5 Cara Melancarkan BAB yang Keras Secara Cepat Dalam 1 Hari

Berikut cara melancarkan bab yang keras dengan cepat hanya 1 hari menggunakan apel, brokoli, kacang – kacangan hingga minyak zaitun

Sehatkuy.com – Cara melancarkan bab merupakan hal penting untuk tetap menjaga kesehatan ketika ada berbagai kondisi yang membuat seseorang sulit membuang air besar. Sulitnya bab disebabkan oleh tubuh yang kekurangan asupan serat. Padahal serat secara alami bisa didapatkan dari berbagai buah-buahan.

Air putih juga merupakan sumber serat yang bagus untuk kesehatan, jika ingin mendapatkan cara yang lebih praktis. Mulai mengganti penggunaan garam biasa dengan garam inggris bisa menjadi keputusan yang tepat untuk melengkapi serat dalam tubuh. Umumnya, kesulitan bab ini disebut sebagai sembelit.

Cara Melancarkan BAB yang Keras

Merasakan perut yang begah tentu sangat tidak nyaman, keseluruhan aktivitas bisa terganggu karena perut yang tidak bisa bab dengan lancar. Jangan dulu sedih, karena Anda masih bisa mengusahakan beragam cara alami untuk mengatasi kesulitan membuang air besar, cara-cara tersebut ialah:

  1. Memenuhi Asupan Serat

Sederhananya tubuh kita ini membutuhkan asupan serat yang cukup untuk mendapatkan kemudahan ketika buang air besar. Asupan serat yang cukup bisa didapatkan dengan mudah melalui konsumsi berbagai buah serta sayur, kemudian roti gandum dan sereal juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kesulitan bab merupakan kondisi di mana tubuh tinja mengeras di dalam usus sehingga sulit untuk terdorong keluar. Tapi, ketika memenuhi asupan serat tubuh dengan buah serta sayur ini juga harus diperhatikan lagi, bisa jadi pengonsumsian yang mendadak malah membuat perut jadi penuh gas.

Cara memenuhi kebutuhan serat juga tidak sulit, sebab berbagai sumber serat seperti di bawah ini bisa Anda dapatkan di lingkungan sehari-hari:

  • Buah-buahan seperti apel yang mengandung serat tinggi didapuk sangat bagus untuk mengatasi permasalahan perut yang begah karena sulitnya buang air besar. Untuk bayi, Anda juga bisa memanfaatkan buah pir, baik dimakan langsung atau diberikan dalam bentuk olahan jus.
  • Sumber serat kedua yang mudah sekali ditemukan ialah sayuran hijau seperti bayam dengan kandungan seratnya yang tinggi. Bayam merupakan sumber magnesium terbaik, seperti halnya juga dengan brokoli. Cara sedap menyajikan brokoli adalah menambahkan saus rendah lemak.
  • Kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber serat alami yang dibutuhkan tubuh. Takarannya satu cangkir kacang mengandung serat sebanyak 10 gram yang terdiri atas serat larut dan tidak larut. Kacang merah pada salad atau sup juga bisa menjadi opsi yang bagus untuk melancarkan bab.
  • Biji-bijian utuh juga bisa menjadi cara mengatasi sembelit pada usus. Biji-bijian utuh biasanya hadir dalam bentuk makanan, seperti roti serta beras merah. Alasannya berbagai makanan tersebut memiliki kandungan yang tinggi serat serta ada kandungan karbohidra kompleks.
  • Terakhir, Anda yang suka camilan pasti akan senang mendapatkan kabar bahwa camilan juga bisa menjadi pemicu kelancaran bab. Tapi, perhatikan pula apa jenis camilan yang dimakan. Baiknya mengonsumsi ubi, popcorn, dan juga bisa memanfaatkan kismis sebagai camilan sehat.
  1. Minum Air Putih yang Cukup

Kalau mau cara yang lebih mudah, Anda bisa memenuhi kebutuhan konsumsi air putih setiap harinya dengan optimal. Kondisi tinja yang mengeras di usus tidak lain disebabkan oleh kondisi tinja tersebut kekurangan kadar air sehingga tersimpan di usus. Logikanya, air putih yang cukup akan mengatasi hal ini.

Air putih memang menjadi salah satu kunci hidup sehat yang wajib diterapkan oleh siapa pun. Konsumsi air putih yang cukup bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh serta membuat tubuh tidak hanya terhindar dari dehidrasi, namun berbagai hal lainnya. Ini kenapa kerap diingatkan pentingnya air putih.

  1. Olahraga Rutin

Salah satu kunci dari hidup sehat adalah membiasakan tubuh untuk sering bergerak berolahraga dengan teratur. Olahraga yang baik akan memberikan metabolisme yang baik pula bagi tubuh. Olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan bukan hanya menghasilkan kondisi tubuh yang fit di luar, tapi juga di dalam.

Tidak perlu usaha yang rumit untuk melaksanakan olahraga rutin, Anda cukup membiasakan diri berjalan santai saja selama 15 sampai 30 menit maka otomatis tubuh akan terasa segar. Yang terpenting untuk mencegah buang air besar sulit adalah tidak menunda ketika perut memberikan sinyal mulas.

  1. Berendam Air Garam Inggris

Terdengar aneh, namun berendam air garam inggris juga bisa melancarkan buang air besar yang keras. Garam inggris atau yang disebut juga sebagai epsom memiliki kandungan magnesium serta asam sulfat jika ditambahkan dengan air. Kandungan ini bisa mengatasi kesulitan buang air besar dengan baik.

Penggunaan garam inggris ini nyatanya tidak semua orang bisa lakukan karena seluruh tubuh sebaiknya terendam sehingga Anda membutuhkan bath tub. Kurang lebih campurkan saja 3 sampai 5 sendok makan garam inggris ke bath tub berisi air hangat untuk kemudian Anda jadikan air rendaman.

Tapi, kalau bath tub pun tidak ada, Anda bisa memanfaatkan bak mandi di rumah. Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk berendam, penggunaan garam inggris guna mengatasi sembelit juga bisa dilakukan dengan cara diminum. Tambahkan 6 sendok teh garam dengan 250 ml air kemudian aduk merata saja.

  1. Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang memiliki kandungan yang multifungsi, bukan hanya bisa dibalurkan ke tubuh, namun juga bisa dimanfaatkan dalam bentuk minuman. Biasanya kita kerap mengenal fungsi minyak zaitun untuk mengatasi kulit kering, namun ternyata bukan hanya itu kegunaannya bagi tubuh.

Cara mengonsumsi minyak zaitun sebagai asupan yang bergizi bagi tubuh ialah dengan cara menambahkan satu sendok makan extra virgin olive oil dengan segelas susu atau air jeruk. Kalau suka salad, Anda juga bisa menambahkan olive oil kepada salad yang nantinya akan Anda makan sendiri.

Namun, penting untuk diperhatikan di sini bahwa tidak semua kondisi setiap orang cocok minum minyak zaitun. Lebih tepatnya ada kondisi di mana beberapa orang, seperti ibu hamil dan anak-anak tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minyak zaitun dengan cara diminum. Tapi, masih bisa dengan cara lain.

Berbagai cara melancarkan bab yang keras seperti di atas bisa Anda aplikasikan di rumah di samping lainnya pun banyak sekali cara melancarkan buang air besar. Dari macam-macam cara alami sampai tindakan medis atau pengonsumsian obat-obat untuk mengatasi kesulitan buang air besar tersebut.

Ada istilah orang susah buang gas saja akan sangat terasa mengganggu, apalagi jika kondisinya kesulitan buang air besar, jelas tubuh akan tidak nyaman. Demi mengatasi beragam hal tidak menyenangkan tersebut, tidak lain kuncinya adalah menerapkan pola hidup sehat, mulai dari makan sampai tidur.

Perkara menerapkan hidup sehat bukan hanya berolahraga yang rutin, namun juga memberikan asupan bagi tubuh yang bagus. Kemudian juga pola tidur bisa menjadi salah satu sebab kenapa tubuh bisa kesulitan buang air besar. Intinya ada banyak cara melancarkan bab, baik dalam bentuk pencegahan atau pengobatan.

 

Referensi:

Mayo Clinic (2018). Diseases & Conditions. Constipation.
Bothe, et al. NCBI (2017). Efficacy and safety of a natural mineral water rich in magnesium and sulphate for bowel function: a double-blind, randomized, placebo-controlled study. European journal of nutrition,56(2),pp.491-499.
Naumann, et al. NCBI (2016). Effects of Sulfate-Rich Mineral Water on Functional Constipation: A Double-Blind, Randomized, Placebo-Controlled Study. Forschende Komplementarmedizin,23(6),pp.356-363.
DerSarkissian, C. WebMD (2017). Why Take an Epsom Salt Bath.
DerSarkissian, C. WebMD (2017). Exercise to Ease Constipation.
Krans, B. & Wilson, D. Healthline (2017). 5 Natural Ways to Soften Your Stool.
Roland, J. & Carter, A. Healthline (2016). How to Use Olive Oil for Constipation Relief.

Orenstein, B. Everyday Health (2017). 10 Good Foods to Help Relieve Constipation
Migala, J. Health (2015). 15 Foods That Help You Poop
Cunha, J. Medicine Net (2017). 12 Best Foods to Eat for Constipation Relief
Blahd, W. Web MD (2017). Constipation Relief Guide

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *