Cara Agar Cepat Menstruasi dan Pentingnya Siklus Menstruasi Bagi Wanita

Cara agar cepat menstruasi seperti olahraga teratur, hindari stress, jaga pola makan dan masih banyak lagi

Sehatkuy.com – Apa kalian pernah mengalami terlambat menstruasi? Ada banyak cara agar cepat menstruasi secara alami. Keteraturan siklus menstruasi dapat dijadikan sebagai tolok ukur bagi seorang wanita yang memiliki kesehatan seksual yang baik.

Pada umumnya, para wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur yakni mengalami menstruasi selama 28 hari sekali dan terjadi tidak lebih dari 15 hari. Terdapat beberapa wanita bisa mengalami selama 23 atau 35 hari sekali.

Menstruasi adalah perubahan yang ditandai dengan adanya peluruhan dinding rahim yang menyebabkan darah keluar melalui organ reproduksi.

Menstruasi yang datang di awal bulan bisa dilihat dan ditandai sesuai kalender agar terhitung secara teratur. Wanita yang tidak mengalaminya sesuai kalender menstruasi atau periode siklus bisa dikatakan kurang sehat.

Fase menstruasi memiliki 4 tahapan. Mulai dari fase menstruasi yang merupakan tahap paling awal ditandai dengan peluruhan dinding rahim akibat sel telur tidak dibuahi.

Fase folikular, ditandai ketika GnRH yang dikeluarkan oleh kelenjar hipotalamus yang merangsang kelenjar hipofisis. Fase ini menghasilkan FSH yang memberi rangsangan ovarium untuk pembentukan folikel.

Fase ketiga ovulasi, yakni proses pelepasan sel telur sudah matang menuju indung telur. Kemudian akan keluar ketika kadar LH tubuh mencapai puncak lewat ovarium.

Ovulasi ini umumnya terjadi di hari 14. Kemudian akan mengalami fase luteal. Disinilah peluruhan dinding rahim terjadi ketika sel telur dalam ovarium tidak dibuahi. Hal ini berlangsung selama 11 hingga 17 hari.

Perhitungan normal akan menghasilkan waktu 3 hingga 7 hari bagi wanita. Gangguan kesehatan seksual bisa terjadi jika dalam 23, 28 atau 35 hari seorang wanita tidak mengalami datang bulan.

Bisa juga mengalami menstruasi dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni lebih dari 15 hari dalam satu periode.

Kenali Ciri-Ciri Menstruasi Normal Pada Wanita

Agar Anda bisa mengantisipasi serta tetap menjaga kesehatan organ reproduksi sekaligus kesehatan seksual. Anda perlu mengenali ciri-ciri menstruasi secara normal berikut ini.

  1. Mengalami Gejala Pre Menstruation Syndrome (PMS)

Gejala PMS yang dialami oleh semua wanita kurang lebih sama, yakni terjadi perubahan fisik dan emosi. Merasakan lelah yang berkepanjangan, sakit kepala, nyeri otot, muncul jerawat pada wajah hingga perut terasa sakit.

Perubahan emosi bisa ditandai dengan munculnya amarah tak terkendali, sulit berkosentrasi, menangis tanpa sebab, dan lainnya.

Baca juga : 9 Cara Menghilangkan Nyeri Haid Pada Hari Pertama Sampai Selesai

  1. Pendarahan Pada Bagian Reproduksi

Selanjutnya wanita akan mengalami tanda-tanda menstruasi yang terlihat nyata, yakni pendarahan di bagian reproduksi.

Pendarahan tersebut normalnya akan terjadi selama 2 hingga 7 hari dengan volume cairan darah sebanyak 30 hingga 70 ml. Biasanya volume tersebut sangat tinggi di hari-hari awal, yakni hari pertama atau kedua.

  1. Terjadi Secara Teratur dan Berkelanjutan

Proses menstruasi tersebut akan terjadi secara teratur yakni tiap bulan selama periode rentang waktu di atas.

Normalnya, bisa diamati ketika terjadi secara berkelanjutan serta tidak mengalami kejanggalan tertentu. Tidak mengalami keterlambatan dalam beberapa periode dan bisa berhenti dalam kurun waktu yang normal.

  1. Pendarahan Normal

Menstruasi yang normal terjadi ketika proses pendarahan normal. Kemudian tidak terlalu deras, tidak juga terlalu sedikit. Apabila darah keluar dengan deras selama lebih dari 7 hari. Artinya terjadi gangguan pada kesehatan organ reproduksi.

Mau Tau Cara Cepat Menstruasi? Ketahui Dulu Penyebabnya

Periode telat menstruasi akan terjadi ketika dalam satu atau dua periode Anda tidak mengalami gejala menstruasi.

Hal ini bisa jadi merupakan sebuah gejala yang kurang sehat pada tubuh atau organ reproduksi Anda. Perlu penanganan dokter spesialis ketika Anda mengalami keterlambatan.

Solusi untuk mempercepat menstruasi akan sangat dibutuhkan. Sebelumnya, Anda harus mengetahui berbagai penyebab gejala ketidaknormalan periode menstruasi berikut ini.

  1. Miom, atau benjolan semacam tumor yang muncul di area rahim bisa menjadi penyebab kelainan menstruasi. Gejala tersebut berupa pendarahan pada organ reproduksi dengan volume tinggi, dan berlangsung selama lebih dari 7 hari.
  2. Gangguan penyakit seperti infeksi, ketidakseimbangan hormon hingga kanker rahim menyebabkan menstruasi tidak teratur. Biasanya pendarahan akan terjadi selama dua periode menstruasi.
  3. Pola makan tidak sehat, diabetes, kelelahan, hingga kesalahan penggunaan alat kontrasepsi juga bisa menyebabkan kelainan menstruasi. Gejala ini mengakibatkan keterlambatan periode menstruasi dalam kurun waktu cukup lama, 1 hingga 3 bulan.

Cara Agar Cepat Menstruasi Secara Alami

Siklus menstruasi tidak teratur bukan menjadi keinginan setiap wanita. Berikut beberapa hal Anda bisa mempercepat periode datang, dan mengatur periode akhir tepat waktu.

  1. Olahraga teratur

Lakukan olahraga secara teratur dengan metode yang tidak terlalu memberatkan tubuh. Cukup dengan pemanasan, senam kecil, lari kecil, jalan santai, atau berenang. Jangan melakukan olah raga seperti angkat besi, lari marathon, dan sebagainya.

  1. Hindari Stress

Anda perlu menghindari stress untuk menjaga agar kesehatan pikiran dan fisik tetap aman. Bisa Anda lakukan dengan cara menghabiskan waktu liburan, beristirahat di sela-sela kesibukan yang sangat padat. Mengambil cuti kerja di saat menstruasi datang, dan sebagainya.

  1. Pola Makan Terjaga

Atur pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur, serta makanan berserat dalam waktu teratur. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak makanan berlemak, atau kolesterol tinggi.

  1. Cek Kesehatan Organ Vital

Periksa dan cek kesehatan organ reproduksi terutama jika menemukan gejala abnormal. Anda juga bisa melakukan perawatan organ vital agar terhindar dari bakteri atau kuman penyebab penyakit. Karena dapat menyebabkan periode menstruasi menjadi tidak normal.

Cara-cara agar cepat menstruasi tersebut telah terbukti memperlancar menstruasi, terutama yang masih memiliki kesehatan tubuh normal tanpa gangguan penyakit kelamin.

Perubahan Hormon Saat Menstruasi Mempengaruhi gairah Seksual?

Peningkatan hormon LH saat sedang mengalami fase menstruasi memberikan pengaruh pada peningkaan libido yang membuat wanita cenderung memiliki gairah seksual. Estrogen menjadi lebih banyak dan progesteron cenderung menurun selama beberapa hari di masa menstruasi.

Gejala tersebut mengakibatkan munculnya beragam pertanyaan. Misal, bolehkah berhubungan seksual saat menstruasi? Jawaban atas pertanyaan tersebut menyatakan bahwa hal tersebut diperbolehkan.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh selama melakukan hubungan seksual ketika menstruasi. Manfaat dari berhubungan intim saat menstruasi, antara lain bisa meredakan nyeri kepala dan kram di perut.

Pendarahan juga bisa dijadikan sebagai pelumas alami sekaligus mempercepat proses menstruasi. Tetapi, tidak sepenuhnya kegiatan seksual tersebut memberikan manfaat bagi Anda.

Ada beberapa resiko serius yang mengancam pasca melakukan hubungan seksual pada saat menstruasi. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman dan risih karena pendarahan yang terlalu deras.

Anda dan pasangan juga beresiko mengalami beberapa gangguan kesehatan pada organ kelamin, antara lain Gonore, HPV, Herpes Simpleks, Sipilis, bahkan HIV.

Resiko tersebut muncul akibat adanya mikroorganisme yang dapat menularkan penyakit hidup di dalam darah kotor hasil menstruasi.

Mikroorganisme akan menyebar dan semakin kuat jika terdapat interaksi dengan darah hasil menstruasi. Hal ini mengharuskan setiap pasangan dapat menahan gairah seksual ketika para wanita sedang mengalami menstruasi.

Sumber Referensi

https://www.alodokter.com/menstruasi

Dony Raditya

Ayo Sehat dengan SehatKuy...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *