membantu menjaga dan meningkatkan produksi susu Anda. Berikut adalah beberapa cara alami untuk meningkatkan pasokan susu Anda.

  1. Konsumsi makanan yang seimbang

Ibu menyusui membutuhkan tambahan  500 kalori per hari. Pilih makanan bergizi yang memberi Anda energi, seperti makanan kaya protein oatmeal, telur, dan sayuran. Makanan di atas membantu meningkatkan persediaan ASI seorang ibu.

  1. Perbanyak konsumsi vitamin B

Mengkonsumsi vitamin B tinggi, zat besi, protein, kromium dan selenium, secara rutin sangat baik digunakan sebagai suplemen nutrisi. Makanan-makanan yang mengandung nutrisi di atas sangat baik untuk laktogenik.

  1. Konsumsi Makanan Anti Inflamasi yang Sehat

Ibu yang menyusui ini juga sangat disarankan untuk memakan buah-buahan dan sayuran, biji-bijian utuh seperti beras merah, makanan yang mengandung omega-3 seperti salmon, serta protein nabati. Targetkan sekitar 2.500 kalori per hari.

  1. Perbanyak minum air putih

Jumlah pasti asupan cairan dapat bervariasi per individu, tetapi Anda harus meminum setidaknya lebihd dari delapan gelas air per hari. Tubuh Anda tidak dapat membuat susu jika Anda mengalami dehidrasi.  Sehingga Anda membutuhkan lebih banyak air daripada yang mungkin Anda duga  selain delapan gelas yang disarankan dokter, Anda harus menambahkan empat gelas lagi.

  1. Konsumsi suplemen vitamin Anda

Ibu menyusui sangat disarankan untuk mendapat nutrisi kalsium, vitamin d, zat besi, asam folat sebagai vitamin dan mineral. Kandungan itu penting untuk ibu menyusui dan Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen tambahan.

  1. Seringlah  menyusui

Semakin sering dan semakin lama bayi Anda menyusu, semakin banyak ASI yang akan Anda hasilkan. Seorang konsultan laktasi dapat mengajarkan Anda teknik dan posisi terbaik untuk membantu Anda dan bayi Anda mendapatkan hasil maksimal dari menyusui.

Bayi yang ingin disusui tidak mengikuti jadwal Anda. Jadi, cobalah untuk mengikuti isyarat bayi Anda, terutama ketika bayi Anda masih baru lahir. Jadi pastikan Anda menyusui sesuai permintaan bayi, yang berarti bahwa setiap kali bayi Anda lapar, Anda harus memberinya makan.

Ya, memberi makan berdasarkan permintaan bayi mungkin merupakan cara yang tepat untuk memperbanyak ASI. Mungkin cara tersebut tidak selalu memungkinkan, terutama bagi ibu yang bekerja di luar rumah. Anda juga harus mempertimbangkan kesehatan mental Anda juga. Tetapi, Anda bisa memberikan ASI dan memasukkannya ke dalam botol.

  1. Biarkan bayi menyusu sepenuhnya di setiap sisi

Produksi susu adalah sistem pasokan-permintaan sehingga semakin sering bayi menyusu, semakin banyak produksi susu terjadi. Ketika payudara Anda benar-benar kosong, ia mengirim pesan ke otak Anda untuk menghasilkan lebih banyak susu.

Ketika bayi Anda benar-benar mengosongkan payudara, mereka yakin untuk mendapatkan semua foremilk dan lemak di belakang payudara yang bagus untuk perkembangan mereka.

  1. Tidur Kapan Saja

Tidur nyenyak di malam hari sesering mungkin dan tidur siang di siang hari saat bayi tidur ternyata cukup bagus untuk mensuplai ASI Anda. Pastikan Anda juga tidak banyak stres karena itu bisa mengganggu asupan ASI sang ibu.

  1. Konsumsi kayu manis

Ibu menyusui dapat mengkonsumsi  kayu manis dengan mencampurkannya dalam air hangat dan menambahkan madu atau dengan menambahkannya ke dalam susu. Anda bisa mengkonsumsi kayu manis selama satu atau dua bulan dan cobalah melihat perbedaan  pasokan susu Anda.

  1. Konsumsi Biji Jintan

Biji jintan banyak digunakan dalam masakan Indonesia dan biji wangi ini juga dianggap sebagai obat yang efektif untuk menyembuhkan produksi susu rendah pada ibu menyusui.

Selain berurusan dengan pasokan susu yang rendah, biji-bijian ini sarat dengan zat besi, yang sangat membantu dalam memberikan energi yang sangat dibutuhkan ibu menyusui. Anda dapat mencampur satu sendok teh biji jintan dengan sedikit gula dan mengonsumsinya dengan susu hangat sebelum tidur di malam hari.

  1. Tambahkan bawang putih ke setiap masakan

Bawang putih dikenal karena sifat laktogeniknya yang membantu meningkatkan pasokan ASI pada ibu. Bumbui siung bawang putih dan tambahkan ke piring Anda. Anda juga bisa mengunyah beberapa siung bawang putih.

Bawang putih efektif dalam meningkatkan sekresi ASI. Bawang putih juga bisa meningkatkan rasa ASI jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Bawang putih dapat digunakan dalam bentuk apa pun dalam masakan sehari-hari Anda.

  1. Minum jahe

Selain menambah rasa ke berbagai makanan dan minuman, jahe juga digunakan untuk manfaat kesehatannya. Salah satu manfaat kesehatan terbaik yang dapat Anda rasakan setelah mengkonsumsi ramuan jahe adalah meningkatkan pasokan ASI Anda.

Cara penggunaannya, Anda dapat menggunakan jahe untuk digeprek lalu masukkan ke teh biasa atau tambahkan sebagai bumbu ke makanan Anda.

  1. Minum teh biji fenugreek

Biji fenugreek adalah salah satu tanaman herbal terbaik untuk ibu menyusui karena mampu meningkatkan produksi ASI. Biji fenugreek meningkatkan tingkat estrogen dalam tubuh. Benih-benih ini juga sarat dengan galactagogue, yang membuatnya bagus untuk para ibu yang ingin meningkatkan pasokan ASI mereka.

Cara penggunaannya adalah Anda dapat mengambil satu sendok teh penuh biji fenugreek dan merebusnya dalam air. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu untuk menambah rasanya. Minumlah teh ini setidaknya dua hingga tiga kali sehari.

  1. Konsumsi rebusan daun kemangi

Rebus 5-6 daun kemangi dalam panci selama 2 menit. Kecilkan api hingga mendidih dan biarkan selama sekitar lima menit. Saring airnya, tambahkan madu dan minum. Minumlah ramuan rebusan daun kemangi dua kali sehari selama beberapa bulan.

  1. Konsumsi biji adas

Biji adas sangat bagus untuk meningkatkan pasokan ASI pada ibu menyusui. Benih-benih ini meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh dan estrogen adalah hormon yang juga membantu dalam menghasilkan lebih banyak susu.

Cara mengkonsumsi biji adas adalah dengan memasukkannya ke dalam air panas selama beberapa menit. Anda bisa menambahkan madu untuk rasa manis dan Anda dapat minum teh ini beberapa kali sehari. Jika Anda tidak suka dibuat teh, Anda bisa mengunyah sesendok biji beberapa kali dalam sehari.

Dengan mencoba cara-cara di atas baik itu perbanyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan perbanyak istirahat, maka perlahan tapi pasti ASI dalam tubuh Anda bisa bertambah. Semoga cara memperbanyak ASI di atas bisa memberi solusi atas permasalahan Anda.

 

Referensi :

Alodokter (2017). Cara Memperbanyak ASI untuk Mencukupi Kebutuhan Bayi

Doktersehat (2019). 9 Makanan Penambah ASI & Tips Memperbanyak ASI (Terbukti Efektif)

Timesfood (2018). 10 Home Remedies To Increase Breast Milk Naturally

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *